Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Kerusakan TV LED Polytron Cinemax

3 min read

Kerusakan TV LED Polytron Cinemax

Kerusakan TV LED Polytron Cinemax – Setelah membeli sebuah perangkat televisi tentunya menginginkan produk yang mampu memberikan kualitas gambar terbaik, hemat energi dan yang paling penting yaitu tahan lama atau awet.

Namun namanya sebuah barang atau produk pasti akan mengalami yang namanya masalah atau kerusakan, termasuk pada TV LED Polytron cinemax.Beberapa kerusakan ada yang mudah diatasi dan beberapa yang lainnya masuk pada kategori serius atau butuh penanganan khusus.

Permasalaha kerusakan pada TV Polytron juga bervariasi, ada kerusakan yang menyerang bagian perangkat keras (hardware) dan ada pula yang menyerang di bagian perangkat lunaknya (software) yang biasanya ditandai dengan beberapa ciri. Tetapi kerusakan lebih sering terjadi atau menyerang bagian hardware televisi.

Setelah diartikel sebelumnya telah dibagikan mengenai KERUSAKAN TV LED SAMSUNG, di kesempatan kali ini teknisitv akan membagikan lagi tentang kerusakan pada sebuah perangkat televisi yaitu kerusakan TV LED Polytron Cinemax. Untuk lebih jelasnya, simak ulasannya dibawah ini.

Kumpulan Kerusakan TV LED Polytron Cinemax

Kumpulan Kerusakan TV LCD LED Polytron

Berikut ini merupakan kumpulan beberapa kerusakan yang terjadi pada televisi Polytron baik LCD maupun LED:

1. Gambar Tidak Ada Suara Normal

Gambar Tidak Ada Suara Normal 1

TV Polytron dengan kerusakan seperti ini yaitu gambar tidak ada suara normal, namun jika dilihat di tempat yang gelap layar menampilkan gambar putih polos dan kadang kadang normal. Ada kemungkinan permasalahan seperti ini terjadi karena ada masalah pada T con.

Setelah dilakukan pengukuran didapat bahwa sekring / fuse masih bagus, namun pas diukur antara sekring menuju jalur PCB memakai AVO meter tidak ada nilai yang ditampilkan. Setelah di periksa dan dilihat disekitar komponen T Con, ternyata banyak R solderan yang tipis dan kehitaman.

Jadi selanjutnya adalah melakukan penyolderan ulang dan ternyata setelah dilakukan penyolderan ulang serta dilakukan pengukuran kembali tegangan pada sekring normal begitupun pada Vgh. Dan setelah TV dinyalakan, pada layar muncul logo polytron dan gambar kembali normal.

2. Gambar Bergoyang di Polytron Cinemax

TV Polytron Gambar Bergoyang 2

Keluhan : tampilan gambar pada layar bergoyang.

Perbaikan : setelah dilakukan pengecekan dan pengukuran tegangan serta pemeriksaan fisik komponen terlihat normal semua. Dan kecurigaan yang muncul adalah kemungkinan ada masalah pada panel LCD. Setelah dlakukan pemeriksaan ternyata ada kerusakan pada sirkit row driver pada panel LCD.

Terdapat dua jalur sirkit row driver pada panel LCD yaitu dibagian kiri dan kanan. Jadi untuk mengatasi masalah tersebut bisa dengan memotong salah satu jalur kiri ataupun kanan. Caranya adalah pertama cari dahulu jalur CKV2 dan CKVB2, setelah ketemu potong kedua jalur tersebut.

3. Protek

TV Polytron Protek 1

Permasalahan : Kalau dinyalakan TV Polytron lampu power kedip kedip lalu mati standby. penyebabnya TV mati secara tiba tiba pada saat ada petir. Hal ini berarti kemungkinan permasalahan ada pada bagian Main Unit / blok utama.

Perbaikan : Untuk memperbaiki permasalahan yang terjadi pada main unit bisa dengan cara melakukan flash pada bios, tentunya disesuaikan dengan model tv.

4. Mati Total

TV Polytron Mati Total

Kerusakan : TV Polytron dengan gejala kerusakan lampu indikator menyala merah namun begitu power tv di on kan, lampu indikator mati televisi juga mati.

Perbaikan : Pertama yang dilakukan adalah bongkar televisi, dan ternyata setelah televisi dibongkar terlihat beberapa komponen yang terbakar, seperti resistor, dioda dan FET yang ada pada bagian blok inverter.

Solusinya bisa ganti satu set langsung blok inverter atau bisa juga diakali dengan cara jumper J529 dilepas dari PCB, dengan catatan yang terbakar bukan regulator utama. Dan komponen yang terbakar seperti FET dan IC511 dilepas, lalu nyalakan televisi dan ternyata mau menyala normal.

5. Kerusakan TV LED Polytron Cinemax Susah Start

Susah Start

Kerusakan : Ketika TV Polytron pertama dinyalakan, LCD bisa nyala sesaat kemudian standby lagi.

Perbaikan : Pertama lakukan pemeriksaan pada rangkain power supply, cek bagian output tegangan dari power supply sebesar 5 volt. Setelah diukur ternyata tegangan mengalami penyusutan (tidak stabil), nah inilah mengapa LCD tidak mau start up.

Tegangan jadi tidak stabil dikarenakan fungsi filter yakni kapasitor mengalami perubahan kapasitas. Solusinya tentu saja harus melakukan penggantian pada komponen ini dan tentunya dengan nilai yang sama, yaitu untuk tegangan 5 volt adalah 1000 uf / 35 volt.

6. Gambar Muncul Sebentar Suara Ada

Gambar Muncul Sebentar Suara Ada

Kerusakan : Pertama dinyalakan gambar ada sampai tampilan logo polytron, kemudian hilang namun Suara ada.

Perbaikan : Lakukan pemeriksaan pada bagian lampu backlight, lalu lakukan penggantian lampu backlight.

7. Suara Ada Gambar Tidak Ada

Suara Ada Gambar Tidak Ada

Kerusakan : Televisi dengan kerusakan awal tidak ada gambar suara normal.

Perbaikan : Pertama lakukan pengecekan pada tegangan lampu LED, jika normal lanjutkan untuk membuka panel LED guna mengecek apakah ada kejanggalan sebab tegangan normal tetapi tidak mau nyala. Dan setelah dilakukan pengecekan ternyada terdapat lampu led yang putus / mati, lakukan penggantian lampu led tersebut maka televisi akan normal kembali.

8. Tidak Ada Siaran

Tidak Ada Siaran

Pertama lakukan pemeriksaan pada bagian tuner, dan jika ternyata tidak ada masalah pada tuner lanjutkan pemeriksaan pada komponen disekitar tuner. Setelah melakukan pemeriksaan ternyata ada kerusakan pada IC IF, lakukan penggantian pada komponen ini untuk mengatasi permasalahan.

9. Tidak Mau Nyala

Tidak Mau Nyala

Kerusakan : Awal kerusakan ketika televisi nyala, dibagian belakang tv keluar asap lalu televisi tidak bisa nyala lagi, lampu indikator nyala.

Perbaikan : Pertama bongkar televisi lalu lakukan pengecekan pada board power supply dan ternyata elco filter DC 300 volt bocor dengan ciri ciri fisik plastik sobek dan pada kaki kaki terdapat cairan. Ganti elco dengan yang baru, jika masih tidak mau hidup (tetap standby) lanjutkan pemeriksaan pada logicboard.

Pada area logicboard VCC input 5 volt di convert jadi 3,3 volt untuk system kontrol. Dan jika setelah diukur VCC di area logicboard normal atau ada semua, yang terakhir harus dilakukan adalah dengan melakukan flashing IC bios. Sebab ada kemungkinan firmware TV rusak / korup.

Akhir Kata

Demikian ulasan tentang kerusakan TV LED Polytron cinemax yang bisa teknisitv bagikan, semoga bisa membantu dan bermanfaat serta bisa menambah wawasan bagi para pembacanya.

Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *