Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Frekuensi LNB Telkom 4 K Vision

2 min read

Frekuensi LNB Telkom 4 K Vision
Advertisements

Frekuensi LNB Telkom 4 K Vision – Beberapa siaran televisi FTA (gratis) dan juga beberapa channel TV penghuni satelit Palapa D melakukan migrasi atau pindah keTelkom 4 pertanggal 1 Juli 2020. Tetapi tidak semua siaran TV FTA ataupun siaran TV berlangganan pindah ketika itu, jadi meskipun sudah tayang di satelit Telkom 4 tapi siaran di Palapa D masih ada yang bertahan.

Banyak keluhan dari pengguna TV berbayar atau berlangganan yang memakai palapa D, pasalnya semua siaran TV berbayar tidak di bisa di nikmati kembali. Hal itu jugalah yang keluhkan oleh pengguna siaran TV berbayar K Vision. K Vision sendiri merupakan provider TV berlangganan yang diresmikan pada 18 April 2014, dimana satelit yang digunakan pada waktu itu adalah Palapa D (C band) dan Measat 3a (Ku Band) di frekuensi LNB atau provider 12396 H 31000 dan 12436 H 31000.

Mengenai keluhan tersebut, sebenarnya dari pihak K Vision sudah memberikan informasi lewat website resminya, selain itu juga melalui runing teks di telivisi bahwa layanan K Vision (C band) akan pindah satelit. Layanan K Vision sepenuhnya beralih dari Palapa D ke Telkom 4 Merah Putih yaitu pertanggal 1 Oktober 2020. Jadi untuk para pengguna K Vision pastikan untuk mengarahkan parabola ke Satelit Telkom 4 untuk mendapatkan channel yang lebih banyak dan lebih berkualitas.

Advertisements

Satelit Palapa D sebenarnya atau seharusnya dapat mengorbit selama 15 tahun sejak diorbitkan yaitu sampai tahun 2024, tetapi Palapa D dinyatakan akan lebih awal berakhir yaitu di tahun 2020. Setelah mengorbit selama 11 tahun Palapa D akan berakhir masa orbitnya pada bulan Juli dan tugasnya digantikan oleh Palapa N1 (Nusantara 2). Tetapi sayangnya Palapa N1 mengalami kegagalan saat diluncurkan pada 9 April 2020 dan hancur saat mengudara, yang mengakibatkan satelit gagal mengorbit. Gagalnya penggantian Palapa D itulah yang mengakibatkan channel atau saluran yang ada di Palapa D migrasi atau pindah satelit supaya bisa tetap siaran, satelit tersebut yaitu Telkom 4 atau Merah Putih.

Frekuensi LNB Telkom 4 K Vision

Frekuensi LNB Telkom 4 K Vision.

Saluran televisi berbayar K Vision akhirnya ikut pindah atau migrasi ke satelit Telkom 4. Frekuensi LNB K Vision atau transpondernya di Telkom 4 pun sudah aktif, jadi bagi pengguna atau pelanggan receiver K Vision, Optus OP66, Gardiner Ottimo dan LGsat Stars HD 101 sudah bisa mengarahkan parabola ke satelit Telkom 4.

Pada satu frekuensi LNB di satelit Telkom 4 diisi oleh kurang lebih 38 siaran, namun di satelit Telkom 4 ini ada tiga channel premium terbaru yang belum tersedia sepert pada measat 3A Frekuensi Ku Band yaitu saluran HBO, HBO Hits dan Cinemax. Berikut ini merupakan frekuensi LNB K Vision pada satelit Telkom 4 :

1. Frekuensi LNB K Vision di Telkom 4 (Transponder 1)

ProviderK Vision
Frekuensi LNB Ku Band9750 – 10600
Frekuensi LNB C Band5150
Frekuensi3860
PolaritasVertikal
Simbol Rate31000
SistemDVBS 2, MPEG 4, SD

2. Frekuensi LNB K Vision di Telkom 4 (Transponder 2)

ProviderK Vision
Frekuensi LNB Ku Band9750 – 10600
Frekuensi LNB C Band5150
Frekuensi4060
PolaritasVertikal
Simbol Rate31000
SistemDVBS 2, MPEG 4, SD
Advertisements

Sekarang beberapa saluran telah resmi mengudara menggunakan satelit Telkom 4, tetapi masih ada juga beberapa yang masih mengudara menggunakan Palapa D. Kenapa pindah ke Telkom 4? selain karena sama dalam satu negeri, pengguna TV satelit biasanya telah memasang 2 LNB atau lebih dengan lock posisi Palapa D di 113 derajat Bujur Timur dan Telkom 4 di 108 derajat Bujur Timur.

Perlu diketahui satelit Telkom 4 juga merupakan satelit baru, jadi untuk mencari saluran televisi lokal nasional akan tidaklah terlalu sulit. Dalam mencari salura dari K Vision dan juga saluran yang ada di Telkom 4 khususnya pengguna parabola besar (jaring) berikut ini trik atau cara dalam mensetting parabola anda.

Jika siaran parabola hilang sinyal di bulan Agustus 2020, kemungkinan besar Parabola belum migrasi ke Telkom 4 jadi harus dilakukan setting ulang pada receiver terlebih dahulu. Tapi jika siaran masih tidak bisa muncul, artinya parabola belum ada satelit Telkom 4 nya jadi perlu dilakukan Repointing Parabola dulu baru kemudian lakukan scan transponder terbaru K Vision di Telkom 4.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai frekuensi LNB Telkom 4 K Vision yang bisa teknisitv bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini.

Advertisements
Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Frekuensi RCTI 2021

Budi
2 min read

Frekuensi Indosiar 2021

Budi
2 min read

Frekuensi MNC TV 2021

Budi
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *