Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Jadwal Penghentian Siaran TV Analog Jawa Tengah dan DIY

2 min read

Jadwal Penghentian Siaran TV Analog Jawa Tengah dan DIY
Advertisements

Jadwal Penghentian Siaran TV Analog Jawa Tengah dan DIY – Pemerintah melalui Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan melalukan penghentian siaran TV analog di seluruh Indonesia secara bertahap yang akan dimulai tahun ini, termasuk wilayah Jawa Tengah dan DIY.

Penghentian dilakukan secara bertahap karena adanya penataan frekuensi siaran TV analog yang masih berjalan dan juga pengenalan atau sosialisasi siaran TV digital kepada masyarakat. Dengan adanya sosialisasi tersebut diharapkan masyarakat dapat membiasakan diri dengan siaran TV digital, sehingga nantinya setelah siaran TV analog dihentikan masyarakat tidak bingung lagi dengan siaran digital.

Keputusan Kominfo dimana mulai tahun 2021 dilakukan penghentian siaran analog secara bertahap diseluruh wilayah Indonesia termasuk Jawa Tengah dan DIY tercantum dalam Peraturan Mentri Kominfo Nomor 6 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Penyiaran. Untuk tiap-tiap wilayah, Kominfo sudah memberikan jadwal tahap-tahap penghentian siaran analog termasuk wilayah Jawa Tengah dan DIY. Lalu kapan jadwal penghentian siaran analog wilayah Jawa Tengah dan DIY?

Advertisements

Untuk itu sesuai dengan judul artikel diatas, dikesempatan kali ini teknisitv akan membahas mengenai jadwal penghentian siaran TV analog Jawa Tengah dan DIY setelah pada artikel sebelumnya dibahas tentang WILAYAH SUNTIK MATI TV ANALOG dimana merupakan artikel yang membahas tentang jadwal penghentian siaran analog tahap yang pertama beserta wilayahnya. Nah, bagi yang penasaran dan ingin mengetahui jadwal penghentian siaran analog Jawa Tengah dan DIY, simak ulasan lengkap dari teknisitv mengenai jadwal penghentian siaran TV analog Jawa Tengah dan DIY berikut ini.

Jadwal Penghentian Siaran TV Analog Jawa Tengah dan DIY

Jadwal Penghentian Siaran TV Analog Jawa Tengah dan DIY.

Diatas telah dijelaskan bahwa penghentian siaran analog di Indonesia, termasuk Jawa Tengah dan DIY akan dilakukan secara bertahap, berikut jadwal tahap penghentian siaran analog di Indonesia, Jawa Tengah dan DIY :

  • Tahap I : 17 Agustus 2021
  • Tahap II : 31 Desember 2021
  • Tahap III : 31 Maret 2022
  • Tahap IV : 17 Agustus 2022
  • Tahap V : 2 November 2022

Sementara untuk wilayah kabupaten dan kota di Jawa Tengan dan DIY, jadwal penghentian siaran TV analog yaitu sebagai berikut :

1. Jadwal Penghentian Siaran TV Analog Jawa Tengah

JADWALKABUPATENKOTA
31 Desember 2021>Blora
>Pekalongan
>Pemalang
>Tegal
>Rembang
>Pati
>Jepara
>Cilacap
>Banyumas
>Purbalingga
>Brebes
>Pekalongan
>Tegal
17 Agustus 2022>Boyolali
>Sragen
>Grobogan
>Kudus
>Demak
>Semarang
>Salatiga
>Semarang
2 November 2022>Magelang
>Temanggung
>Kendal
>Batang
>Banjarnegara
>Kebumen
>Purworejo
>Wonosobo
>Klaten
>Sukoharjo
>Karanganyar
>Magelang
>Surakarta

2. Jadwal Penghentian Siaran TV Analog DIY (Daerah Istimewa Yogyakarta)

JADWALKABUPATENKOTA
17 Agustus 2022>Kulon Progo
>Bantul
>Gunungkidul
>Sleman
>Yogyakarta
Advertisements

Kelebihan Siaran TV Digital

Kelebihan Siaran TV Digital

Seperti yang tercantum pada jadwal proses penghentian siaran analog diatas, wilayah Jawa Tengah akan dilakukan bertahap hingga 2 November 2022 dan DIY hingga 17 Agustus 2022. Masyarakat diminta untuk mempersiapkan diri dengan mengganti TV analog di rumah menjadi TV digital, atau bisa juga dengan memasang perangkat tambahan bernama Set Top Box DVB-T2 (STB) supaya bisa menikmati tayangan siaran TV digital.

Mengenai alasan penghentian siaran TV analog di seluruh wilayah Indonesia (termasuk Jawa Tengah dan DIY) danberalih ke TV digital selain karena berkembangnya jaringan internet, juga karena dengan menggunakan siaran TV digital akan banyak sekali keuntungan yang didapatkan. Keuntungan atau kelebihanya antara lain sebagai berikut :

  1. TV Digital memiliki sinyal lebih stabil
  2. Memiliki dua status penyiaran
  3. Gambar dan suara lebih jernih
  4. Memiliki fasilitas tambahan seperti dapat mengetahui acara yang telah dan akan ditayangkan serta bisa memberi rating kepada kualitas penyiaran program televisi yang ditonton.
  5. Pemanfaatan frekuensi penyiaran TV digital lebih efisien.

Penghentian TV analog dan beralih ke TV digital di beberapa Kabupaten dan Kota di wilayah Jawa Tengah dan DIY ini, membuat tidak bisa lagi menikmati siaran TV analog biasa. Dengan demikian diharapkan masyarakat bisa lebih siap untuk bermigrasi ke TV digital.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai jadwal penghentian siaran TV analog Jawa Tengah dan DIY yang bisa teknisitv bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini.

Advertisements
Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *