Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Fungsi Elco Pada Speaker

2 min read

Fungsi Elco Pada Speaker

Fungsi Elco Pada Speaker – Pada speaker, fungsi elco akan sangat penting untuk menjaga agar speaker tidak rusak, tepatnya yakni memotong frekuensi rendah atau nada bass supaya tidak masuk ke tweeter. Hal tersebut karena bisa merusak tweeter atau bahkan mati jika tweeter kemasukan nada rendah atau nada bass.

Tweeter sendiri adalah merupakan jenis loadspeaker yang khusus dirancang untuk memproduksi suara atau nada dengan frekuensi tinggi. Karena itulah mengapa sangat tidak dianjurkan untuk memasang tweeter tanpa memakai filter dan filter tersebut yakni elco/kapasitor ataupun rangkaian crossofer.

Fungsi elco pada speaker disini sangat berhubungan erat dengan arus listrik, sebab fungsi elco sendiri sebagai penyimpan arus listrik DC (searah). Elco biasanya digunakan dalam sebuah rangkaian, contohnya seperti pada power supply regulator dan juga beberapa rangkaian lainnya termasuk di speaker.

Pada artikel kali ini teknisitv akan membahas secara detail mengenai fungsi dari elco, tepatnya yaitu fungsi elco pada speaker. Jadi bagi yang penasaran atau sedang mencari tahu informasi tentang fungsi elco tersebut, bisa simak penjelasan lengkapnya dibawah ini.

Fungsi Elco Pada Speaker

Fungsi Elco Pada Speaker .

Untuk penggunaan elco pada speaker memiliki fungsi sama seperti penggunaan elco pada perangkat amplifier, radio dan juga televisi yaitu untuk menyaring suara dengan sempurna. Lebih tepatnya yaitu untuk memotong frekuensi rendah atau nada bass supaya tidak masuk ke tweeter, karena jika hal tersebut terjadi akan menyebabkan tweeter rusak/mati.

Digunakanya elco pada perangkat speaker dapat menyebabkan suara yang dihasilkan akan lebih jernih dan tentunya berkualitas. Jadi dengan adanya elco, suara bass yang tadinya tidak jernih atau bahkan tidak terdengar sama sekali akan bisa terdengar dengan baik. Pemasangan elco juga merupakan solusi yang baik ketika dijumpai suara audio terdengar baik dan halus ketika volume disetel pada posisi rendah, tetapi terdengar pecah pada saat volume tinggi 75-100%.

Fungsi Elco Secara Umum

Fungsi Elco Secara Umum

Secara umum Elektrolit Condensator (Elco) mempunyai fungsi atau peranan penting untuk menyimpan arus listrik DC. Namun faktanya dalam penggunaanya, elco memiliki fungsi lebih beragam. Berikut ini penjelasannya.

1. Fungsi Elco Sebagai Filter

Fungsi elco yang pertama yakni sebagai filter atau penyaring suara yang sempurna, hal ini terlihat pada penggunaanya diperangkat seperti radio, amplifier, televisi dan lain-lain. Penggunaan elco sebagai filter di radio yaitu untuk menyaring atau menghambat gangguan-gangguan dari luar.

2. Fungsi Elco Sebagai Kopling

Hal ini bisa dilihat di penggunaanya pada amplifier, dimana elco dimanfaatkan sebagai kopling atau penghubung amplifier di tingkat rendah menuju ke tingkat lebih tinggi.

3. Fungsi Elco Sebagai Kapasitor

Fungsi ini bisa dilihat pada penggunaan elco di lampu neon, dimana elco berfungsi sebagai kapasitor guna menghemat penggunaan daya listrik. Fungsi elco sebagai kapasitor juga bisa dilihat pada rangkaian antena, yaitu sebagai pembangkit frekuensi.

Jenis-Jenis Elco

Jenis Jenis Elco

Pada sebuah rangkaian elektronika fungsi elco ini digunakan untuk mengetahui berapa nilai kapasitas sebuah elco dalam satuan mikro farad (uf), fungsi tersebut sering disebut sebagai kapasitor polar. Pada kapasitor polar terdapat dua kutub berlainan di setiap kakinya, hal tersebut dimaksudkan untuk menghindari kesalahan pemasangan komponen. Karena jika terjadi kesalahan pemasangan akan bisa berakibat fatal pada keseluruhan komponen sistem dari kondensator.

Kapasitor elco terbagi ke dalam dua jenis/tipe, yakni kapasitor polar dan kapasitor bipolar/non polar. Pembagian dua tipe kapasitor itu didasarkan pada suatu polaritas yaitu kutub positif dan negatif. Tiap tipe kapasitor memiliki peran masing-masing.

Pemasangan Elco

Pemasangan Elco

Mengenali dan mengetahui cara pemasangan serta tegangan Elco sesuatu yang perlu. Sebab untuk proses pemasangannya tidak boleh dilakukan dengan sembarangan, apalagi jika sampai terbalik karena bisa berakibat fatal.

Pemasangan tidak boleh terbalik karena kaki satu dengan kaki yang lain berbeda, sebuah Elektrolit Condensator (elco) mempunyai dua buah kaki, yakni kaki (-) dan kaki (+). Jadi untuk dapat menemukan Elco pada sebuah rangkaian elektronik sangat mudah, contohnya saja pada Power Supply, radio dan lain sebagainya serta tentunya pada speaker.

Elco memiliki tegangan berbeda-beda sesuai dengan ukurannya, untuk membedakanya bisa dilihat pada bagian bodinya sudah tertulis secara jelas batasan tegangan maksimalnya. Jika tegangan yang mengalir ke Elco ternyata melebihi batas yang telah ditentukan, kemungkinan Elco akan mengalami kerusakan bahkan Elco bisa meledak.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai fungsi elco pada speaker yang bisa teknisitv bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini.

Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Cara Paralel TV Kabel

Budi
2 min read

Transistor NPN dan PNP

Budi
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *