Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Kelebihan dan Kekurangan Antena Parabola

2 min read

Kelebihan dan Kekurangan Antena Parabola

Kelebihan dan Kekurangan Antena Parabola – Ada beberapa sumber siaran televisi yang bisa digunakan pada televisi, dantaranya seperti melalui TV kabel (berbayar), home WiFi plus internet, antena UHF dan juga digital satelit receiver. Diantara semua sumber siaran televisi itu pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing.

Kekurangannya seperti tidak semua orang mampu membayar bulanan tv kabel, home wifi plus internet atau tv berbayar dan tidak semua daerah atau wilayah masuk dalam jangkauan antena UHF, tv kabel dan juga internet. Disamping itu kualitas gambar siaran yang dihasilkan antena UHF bersifat terestial tidak sejernih jika menggunakan antena parabola.

Dari sinilah muncul alasan orang lebih memilih sekaligus memasang antena parabola ketimbang antena biasa. Karena bisa dibilang antena parabola merupakan jalan keluar yang pas untuk mengatasi semua kekurangan tersebut diatas. Selain kualitas gambar bagus, antena parabola juga bisa digunakan diseluruh wilayah baik itu dipelosok pedesaan maupun perkotaan. Berbeda dengan antena UHF dan internet yang mempunyai keterbatasan jangkauan.

Namun namanya juga sebuah produk elektronik, semahal dan secanggih apapun pastinya mempunyai kelebihan dan kekurangan, termasuk antena parabola. Untuk itu disini teknisitv akan membagikan informasi tentang hal tersebut yaitu kelebihan dan kekurangan antena parabola, bisa dijadikan sebagai bahan referensi untuk anda yang berencana memasang parabola. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan lengkapnya dibawah ini.

Kelebihan dan Kekurangan Antena Parabola

Kelebihan dan Kekurangan Antena Parabola.

Sebelum memutuskan untuk menggunakan atau memasang parabola, terlebih dahulu haruslah mempertimbangkan mengenai kelebihan dan kekurangan dari memasang sebuah antena parabola. Termasuk juga dalam menentukan pilihan antena parabola yang akan digunakan, cari juga kelebihan dan kekurangan dari merk antena parabola tersebut.

Umumnya antena parabola digunakan pada dunia telekomunikasi dan teknologi serta televisi yang menggunakan satelit. Keinginan seseorang memilih sekaligus memasang antena parabola diperkuat dengan kenyataan bahwa siaran atau tayangan televisi menggunakan parabola akan lebih jernih gambarnya dan juga pilihan channel yang lebih banyak jika dibandingkan menggunakan antena biasa.

Apapun itu pasti akan mempunyai kelebihan dan kekurangan, termasuk juga pada antena parabola. Berikut kelebihan dan kekurangan memasang antena parabola :

Kelebihan Antena Parabola

Berikut beberapa kelebihan dari memasang antena parabola :

  1. Dengan antena parabola, jumlah siaran akan lebih banyak karena jumlah channel bisa sampai ratusan.
  2. Menggunakan antena parabola, kualitas gambar yang dihasilkan akan lebih jernih dengan kualitas standar definition dan high definition.
  3. Dengan antena parabola kita bisa menyaksikan atau menonton saluran luar negri secara gratis.
  4. Channel atau saluran tidak membosankan karena dengan antena parabola ada ratusan lebih channel yang bisa kita pilih dan tonton.
  5. Menggunakan antena parabola kita bisa nonton film, bola FTA tanpa bayar (gratis).
  6. Gratis atau tidak harus bayar bulanan, namun bisa juga bayar jika ingin menggunakan TV berbayar seperti K Vision, Matrix Garuda maupun Topas TV.
  7. Tersedia beberapa pilihan antena parabola dari berbagai ukuran dan jenis seperti antena parabola mini, jaring, besar dan juga solid.
  8. Kualitas gambar pada antena parabola tidak dipengaruhi cuaca, artinya sinyal lebih stabil.
  9. Sinyal TV dipancarkan melalui satelit, jadi bisa menjangkau kedaerah atau wilayah manapun.

Kekurangan Antena Parabola

Berikut beberapa kekurangan dari antena parabola yang perlu diketahui :

  1. Perlu mengeluarkan uang tidak sedikit untuk membeli peralatanya secara lengkap.
  2. Biasanya akan dilakukan pengacakan pada acara tertentu seperti sepak bola (terkait hak siar).
  3. Jika menonton siaran dari channel luar negri, seperti nonton film maka tidak ada teks terjemahan dalam bahasa Indonesia.
  4. Tidak menutup kemungkinan terjadi permasalahan pada suara atau audio (suara tidak sinkron, macet – macet bahkan bisa sampai tidak ada suara).

Sebenarnya untuk masalah mengeluarkan uang untuk membeli peralatan, itu masih lebih baik karena kita mengeluarkan uang hanya sekali dan antena parabola bisa dipakai selama bertahun tahun, dibandingkan harus mengeluarkan biaya tiap bulan untuk tv berbayar dengan kualitas gambar dan jumlah channel yang terbatas. Apalagi sekarang telah hadir siaran TV free to view dan free to air memakai parabola mini.

Tips Memilih Antena Parabola

Tips Memilih Antena Parabola

Agar tidak menyesal dikemudian hari setelah memasang antena parabola, berikut beberapa tips yang bisa jadi pertimbangan :

  1. Pilih ukuran antena parabola yang akan dipasang, 6, 7, 8, 9 atau 10 feed, sesuaikan dengan tempat pemasangan.
  2. Pilih antena parabola tipe fixe atau gerak. Fixe hanya kearah satelit yang dituju sedangkan gerak bisa geser satelit sesuai dengan yang kita inginkan.
  3. Pilih receiver yang akan dipakai. (Matrix, Goldsat, Venus, Tanaka dan lain sebagainya).
  4. Pilih merk antena parabola. Diantaranya seperti Parasat, Soccer, Ora, Roda Sat, Venus, Paragon, Matrix dan lain – lain.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan antena parabola yang bisa teknisitv bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini.

Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Apa Itu TV Analog

Budi
2 min read

Modif Panel LG ke Polytron

Budi
2 min read

Receiver Tanaka

Budi
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *