Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

√ Memilih Ukuran TV Yang Ideal Untuk Setiap Ruangan

3 min read

Memilih Ukuran TV Yang Ideal

Memilih Ukuran TV Yang Ideal – Sebagai perangkat elektronik dengan salah satu fungsinya sebagai sarana hiburan dan sumber informasi, sekarang ini hampir setiap rumah sudah ada perangkat elektronik yang satu ini, bahkan ditiap-tiap ruangan didalam rumah. Selain di rumah, televisi juga banyak dijumpai di tempat-tempat umum seperti Rumah Sakit, perkantoran, hotel dan sebagainya.

Televisi sendiri memiliki ukuran yang beragam dari yang terkecil hingga ukuran yang besar dan untuk dapat dinikmati secara maksimal, dalam memilih ukuran TV yang ideal juga perlu menyesuaikan ruangan yang akan dipasangi sebuah televisi. Jadi selain badget, sebelum membeli atau menempatkan TV pada sebuah ruangan, ukuran TV juga perlu diperhatikan.

Soal budget tentunya setiap orang akan memilih TV dengan harga yang murah, namun terkait ukuran TV perlu menyesuaikan dengan kondisi ruangan dan salah satunya yakni luas atau ukuran ruangan untuk mengatur letak ideal TV, apakah ditempel di dinding atau ditaruh diatas meja. Hal tersebut perlu dilakukan karena nantinya akan sangat berpengaruh pada kenyamanan dalam menikmati TV secara maksimal, khususnya terkait dengan jarak aman nonton TV. Lalu bagaimana cara memilih ukuran TV yang ideal?

Memilih ukuran TV yang ideal penting terkait dalam kenyamanan serta mendapatkan tontonan yang terbaik dan maksimal juga untuk menjaga kesehatan mata kita. Jadi apa saja yang perlu diperhatikan dalam memilih ukuran TV yang ideal, dikesempatan kali ini teknisitv akan memberikan informasinya untuk Anda. Baca juga UKURAN TV SAMSUNG.

Memilih Ukuran TV Yang Ideal Untuk Tiap Ruangan

Memilih ukuran televisi yang ideal untuk ruangan dapat lebih mudah jika mengetahui ukuran ruangan yang akan ditempatkan sebuah televisi. Luas ruangan seperti ruang keluarga, kamar tidur, ruang kantor maupun rumah sakit membutuhkan sudut pandang televisi yang tidak sama alias berbeda-beda, hal ini karena tingkat akurasi serta kontras gambar akan berkurang jika dilihat dari samping. Berikut cara memilih ukuran TV yang ideal untuk berbagai ruangan :

1. Ukuran TV Yang Ideal Untuk Ruang Keluarga

Sesuai namanya, ruang keluarga merupakan ruangan yang digunakan sebagai tempat berkumpul para anggita keluarga. Umumnya ruangan ini memiliki ukuran yang luas, sehingga ukuran televisi yang ideal yaitu dengan memilih televisi dengan ukuran diatas 40 inch dengan asumsi jarak pandang ke televisi yaitu 3 meter atau lebih.

Memilih TV dengan ukuran diatas 40 inch selain dapat menampilkan tontonan yang lebih dramatis, ukuran layar yang besar juga bisa dilihat dengan jelas dari posisi jauh. Selain ukuran, memilih TV yang ideal utuk ruang keluarga juga disarankan memilih TV yang memiliki bazel tipis, sehingga ketika ditonton dari samping tidak akan terganggu. Kemudian disarankan untuk tidak memilih jenis televisi dengan desain melengkung (curved), sebab TV tidak bisa dinikmati secara maksimal jika dilihat dari samping kanan dan kiri karena sudut pandang layar akan menyempit. Kemudian untuk urusan resolusi, TV yang ideal untuk ruang keluarga yaitu dengan memilih TV yang memiliki resolusi UHD atau 4K.

2. Ukuran TV Yang Ideal Untuk Kamar Tidur

Berbeda denga ruang keluarga, memilih TV jenis curved dengan ukuran 40-50 inch menjadi pilihan yang ideal. Sebab ketika di kamar tidur posisi menonton adalah persis menghadap ke televisi dan hanya dinikmati oleh beberapa orang saja. Sedangkan untuk resolusi bisa memilih TV yang mewah dengan resolusi 4K dengan teknologi layar Oled.

3. Ukuran TV Yang Ideal Untuk Ruang Kantor

Di zaman sekarang ini umumnya perkantoran sudah dilengkapi dengan televisi, sebab selain untuk hiburan ketika sudah penat bekerja, televisi juga bisa difungsikan sebagai monitor ketika sedang presentasi. Melihat kondisi tersebut maka ukuran TV yang ideal untuk ruang kantor yaitu dengan memilih TV ukuran layar besar, ruang tunggu atau ruang santai bisa memilih ukuran 30-50 inch (agar bisa digantung disudut ruangan) lalu ruang pertemuan bisa memilih TV yang ukuran diatas 75 inch dan untuk jenisnya disarankan untuk tidak memilih jenis curved.

4. Ukuran TV Yang Ideal Untuk Rumah Sakit

Pada rumah sakit biasanya televisi ditempatkan pada ruangan-ruangan tertentu, seperti ruangan pasiaen. Untuk ruang pasien,televisi yang dipakai biasanya menyesuaikan dengan kelas kamar pasiaennya, ideal nya ukuran TV yang digunakan yaitu ukuran standar 40 inch. Ukuran 40 inch cukup ideal karena tidak akan mengganggu aktivitas dan posisinya biasanya digantung sehingga membuat pasien l;ebih nyaman dalam menontion TV.

Tips Memilih Ukuran TV Yang Ideal

Diatas telah sedikit disinggung bahwa sebelum membeli sebuang perangkat televisi, ada hal yang perlu dipertimbangkan yaitu mengenai budget dan ukuran ruangan maupun ukuran televisi. Sehingga nantinya televisi yang dibeli sesuai dan dapat dinikmati secara maksimal.

Terkait dengan memilih ukuran TV yang ideal ada beberapa tips ataupun panduan yang dapat memudahkan dalam menentukan pilihan ukuran TV yang ideal untuk sebuah ruangan, diantaranya sepert memperhatikan luas ruangan serta jarak pandang. Agar lebih jelas, dibawah ini merupakan panduan/tips memilih ukuran televisi yang ideal :

1. Perhatikan Ukuran dan Resolusi Layar

Ukuran TV didapatkan dari mengukur TV secara diagonal, artinya diukur dari satu sudut ke sudut yang berlawanan. Jadi pilih ukuran dan sesuaikan dengan ukuran ruangan yang akan ditempatkan TV. Kemudian perhatikan resolusi layar televisi, ini penting dan perlu dipertimbangkan terkait dengan ukuran layar. Semakin tinggi resolusi maka semakin kecil kerapatan pixel (bintik-bintik kecil pada gambar) suatu gambar.

2. Perhatikan Ukuran Ruangan dan Posisi TV

Ukuran TV yang ideal bisa diketahui dengan memperhatikan ukuran ruangan serta posisi televisi akan ditempatkan. Banyak opsi yang didapat dalam memilih ukuran TV selama furnitur diruangan tidak menempel permanen dilantai atau dinding, lalu perhatikan juga posisi penampatan TV apakan akn digantung memakai wall mounting atau diletakan dengan dudukan.

3. Perhatikan Jarak Pandang Yang Ideal

Umumnya jarak pandang ideal dalam memberikan kenyamanan menonton TV yaitu sekitar 2,7 meter. Berikut daftar ukuran TV beserta jarak pandang yang disarankan.

UKURAN TVJARAK PANDANG UNTUK TV 4KJARAK PANDANG UNTUK TV 1080p
40″1 m2 m
42″1,06 m2,1 m
48″1,2 m2,4 m
50″1,27 m2,5 m
55″1,39 m2,79 m
60″1,5 m3 m
65″1,6 m3,3 m
75″1,9 m3,8 m

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai memilih ukuran TV yang ideal yang bisa teknisitv bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini.

Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.