Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Kerusakan TV LED Toshiba

2 min read

Kerusakan TV LED Toshiba

Kerusakan TV LED Toshiba – Sudah bukan rahasia lagi kalau TV Toshiba sekarang memang menjadi salah satu merk yang banyak diminati dan dicari oleh masyarakat di Indonesia. Hal ini disebabkan karena hadirnya atau banyaknya inovasi inovasi baru yang diberikan oleh perusahaan elektronik yang satu ini kepada para pengguna setianya.

Seiring dengan kemajuan teknologi yang semakin berkembang, seperti halnya merk televisi lainnya Toshiba juga mengeluarkan sejumlah produk terbaiknya, seperti televisi LCD maupun LED. Jenis televisi ini semakin banyak digemari karena memiliki banyak kelebihan, salah satunya yaitu hemat daya.

Walaupun memiliki kualitas yang baik, namanya sebuah produk elektronik pasti akan mengalami yang namanya kerusakan atau masalah. Beberapa masalah yang sering ditemui pada perangkat televisi Toshiba ini diantaranya seperti TV gagal start, gambar blank, mati standby, TV Toshiba tidak ada gambarnya, mati total, terdapat garis horizontal dan vertikal pada layar dan masih banyak lagi kerusakan yang lainnya.

Untuk itu setelah pada artikel sebelumnya telah dibahas tentang KERUSAKAN TV POLYTRON SLIM, pada kesempatan kali ini teknisitv akan memberikan ulasan maupun penjelasan mengenai kerusakan TV LED Toshiba, yang bisa anda jadikan sebagai referensi pemecahan masalah ketika sedang menemui permasalahan atau kerusakan pada TV LED Toshiba. Biar lebih jelas, simak pembahasannya dibawah ini.

Penyebab & Cara Mengatasi Kerusakan TV LED Toshiba

Berbagai Kerusakan TV LCD / LED Toshiba

Berbagai Kerusakan TV LCD LED Toshiba

Berikut merupakan kumpulan atau jenis jenis kerusakan yang sering ditemui pada TV LCD / LED Toshiba :

1. TV Toshiba Power Mati Standby

TV Toshiba Power Mati Standby

Permasalahan : pada jenis kerusakan yang pertama ini TV Toshiba tidak bisa dinyalakan tetapi dalam kondisi standby, yang mana pada saat dinyalakan hanya lampu indikator LED saja yang berkedip. Baik itu dinyalakan dengan menggunakan remot kontrol maupun melalui tombol power pada televisi tetap tidak mau nyala.

Solusi perbaikan : permasalahan seperti ini biasanya diakibatkan karena adanya kerusakan atau masalah pada firmware, sehingga untuk menyelesaikannya harus dilakukan flashing pada TV Toshiba tersebut. Proses flashing bisa dilakukan dengan cara manual maupun cara ISP. Berikut langkah langkah cara flashing manual :

  • Pertama yang harus dilakukan yaitu melepas IC flash pada televisi.
  • Selanjutnya setelah dilepas, pasang IC flash ke tool eeplus 2. Pakai jumper kawat email guna menghubungkan ke arah soket IC eeplus 2.
  • Kemudian setelah proses flashing selesai , pasang kembali IC flash pada main board.

2. TV Toshiba Gambar Setengah

TV Toshiba Gambar Setengah

Permasalahan : umumnya pada kerusakan seperti ini gambar yang ditampilkan pada layar televisi hanya setengah saja pada saat dinyalakan. Biasanya gambar yang bagus akan tampil di bagian sebelah kiri, sedangkan di bagian sebelah kanan hanya akan menampilkan sebuah garis vertikan bahkan bisa hanya white screen.

Solusi perbaikan : kerusakan seperti ini akan sedikit sulit untuk diperbaiki, sebab banyak penyebab yang bisa mengakibatkan permasalahan seperti ini. Salah satu penyabab yang sering ditemui yaitu karena adanya masalah pada panel screen. Berikut langkah langkah perbaikan kerusakan yang diakibatkan karena adanya masalah pada panel screen :

  • Yang pertama bongkar televisi dan buka panel screen, setelah itu lepaskan semua board yang terdapat pada body panel screen.
  • Kemudian bersihkan semua area dibelakang clean panel, pakai alat yang digunakan untuk mencongkel.
  • Selanjutnya letakan pada lapisan penutup screen lalu perhatikan nok pada area tersebut.
  • Berikutnya setelah terpisah, maka akan terlihat kabel yang berjumlah tiga sebagai penghubung PCP dengan layar screen.
  • Kalau kerusakan gambar terjadi pada bagian kanan, maka fokuskan pengecekan pada kabel penghubung yang ada disebelah kanan. Cara memperbaikinya cukup mudah yaitu hanya dengan cara memanaskan IC yang terdapat pada kabel penghubung tersebut, setelah dipanaskan maka televisi akan normal kembali.

3. TV Toshiba Mati Total

TV Toshiba Mati Total

Permasalahan : TV tidak mau dinyalakan dan lampu indikator juga mati.

Solusi perbaikan : jika menemui permasalahan seperti ini yang perlu dilakukan adalah memeriksa semua komponen untuk mengetahui komponen mana yang mengalami kerusakan terlebih dahulu. Lakukan pengecekan atau pemeriksaan diberbagai titik, seperti :

  • Sekring.
  • Tegangan 300 volt dari dioda.
  • Dioda penyearah sekunder, dengan tegangan 15 volt dan 5 volt.

Kalau terdapat masalah pada salah satu tegangan diatas, sebaiknya segera ganti dengan yang baru. Tetapi jika semua tegangan tersebut diatas semuanya normal, selanjutnya yang harus dilakukan pengukuran adalah IC strw605. Lakukan penggantian komponen tersebut jika terjadi masalah tegangan.

Akhir Kata

Nah itu dia tadi beberapa kerusakan TV LED Toshiba yang sering dialami oleh para pengguna. Demikian saja artikel dari teknisitv, semoga bisa membantu dan bermanfaat serta menambah wawasan bagi para pembacanya.

Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *