Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Kabel Optical Digital Audio Out TV Samsung Terbaik

2 min read

Kabel Optical Digital Audio Out TV Samsung Terbaik

Kabel Optical Digital Audio Out TV Samsung Terbaik – Kabel optik adalah koneksi fisik yang mentransfer sinyal digital audio melalui cahaya, selama proses transmisi cahaya akan melalui kabel optik, kemudian denyut cahaya akan dikonversi menjadi denyut listrik yang berisi informasi audio, dan setelah itu denyut listrik dikonversi menjadi sinyal analog melalui perangkat yang kompatibel dan diamplifikasi sehingga kita bisa mendengarnya.

Port optical digital audio out merupakan salah satu port dimana berfungsi untuk menerima sinyal suara selain port HDMI, namun pada port optical audio hanya dapat mengirimkan sinyal suara saja. Berbeda dengan port HDMI yang dapat mengirimkan suara dan video sekaligus. Kabel optical audio memakai kabel fiber optic dan menembakan sinar laser sebagai media pengiriman sinyal suara.

Teknologi ini pertama dikenalkan oleh Toshiba pada tahun 1983, awalnya port ini diciptakan untuk dipakai pada compact disk Toshiba. Itulah mengapa kebanyakan orang mengenal optical audio dengan sebutan Toshiba Link (TOSLINK). Meskipun port ini sudah jarang dipakai sejak kemunculan port HDMI, namun masih banyak kegunaan yang bisa dimanfaatkan sewaktu waktu.

Sesuai dengan judul artikel diatas, pada kesempatan kali ini teknisitv akan membahas mengenai kabel optical digital audio out Samsung terbaik. Jadi bagi yang ingin mengetahui seputar kabel optical digital audio out terbaik TV Samsung, bisa simak penjelasan lengkapnya dibawah ini.

Kabel Optical Digital Audio Out TV Samsung Terbaik

Kabel Optical Digital Audio Out TV Samsung Terbaik.

TOSLINK adalah sistem konektor serat optik standar atau yang secara umum sering juga disebut sebagai audio optik. Kabel Optical Digital Audio out ini terbuat dari bahan yang berkualitas tinggi, sera memiliki tebal lebih dari kabel biasanya dengan ukuran panjang 1,5 meter yang biasanya dapat dimanfaatkan untuk TV LED, komputer, dan modern video game konsol, PS 3 Sony, Home Theater Media player HD, DVD HD player, MiniDisc, CD player, DAT recorders, AV receiver, dan XBOX atau speaker home theaters (DTS). Selain itu juga bisa digunakan untuk LED TV yang line out audio nya berlubang audio digital ke home theaters atau speaker lubang line input digital audio.

Kualitas Kabel optical Audio out TV Samsung terbaik ini tidak perlu diragukan lagi karena menyajikan suara yang bersih meskipun tingkat volumenya tinggi. Kabel optical audio out Samsung terbaik ini dilengkapi dengan 11 mm low loss core, konektor metal, dan low jitter synthetic, jadi tentunya hal tersebut akan sangat membantu dalam memberikan output suara yang berkualitas tinggi sebab getaran bisa diredam oleh konektor metal.

Kabel Optical Audio out terbaik Samsung ini mampu mentransfer sinyal menggunkan cahaya sehingga tidak akan ada gangguan ground loop, RFI ataupun EMI. Karena terbuat dari material yang dilapisi dengan PVC seberat 5,5 mm, hal tersebut sangat berguna untuk mencegah terhadap kerusakan kabel hingga bertahun-tahun, selain itu konektornya yang dilapisi emas ferrule jadi dapat mencegah terjadinya korosi dan perlindungan yang maksimal.

Kegunaan Port Digital Optical Audio Out TV Samsung

Kegunaan Port Digital Optical Audio Out TV Samsung

Dibawah ini merupakan beberapa kegunaan dari port Optical Audio :

1. Bisa Dipakai Sebagai Pemutar Musik Jadul

Jika memiliki musik player yang berkualitas namun tidak mempunyai port HDMI, bisa gunakan optical audio out sebagai solusinya. Tentunya dengan kualitas suara yang tidak kalah dari port HDMI.

2. Bisa Dipakai Tanpa Memakai Layar

Memakai kabel optical audio out tidak diperlukan monitor, artinya bisa langsung mendengarkan musik melalui optical audio out langsung ke speaker atau receiver tanpa harus menyalakan TV.

3. Speaker Terdengar Jernih Tanpa Ada Bunyi Menggumam

Kabel yang semrawut, tidak beraturan dan saling menumpuk dapat menyebabkan gangguan pada aliran listrik didalam kabel sehingga terkadang terdengar bunyi gumam pada speaker. Solusinya yaitu dengan memakai kabel optic audio out terbaik (Toslink).

Cara Menyambungkan Audio Eksternal Memakai Kabel Optical Digital Audio Terbaik TV Samsung

Untuk menyambungkan audio eksternal ke TV Samsung ada beberapa cara, salah satunya yaitu dengan memakai kabel optical digital audio out terbaik, berikut ini langkah-langkahnya :

1. Pertama hubungkan kabel optical digital audio out terbaik ke port Digital Audio Out TV Samsung.

hubungkan kabel optical digital audio out terbaik ke port Digital Audio Out TV Samsung

2. Kemudian hubungkan ujung kabel optical digital audio out terbaik ke port Digital Audio In pada speaker eksternal.

hubungkan ujung kabel optical digital audio out terbaik ke port Digital Audio In pada speaker eksternal 1

3. Setelah itu tekan tombol Home/Beranda pada remot, lalu pilih Pengaturan.

tekan tombol Home Beranda pada remot lalu pilih Pengaturan 1

4. Selanjutnya buka lalu pilih Output Suara di Menu Suara.

pilih Output Suara di Menu Suara

5. Terakhir pilih Audio Out atau Optical.

pilih Audio Out atau Optical.

Nah itu dia cara menyambungkan audio eksternal ke TV Samsung memakai kabel optical digital audio out terbaik.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai kabel optical digital audio out TV Samsung terbaik yang bisa teknisitv bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini.

Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *