Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Kode Remot TV TCL Tabung

2 min read

KODE REMOT TV TCL TABUNG
Advertisements

Kode Remot TV TCL Tabung – TCL merupakan sebuah perusahaan elektronik yang berasal dari China, dimana produksinya merupakan peralatan elektronik rumah tangga seperti AC, lemari es, mesin cuci, termasuk juga televisi. Televisi merk TCL memang tak setenar produk dari perusahaan elektronik lainnya yang ada di Indonesia, seperti Samsung, Sanyo, Sharp dan yang lainnya. Tetapi brand asal china ini juga tidak bisa disepelekan begitu saja, sebab dengan kegigihan dan inovasi yang dilakukan terus menerus mampu memberikan persaingan yang ketat di pasar elektronik.

Untuk produk televisi sendiri sudah lama digeluti oleh TCL. TCL sudah banyak mengeluarkan banyak varian televisi, dari yang tipe tabung sampai televisi keluaran jaman sekarang seperti LCD dan juga LED. Sama seperti televisi merk lain, pada saat membeli televisi TCL juga akan mendapatkan sebuah remot original dalam satu paket pembelian.

Yang menjadi Permasalahan yaitu ketika sewaktu waktu terjadi kerusakan pada remot original, yang tentunya akan mengurangi kenyamanan dalam kegiatan menonton televisi. Solusinya tentu saja bisa dengan memperbaiki remot atau menggantinya dengan remot original yang baru di service center, tetapi harganya lumayan mahal.

Advertisements

Ada satu solusi yang bisa teknisi bagikan untuk mengganti remot bawaan yang rusak, yaitu dengan membeli remot multi universal. Banyak terdapat remot universal dipasaran diantaranya seperti remot universal chunghop, joker, multisonic dan masih banyak yang lainnya. Namun sebelum dapat berfungsi dengan normal layaknya remot bawaan, diperlukan pengaturan awal remot universal ini yaitu dengan cara memasukan kode khusus yang biasa disebut dengan kode remot. Di artikel sebelumnya telah dibahas tentang KODE REMOTE TV TOSHIBA dan untuk artikel kali ini giliran TV TCL. Dibawah ini merupakan kumpulan kode remot TV TCL.

Kode Remot TV TCL Tabung

Kumpulan Kode Remot TV TCL Lengkap

Kumpulan Kode Remot TV TCL Lengkap

Sedikit telah disingggung diatas bahwa agar remot universal bisa digunakan, diperlukan pengaturan awal terlebih dahulu dengan memasukan sebuah kode supaya remot universal bisa berfungsi layaknya remot bawaan. Dimana kode ini berisi kombinasi tiga digit angka tertentu yang fungsinya untuk menyinkronkan antara remot universal dengan pesawat televisi.

Berikut ini merupakan daftar kode remot untuk televisi TCL :

KODE REMOT TV TCL
051, 053, 068, 071, 073, 082, 083, 084, 085
110, 111, 144, 156, 199
209, 216, 243, 244, 245, 246, 247, 248, 249
313, 314, 315, 316, 317, 320, 343, 344, 349, 350, 382, 383, 384

Daftar kode remot tersebut diatas bisa digunakan untuk televisi TCL jenis tabung maupun televisi TCL jenis LCD dan juga LED. Kode tersebut bisa anda coba satu persatu untuk proses pengaturan awal pada remot universal.

Cara Memasukan Kode Remot Universal Pada TV TCL

Cara Memasukan Kode Remot Universal Pada TV TCL
Advertisements

Setelah mendapatkan kode remot yang dibutuhkan, selanjutnya yaitu melakukan proses setting remot universalnya supaya bisa digunakan dan juga berfungsi dengan baik layaknya remot bawaan.

Cara melakukan setting awal remot universal sangatlah mudah, tinggal mengikuti langkah langkah dibawah ini, :

  • Pertama pastikan terlebih dahulu remot universal sudah berisi baterai dan televisi menyala.
  • Kemudian tekan tombol SET yang ada diremot sampai lampu indikator menyala.
  • Saat lampu indikator remot nyala, lepas tombol SET tadi.
  • Selanjutnya masukan kode remot yang sudah dipilih.
  • Ketika kode remot sudah dimasukan dan cocok atau sesuai, lampu indikator akan mati otomatis.
  • Remot universal sudah bisa digunakan.

Jika dalam proses setting ternyata remot universal masih belum berfungsi, ulangi langkah langkah seperti tersebut diatas dengan memasukan kode remot yang berbeda. Ulangi hal tersebut sampai menemukan kode yang cocok.

Setting Remot Universal Tanpa Kode

Setting Remot Universal Tanpa Kode

Cara setting remot universal tanpa kode bisa dilakukan dengan mengikuti langkah langkah sebagai berikut, :

  • Pertama pastikan televisi dalam posisi menyala.
  • Kemudian arahkan remot kelayar televisi.
  • Selanjutnya tekan dan tahan tombol SET hingga lampu indikator di remot menyala.
  • Setelah itu tekan salah satu tombol yang ada diremot sambil memperhatikan layar televisi. Misal tombol yang ditekan tombol volume, tekan terus tombol dengan jeda kira kira satu detik agar bisa memperhatikan layar televisi apakan merespon dan muncul volume atau tidak dalam kondisi lampu indikator remot masih nyala.
  • Ketika tombol volume ditekan dan dilayar muncul tampilan volume, pastikan untuk tidak menekan tombol lagi.
  • Selanjutnya tekan tombol SET guna memilih setting yang tadi dipilih, dan lampu indikator remot akan mati.
  • Remot universal sudah bisa digunakan.

Demikian pembahasan dari teknisitv mengenai kode remot TV TCL tabung semoga bisa bermanfaat dan juga bisa membantu anda dalam melakukan setting awal pada sebuah remot universal.

Advertisements
Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Kode Remot Joker

Budi
4 min read

Kode Remot TV Eternity Chung He

Budi
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *