Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Kerusakan TV LED Sony Bravia

3 min read

Kerusakan TV LED Sony Bravia

Kerusakan TV LED Sony Bravia – Pada kesempatan kali ini teknisitv akan kembali membahas tentang kerusakan atau permasalahan yang terjadi pada sebuah perangkat televisi, dalam hal ini yaitu TV LED Sony Bravia. Televisi ini merupakan salah satu produk dari Sony yang cukup banyak diminati oleh masyarakat karena memiliki kualitas gambar yang bagus.

Kerusakan pada sebuah perangkat televisi biasanya disebabkan oleh beberapa hal, seperti usia televisi yang sudah tua, penggunaaan yang berlebihan ataupun karena faktor cuaca (tersambar petir). Sebenarnya sebuah perangkat televisi memiliki standart kualitas, tetapi beberapa orang menggunakan perangkat tersebut terlalu berlebihan tanpa memperhitungkan standar serta daya tahan dari sebuah perangkat televisi. Sehingga mengakibatkan kerusakan.

Kerusakan pada televisipun tidak hanya satu macam tetapi bervariasi, diantaranya seperti TV LED Sony protek, lampu indikator kedip 4 kali, lampu indikator kedip 5 kali, lampu indikator kedip 6 kali, lampu indikator kedip 8 kali dan sebagainya. Begitu juga dengan solusi mengatasinya, tentunya harus dicari penyebabnya terlebih dahulu.

Untuk lebih jelas mengenai permasalahan pada TV LED Sony bravia tersebut, bisa simak pembahasan lengkapnya dibawah ini.

Kumpulan Kerusakan TV LED Sony Bravia 2021

Kumpulan Kerusakan TV LED Sony Bravia 2021

Berikut ini beberapa kerusakan ataupun permasalahan yang terjadi pada TV LED Sony Bravia :

1. TV LED Sony Bravia Restart Terus (Protek)

TV LED Sony Bravia Restart Terus Protek

TV Sony memakai sistem protek pada hampir setiap bagian yang penting, ini bertujuan untuk melindungi televisi dari kerusakan yang lebih parah. Sistem protek ini juga sebagai indikator bahwa televisi mengalami masalah atau error.

Sistem protek akan aktif atau bekerja jika ada salah satu bagian penting pada televisi mengalami masalah atau cara kerjanya tidak normal. Untuk TV LED merk Sony yang sering atau paling banyak mengalami permasalahan yaitu di bagian blok atau bagian inverter hingga lampu backlight serta firmware.

Biasanya setiap kerusakan akan ditandai dengan kedipan pada lampu indikator warna merah beberapa kali sesuai dengan letak bagian yang bermasalah atau error. Namun berbeda dengan kasus kali ini, sebab kerusakan terjadi tidak ditandai dengan kedipan merah lampu indikator. Dimana kerusakannya TV mati terus menerus seperti ada kerusakan pada bagian firmware, sebab gejalanya restart terus menerus.

Sebelum melakukan pengecekan dengan cara membongkar televisi, sebaiknya siapkan terlebih dahulu alat alat yang diperlukan, seperti multimeter untuk mengukur tegangan.

Tegangan normal dan stabil dari adaptor adalah sebesar 19 volt lebih.

Selanjutnya lakukan pengukuran tegangan output DC konverter yang dipakai untuk supply bagian lampu backlight, dan hasilnya terukur sekitar 30 volt ketika lampu backlight menyala. Hal ini menunjukan bahwa jika dilihat pada komponen elco untuk filter tegangan, tegangannya normal.

Setelah itu pengukuran dilanjutkan pada bagian ujung lampu backlight, pada TV Sony Bravia lampu backlight mamakai sistem paralel. Dimana ada tiga baris lampu backlight yang masing masing barisnya terdapat delapan buah lampu LED, yang setiap lampu memakai tegangan 3 volt.

Jadi setiap barisnya akan mendapat tegangan positif 30 volt, dan setiap ujung dari baris lampu akan menuju IC DC DC dan PWM untuk inverter. Dari sinilah sistem protek pada TV Sony bekerja, jika ada salah satu lampu yang bermasalah maka ujung baris lampu tidak akan mengeluarkan tegangan atau hanya kecil sekali.

Kemudian jika tegangan dan arus yang masuk ke IC PWM kurang / lebih atau tidak sesuai dari yang seharusnya maka IC akan mengirim sinyal ke prosesor, memberitahu bahwa lampu backlight bermasalah atau error. Selanjutnya program akan mematikan atau shutdown secara otomatis dan sebagai tandanya yaitu lampu indikator berubah jadi warna merah serta berkedip sebanyak 6 kali. Jadi untuk mengatasinya lakukan penggantian pada lampu backlight.

2. TV LED Sony Bravia Berkedip 5 Kali

TV LED Sony Bravia Berkedip 5 Kali

Gejala lampu LED merah berkedip 5 kali pada TV Sony menandakan adanya kerusakan pada jalur didalam panel TV atau pada jalur T Con ke panel. Bisa juga pada jalur tegangan penyuplai T Con pada mainboard. Untuk mengetahui jalur mana yang bermasalah, lakukan pemeriksaan satu persatu mulai dari T Con kemudian mainboard.

Langkah pertama pemeriksaan bisa dengan melepas kabel fleksibel LVDS lalu nyalakan televisi, jadi TV bekerja tanpa T Con. Hal ini bertujuan untuk mengetahui bagian mana yang bermasalah, apakah panel LCD, T Con atau mainboardnya. Jika ketika TV dinyalakan tanpa T Con lampu LED tidak berkedip 5 kali, berarti menandakan masalah yang terjadi ada pada panel LCD atau modul T Con. Sebaliknya jika TV dinyalakan tanpa T Con lampu LED tetap berkedip 5 kali berarti yang bermasalah adalah mainboardnya.

Pastikan dahulu komponen pembangkit tegangan kerja pada modul T Con tidak bermasalah sebelum membongkar mainboard. Panel TV dalam bekerja akan membutuhkan beberapa tegangan kerja diantaranya yaitu VCOM, VGH, VGL dan lainnya.

Untuk mengetahui tegangan kerja mana yang bermasalah, dapat di cek pada titik test poin tegangan kerja tersebut. Tetapi jika televisi dalam kondisi LED merah berkedip 5 kali tegangan tegangan kerja tersebut tidak dapat di cek, sebab IC protek sehingga cuma terdapat tegangan standby saja yang berada pada T Con atau bahkan tidak ada sama sekali tegangan kerja.

Jadi harus dilakukan pengecekan komponen utama terdekat dari pembangkit tegangan kerja tersebut, biasanya komponen yang sering rusak adalah kapasitor SMD. Cek tegangan kapasitor satu persatu menggunakan SMD tester atau multitester. Kapasitor SMD pada modul T Con yang rusak biasanya yaitu CD10, CD11, CD25, CD22.

Selain kapasitor pembangkit tegangan kerja, lakukan juga pengecekan pada beberapa IC logic pada mainboard seperti IC 6010 RT8292AH dan IC 6008 3503H. Untuk lebih lengkapnya mengenai kerusakan televisi Sony berkedip, bisa dilihat pada artikel dari teknisitv yang berjudul TV LED SONY BRAVIA LAMPU BERKEDIP.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai kerusakan TV LED Sony Bravia yang bisa teknisitv bagikan, semoga bisa membantu dan bermanfaat serta bisa menambah wawasan bagi para pembacanya.

Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *