Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Kode Remot TV Sharp

2 min read

Kode Remot TV Sharp Tabung LED dan Cara Memasukan

Kode Remot TV Sharp – Remot kontrol pada sebuah perangkat televisi adalah alat pendukung yang sangat penting, karena dengan menggunakan remot bisa dengan mudah dalam pengoperasian serta melakukan setting program pada sebuah perangkat televisi.

Bayangkan jika sebuah televisi tanpa remot, entah karena remot rusak atau bahkan hilang. Tentunya akan sangat merepotkan, walau cuma untuk memindahkan saluran atau mengatur volume suara.

Untuk itu mengingat begitu pentingnya peran serta fungsi remot maka jaga dan rawatlah remot yang masih berfungsi dengan baik supaya awet dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Tetapi kalau remot mengalami kerusakan atau hilang, tak perlu khawatir sebab anda bisa cari penggantinya menggunakan remot multi universal. Remot ini bisa digunakan disegala merk televisi, termasuk TV Sharp.

Tentunya untuk menggunakan remot universal ini diperlukan pengaturan awal agar remot dapat digunakan atau berfungsi seperti layaknya remot original. Untuk melakukan pengaturan awal diperlukan sebuah kode, dimana kode tersebut merupakan kombinasi tiga digit angka. Jadi untuk artikel kali ini teknisitv akan membagikan beberapa kode remot untuk melakukan proses pengaturan awal tersebut, dalam hal ini kode remot untuk TV Sharp.

Kumpulan Kode Remot TV Sharp Tabung & LED

Daftar Kode Remot TV Sharp

Sedikit telah dijelaskan diatas bahwa solusi terbaik mengganti remot bawaan yang rusak atau hilang adalah menggunakan remot multi Universal. Dan untuk menggunakanya diperlukan pengaturan awal agar remot bisa berfungsi.

Lalu kenapa harus remot universal ? sebab jika mengganti dengan yang original akan susah untuk mendapatkanya serta harganya yang lumayan mahal. Sebaliknya jika menggunakan jenis remot universal ini selain harga yang murah, mendapatkanyapun cukup gampang.

Untuk kode remot TV Sharp ini terdapat dua versi dalam penggunaanya, yaitu kode remot untuk TV SHARP tipe tabung dan kode remot untuk TV Sharp tipe LCD/LED. Dibawah ini merupakan beberapa kode yang bisa digunakan :

1. Kode Remot Untuk TV Tabung

Kode Remot Untuk TV Tabung

Bagi pengguna TV Sharp jenis tabung, bisa menggunakan kode dibawah ini untuk proses pengaturan awal remot tv universal. Kodenya adalah :

  • 136, 025, 135, 003, 018, 016, 137

Silahkan pilih salah satu kode tersebut diatas untuk proses setting awal remot universal.

2. Kode Remot Untuk TV LED

Kode Remot TV LED LCD Sharp

Kemudian bagi pengguna TV Sharp jenis LCD/LED, bisa menggunakan salah satu kode dibawah ini untuk melakukan setting awal remot universal anda. Kodenya adalah :

  • 003, 016, 135, 137, 018, 136

Itu dia diatas beberapa kode remote untuk TV Sharp jenis LED, pilih salah satu kodenya.

Cara Setting Remot Universal TV Sharp

Cara Setting Remot Universal TV Sharp

Setelah mendapatkan kode yang sesuai dengan merk televisi yang dipunyai, selanjutnya adalah proses setting remot universalnya. Caranya cukup mudah, tinggal memasukan kode remot tersebut. Biar lebih jelas ikuti langkah langkah berikut ini :

  • Pertama pastikan televisi pada posisi menyala
  • Yang kedua, siapkan remot universal dan pastikan sudah terisi baterai
  • Kemudian tekan serta tahan tombol SET yang ada di remot hingga lampu indikator nyala
  • Selanjutnya saat lampu nyala, masukaan kode remotnya yaitu kombinasi tiga digit angka
  • Jika kode yang dimasukan cocok dan sesuai, maka lampu indikator akan mati otomatis. Dan remot sudah bisa digunakan
  • Tetapi jika lampu masih nyala, berarti proses setting belum berhasil. Ulangi cara tersebut diatas dengan memasukan kombinasi tiga digit angka yang berbeda. Ulangi hal tersebut sampai menemukan kode yang cocok, sehingga remot bisa berfungsi.

Penyebab Remot Tidak Berfungsi

Penyebab Remot Tidak Berfungsi

Beberapa masalah atau penyabab yang mengakibatkan remot tidak bisa digunakan atau tidak berfungsi :

1. Baterai Habis

Baterai yang lemah atau bahkan sudah habis sudah pasti akan membuat remot bekerja sebagaimana mestinya. Solusinya yaitu lakukan pengecekan pada baterai dengan cara mengantinya dengan yang baru atau bisa juga dengan memanfaatkan kamera ponsel, berikut ini caranya :

  • Buka kamera smartphone.
  • Kemudian arahkan sensor TV ke kamera ponsel.
  • Selanjutnya silahkan tekan salah satu tombol yang ada diremot, posisi sensor tetap ke kamera.
  • Akan terlihat cahaya putih dari sensor remot kalau dilihat dari kamera smartphone jika remot masih berfungsi.

2. Kode Remot Salah

Salah memasukan kode remot juga bisa menyebabkan remot tidak bisa berfungsi. Solusinya adalah dengan melakukan setting kembali menggunakan kode remoy yang berbeda dantentunya disesuaikan dengan tipe serta merk TV nya.

3. Besi Penghubung Karat

Penyebab selanjutnya adalah karena besi kontak antara baterai dan remot sudah berkarat. Hal ini mengakibatkan arus listrik dari baterai terganggu.

Akhir Kata

Itu dia pembahasan mengenai kode remot TV Sharp yang bisa teknisitv bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga bisa jadi bahan referensi bagi para pembaca.

Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Kode Remote TV Sanken

Budi
2 min read

Kode Remot TV Sony

Budi
1 min read

Kode Remote TV Konka

Budi
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *