Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Cara Upgrade Android TV Box

2 min read

Cara Upgrade Androiod TV Box

Cara Upgrade Android TV Box – Di zaman kemajuan teknologi yang pesat seperti sekarang ini pembaruan rutin pada software (perangkat lunak) serta hardware (perangkat keras) sangat diperlukan. Hal ini penting dilakukan sebab untuk mengikuti perubahan yang cepat, ada kalanya produk yang kita beli bulan kemarin menjadi ketinggalan di bulan sekarang.

Yang menjadi masalah adalah ketika membeli unit baru, tidak ada dukungan teknis yang tersedia untuk melakukan pembaruan tersebut. Hal ini akan sangat merepotkan jika terjadi masalah pada unit tersebut. Sebab agar bisa mengikuti tren yang ada saat ini dibutuhkan pembaruan terhadap perangkat lunak.

Termasuk pada perangkat Android TV Box, dimana pada perangkat ini terpasang sebuah aplikasi yang bernama Kodi. Ketika membeli Android TV Box, aplikasi Kodi versi terbaru sudah terinstal. Namun aplikasi ini secara teratur hadir dengan pembaruan yang baru. Dimana dengan pembaruan tersebut keuntungan maksimal bisa didapat melalui aplikasi tersebut. Jadi memperbarui aplikasi ini menjadi prioritas utama bagi sebagian orang.

Memperbarui Kodi pada Android TV Box jauh lebih mudah jika dibandingkan TV Box lainnya. Sebab Kodi merupakan bagian dari Google Playstore, sehingga pembaruan Kodi sangat mudah dilakukan. Berbeda dengan TV Box dengan sistem operasi lain yang tidak menyertakan Kodi pada toko aplikasi mereka. Sebelum memperbarui Kodi, pertama yang dilakukan adalah memperbarui atau mengupgrade prangkat Android TV Box terlebih dahulu.

Cara Upgrade Androiod TV Box

Apa itu Android TV Box

Apa itu Android TV Box

Android TV Box atau yang lebih dikenal dengan istilah Android Streaming Box merupakan sebuah perangkat yang berbentuk kotak, dimana sebagai sumber tenaganya yaitu OS Android dan secara umum dipakai sebagai platform streaming di TV dari berbagai platform streaming online seperti Hulu, Netflik dan lain sebagainya.

Disamping digunakan untuk keperluan streaming, Android TV Box juga digunakan untuk keperluan streaming lainya seperti sebagai Home Server Software dimana Plex sebagai tenaganya, bermain game Android TV, memakai ROM melalui emulator.

Nantinya TV akan bisa berfungsi selayaknya Smart TV Built-in Android jika menggunakan Android TV Box. Dengan memakai Android TV Box akan mengeluarkan biaya yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan membeli Smart TV Built-in Android.

Upgrade Firmware TV Box

Upgrade Firmware TV Box

PEMBARUAN FIRMWARE pada semua Android TV Box sama saja, namun sebelum melakukan pembaruan disarankan untuk melakukan pengecekan secara spesifik pada model TV Box. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan untuk mengikuti prosedur yang benar. Berikut ini langkah langkahnya :

  • Pertama download firmware baru, ke direktori root drive USB.
  • Kemudian colokan drive USB ke port USB pada TV Box.
  • Selanjutnya buka pengaturan, kemudian Sistem, lalu Peningkatan Sistem dan pilih Drive USB.
  • Setelah itu TV Box akan memulai pembaruan firmware dari Drive USB.
  • Selanjutnya tinggal tunggu sampai proses upgrade selesai.
  • Setelah firmware selesai diperbarui, TV Box akan secara otomatis melakukan boot ulang.

Penting untuk diketahui agar tidak menginstal ulang firmware sebelumnya jika perangkat telah diperbarui ke versi terbaru.

Upgrade Aplikasi Kodi

Upgrade Aplikasi Kodi

Melakukan ini, yaitu upgrade Kodi ke versi terbaru akan memastikan pengguna memperoleh manfaat terbaik yang ada pada aplikasi ini. Berikut langkah langkah sederhana yang bisa diikuti untuk upgrade aplikasi Kodi :

  • Yang pertama yaitu anda harus mempunyai akun google terlebih dahulu.
  • Kemudian luncurkan Google Playstore pada Android TV Box.
  • Selanjutnya masuk ke akun Google anda.
  • Tak perlu khawatir jika ada pesan pop up yang menanyakan tentang opsi pembayaran, cukup klik “ingatkan saya nanti”.
  • Setelah masuk, layar beranda Google Playstore akan terlihat.
  • Langkah selanjutnya yaitu klik tiga garis horizontal yang ada dipojok kanan atas layar, lalu klik Aplikasi Saya.
  • Kemudian akan muncul daftar aplikasi, kalau aplikasi Kodi bukan pada versi terbaru maka akan muncul pada daftar aplikasi tersebut.
  • Klik opsi Perbarui Semua seandainya ingin memperbarui semua aplikasi. Namun jika hanya akan memperbarui aplikasi Kodi saja, maka klik aplikasi Kodi di daftar lalu klik perbarui.
  • Setelah pembaruan selesai, luncurkan aplikasi Kodi. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa aplikasi Kodi telah berhasil diperbarui di Android TV Box.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai cara upgrade Android TV Box yang bisa teknisitv bagikan semoga bisa bermanfaat dan juga menambah wawasan buat para pembacanya, serta bisa dijadikan sebagai referensi bagi yang sedang kebingungan mengenai hal tersebut.

Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Kerusakan TV LED LG Layar Gelap

Budi
3 min read

Mixer Audio Terbaik

Budi
5 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *