Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Kabel Antena TV Yang Bagus

3 min read

Advertisements

Kabel Antena TV Yang Bagus – Kabel antena merupakan komponen pendukung sebuah perangkat televisi dapat menyala dan menampilkan gambar yang bagus dan jernih. Pemakaian kabel antena yang memiliki kualitas rendah dan tidak bermerk selain kualitas gambar yang dihasilkan televisi tidak bagus juga akan berpengaruh pada usia pakai dari kabel antena itu sendiri, dimana biasanya kabel antena yang kurang bagus cenderung akan cepat rusak dan tidak tahan lama.

Karena itulah mengapa dalam penggunaanya disarankan untuk memakai kabel antena dengan kualitas yang bagus atau bermerk, sehingga nantinya kualitas gambar yang dihasilkan jadi bagus dan kabel antena tahan lama/awet. Dalam memilih kabel antena TV yang bagus, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, diantaranya seperti impedence, material yang digunakan, merk kabel antena dan lain sebagaianya.

Memang jika dilihat dari sisi harga, kabel antena yang bagus memiliki harga yang sedikit lebih mahal, namun hal tersebut sebanding dengan kualitas yang kita dapatkan jika memakai kabel antena yang bagus serta menjadikan kegiatan menonton televisi bersama keluarga jadi lebih menyenangkan. Lalu apa saja sih kabel antena TV yang bagus?

Advertisements

Kabel antena TV yang bagus bisa meminimalisir dan bahkan menghilangkan gambar blur, gambar berbintik dan lain sebagainya yang disebabkan karena lemahnya sinyal frekuensi yang ditangkap oleh antena TV. Nah untuk itu pada kesempatan kali ini teknisitv akan memberikan informasi untuk Anda mengenai hal tersebut, yakni mengenai kabel antena TV yang bagus. Jadi biar gak penasaran, langsung saja bagi yang ingin mengetahui mengenai kabel antena TV yang bagus simak ulasan dari teknisitv tentang kabel antena TV yang bagus berikut ini. Baca juga CARA MEMBUAT ANTENA TV.

Kabel Antena TV Yang Bagus

Selain antena TV, kualitas kabel antena yang digunakan juga perlu diperhatikan dalam menghasilkan kualitas gambar televisi yang bagus dan jernih. Sebab meskipun memakai kualitas antena TV yang bagus namun kabel antena yang digunakan memiliki kualitas rendah maka gambar televisipun jadi kurang bagus. Nah berikut ini teknisitv rekomendasikan beberapa merk kabel antena TV yang bagus dan bermerk yang bisa Anda jadikan sebagai acuan dalam memilih kabel antena yang bagus sebelum memutuskan untuk membelinya.

1. Kitani 5C

Harga : Rp 86.000,-

Kabel antena TV Kitani 5C terbuat dari material tembaga murni dilengkapi dengan serabut tembaga dan pelapis ganda serta konektor/profesional plug yang menjadikan kabel antena ini sangat berkualitas dan kuat. Selain itu kabel antena Kitani 5C juga dilengkapi impedensi sebesar 75 Ohm, selubung aluminium foil (shielded) serta panjangnya 20 m.

2. Kitani 3C

Advertisements

Harga : Rp 35.000,-

Sama seperti seri 5C, Kitani 3C juga memiliki kualitas yang sangat baik karena terbuat dari material tembaga murni berkualitas, kuat dan tidak mudah putus. Kemudian dilengkapi juga dengan aluminium foil untuk melindungi dari gangguan sinyal, kulit kabel terbuat dari material PVC yang membuat kabel jadi tahan terhadap berbagai macam cuaca. Kitani 3C memiliki panjang 10 m, 15m dan 20 m, diameter jacket 5,2 mm, diameter kawat inti 0,6 mm serta insulator 3 mm.

3. Belden RG6

Harga : Rp 3.500,- Permeter

Belden RG6 memiliki kandungan tembaga yang tinggi sehingga sangat cocok untuk mendukung untuk kejernihan gambar televisi, kabel antena ini dilengkapi juga dengan insulasi aluminium foil serta PVC jacket. Berbeda dengan dua jenis kabel antena diatas, kabel ini dijual permeter dengan harga permeternya 3500. Jadi kita bisa membelinya sesuai dengan kebutuhan tanpa harus takut kelebihan.

4. Belvin

Harga : Rp 65.000,-

Belvin merupakan kabel antena yang mendukung sinyal digital maupun analog, sebab mempunyai impedansi 75 Ohm serta plug yang digunakan terbuat dari bahan kuningan yang dilapisi chrome sehingga kabel tidak mudah oxidasi dan tahan dari gesekan.

5. Shinhwa

Harga : Rp 44.000,-

Shinhwa memiliki penerimaan sinyal yang bagus meski tanpa booster karena terbuat dari material tembaga murni dan dilengkapi dengan serabut tembaga serta pelapis ganda. Shinhwa juga sudah dilengkapi dengan konektor, jadi tidak perlu menambahkan sebuah konektor untuk menggunakanya.

6. Aoki AT3000

Harga : Rp 22.000,-

Kabel ini memiliki impedansi 75 Ohm dan bisa digunakan untuk dua televisi sekaligus. Dengan panjang 15 m, kabel ini memiliki ukuran diameter lebih kecil dari kabel-kabel antena pada umumnya.

7. Maxtron

Harga : Rp 25.000,-

Kabel antena Maxtron memiliki panjang 20 m, terbuat dari tembaga murni serta dilengkapi dengan serabut tembaga dan pelapis ganda. Sangat cocok digunakan pada berbagai jenis televisi sepert LCD, LED, TV tabung, Plasma maupun Smart TV dan cocok juga dipakai pada perangkat lain seperti STB, CCTV, Dekoder parabola dan lain sebagainya.

8. Tanaka

Harga : Rp 40.000,-

Memiliki panjang 20 m serta impedansi 75 Ohm, kabel Tanaka memiliki transmisi data yang sangat baik. Kemudian dilengkapi juga dengan selubung aluminiun foil (shielded) sehingga tidak mudah bocor serta tidak mudah sobek karena kulit kabel terbuat dari material PVC murni.

9. Venus

Harga : Rp 28.000,-

Venus memiliki spesifikasi impedensi 75 Ohm, 4,80 mm foaming PE serta 1,02 mm CCS Conductor. Kemudian dilengkapi juga dengan lapisan black jacket berbahan PVC setebal 6,80 mm yang menjadikan kabel sepanjang 20 m ini cocok untuk berbagai jenis televisi dan perangkat elektronik lainnya.

10. Intracom

Harga : Rp 21.000,-

Dengan panjang 15 m, kabel antena ini sangat bagus digunakan pada antena TV karena memiliki kualitas yang bagus. Terbuat dari material tembaga murni serta terdapat serabut tembaga, pelapis ganda dan sudah dilengkapi dengan konektor. Mempunyai impedensi 75 Ohm, kabel intracom bagus digunakan di indoor maupun outdoor karena terkenal kuat, anti interference serta tidak mudah rusak.

11. Jack Compression

Harga : Rp 50.000,-

Salah satu keunggulan kabel Jack Compression yaitu memiliki F Conector sehingga dapat digunakan untuk parabola, first media serta indovision. Jack Compression mempunyai impedansi 75 Ohm, dengan diameter inti 1 mm, serabut luar untuk mencegah kebocoran serta selubung yang menjadikan kabel tahan terhadap berbagai macam cuaca.

12. Dalongqi

Harga : Rp 13.000,-

Merupakan kabel antena TV jenis male to male, yaitu untuk menyambungkan kabel antena dari colokan didinding ke lubang antena di televisi sehingga interior televisi didalam ruangan jadi lebih rapi, bersih dan bagus. Memiliki panjang 1,5 m dengan lapisan dari PVC serta lapisan dalam dari material PE insulation.

Tips Memilih Kabel Antena TV

Sebelum membeli kabel antena, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan atau dipertimbangkan, sehingga nantinya kabel antena yang dibeli sesuai dan dapat menghasilkan/menjadikan kualitas gambar televisi jadi bagus serta enak untuk ditonton. Adapun hal-hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih kabel antena televisi yang bagus adalah sebagai berikut :

  1. Perhatikan kualitas bahan yang digunakan kabel antena
  2. Pilih kabel antena dengan RG6
  3. Perhatiakan diameter kabel antena
  4. Pilih kabel antena dengan impedensi 75 ohm
  5. Pilih panjang kabel sesuai dengan kebutuhan.

Itu dia beberapa pertimbangan yang perlu diperhatikan sebelum membeli sebuah kabel antena televisi yang bagus.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai kabel antena TV yang bagus yang bisa teknisitv bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini.

Advertisements
Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Cara Setting Parabola Tanaka

Budi
2 min read

Cara Beralih ke TV Digital

Budi
3 min read

Cara Memasang Parabola Matrix

Budi
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *