Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

√ Menu Servis TV Akari 2022 : Definisi & Cara Masuk Sermod

2 min read

Menu Servis TV Akari

Menu Servis TV Akari – Di Indonesia pengguna TV Akari terbilang cukup banyak, baik untuk jenis tabung maupun jenis LCD/LED, bahkan termasuk yang paling laris dari dahulu hingga saat ini. Hal tersebut tentunya bukan tanpa alasan, sebab TV Akari dikenal memiliki kualitas yang lumayan baik dengan harga jual yang terjangkau untuk kalangan masyarakat Indonesia.

Sama seperti televisi merk lainya, TV Akari juga memiliki menu pengaturan rahasia atau Menu Servis yang digunakan untuk setting TV Akari. Menu pengaturan atau menu servis ini lebih kompleks serta hanya bisa diakses melalui service mode, hal ini berbeda jika dibandingkan dengan menu pengaturan yang biasa muncul dilayar televisi ketika sedang melakukan berbagai pengaturan televisi seperti mencari channel, mengatur suara dan lain sebagainya.

Service mode atau menu servis TV Akari merupakan suatu kondisi tampilan televisi yang dalam keadaan mode factory setting (mode pengaturan pabrik). Menu servis ini seringkali diaplikasikan atau digunakan pada langkah perbaikan sebuah televisi dalam mengatasi penyebab/gejala kerusakan serta memperbaiki error atau kesalahan data parameter pengaturan pabrik.

Nah untuk mengetahui lebih detail mengenai menu servis TV Akari, di bawah ini teknisitv akan membagikan informasinya untuk Anda seperti definisi menu servis itu sendiri, cara masuk ke menu servis TV Akari dan sebagainya. Jadi buat yang penasaran mengenai arti dari menu servis atau sedang mencari informasi mengenai cara masuk menu servis TV Akari, simak ulasan dari teknisitv tentang menu servis TV Akari berikut ini.

Definisi Menu Servis TV Akari

Diatas telah sedikit dijelaskan bahwa menu servis atau service mode adalah suatu kondisi atau keadaan dimana televisi Akari berada dalam mode factory setting (mode pengaturan pabrik). Pada menu servis ini semua pengaturan rahasia yang terdapat pada televisi akan ditampilkan dan dapat diakses serta dirubah.

Menu servis Akari ini biasanya diakses ketika sedang melakukan perbaikan televisi, dimana dilakukan sebagai langkah penyesuaian antara komponen televisi dan data parameternya. Penyesuaian tersebut dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan hasil yang seimbang/balance, sebab antara satu komponen dengan komponen lainnya belum tentu sama/identik meski memiliki seri sama.

Meski pada artikel ini akan dijelaskan mengenai cara mengkases ataupun masuk ke menu servis Akari, namun disarankan ketika akan mengatur ulang data di menu servis sebaiknya diserahkan pada orang yang sudah paham tentang fungsi dari setiap data parameter. Jadi jangan coba-coba untuk mensetting sendiri jika tidak ingin terjadi kesalahan nantinya.

Hal tersebut karena jika terjadi kesalahan parameter akan mengakibatkan TV Akari mengalami berbagai permasalahan, diantaranya seperti TV Akari standby tidak bisa start, gambar menyempit linier atau gambar melebar, suara keras tidak bisa dikecilkan, warna dominan merah, hijau dan biru dan lain sebagainya.

Cara Masuk Menu Servis TV Akari (Sermod)

Untuk cara masuk ke menu servis TV Akari dilakukan memakai bantuan perangkat remote, bisa remote bawaan ataupun remote munltifungsi universal (untuk cara settingnya bisa dilihat pada artikel KODE REMOT TV AKARI). Terdapat setidaknya dua metode yang bisa dilakukan untuk masuk ke menu servis Akari. Adapun langkah-langkah masuk ke menu servis Akari dari kedua metode tersebut adalah sebagai berikut :

1. Metode Pertama Masuk Menu Servis Akari

Metode pertama masuk menu servis televisi Akari yaitu sebagai berikut :

  • Pertama hidupkan atau nyalakan TV Akari
  • Kemudian tekan dan tahan tombol Sleep pada remote TV
  • Setelah itu tekan tombol Menu pada panel televisi
  • Maka akan langsung masuk di menu servis, silahkan ubah pengaturan sesuai kebutuhan
  • Jika sudah selesai melakukan pengaturan, keluar dari menu servis dengan cara mematikan televisi dengan tekan tombol Power lalu hidupkan lagi televisi.

2. Metode Kedua Masuk Menu Servis Akari

Perlu diketahui metode kedua ini biasanya berfungsi hanya pada TV Akari yang memakai IC tunggal OM8377 series, adapun untuk langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Yang pertama, tekan tombil Menu di remote
  • Kemudian tekan angka 6483
  • Maka akan muncul huruf M, lalu tekan tombol angka 1, 2, 3 dan 4 untuk masuk ke menu servis
  • Silahkan lakukan setting pengaturan sesuai kebutuhan
  • Terakhir, untuk keluar dari menu servis tekan tombol Recall atau Display.

Data Standar Factory Setting TV Akari

Sebagai informasi tambahan dibawah ini teknisitv sertakan daftar data standar factory dari televisi Akari yang bisa dijadikan acuan ketika sedang melakukan pekerjaan perbaikan televisi melalui menu servis.

ADJUST MENU M0
TEST SW : 0
V SLOPE : 36
V POSI : 34
V SIZE : 36
V SC : 34
H PHASE : 55
H BLK SW : ON
H BLK L : 5
H BLK R : 5
PROG : 6

ADJUST MENU M1
CL : 12
BLOC : 7
R BIA : 38
G BIA : 35
B BIA : 53
R DRV : 32
G DRV : 32
B DRV : 32
SUB BRT : 40
VSD
TEST S : 0

ADJUST MENU M2
RF AGG :21
OSD VPOS : 18 16
OSD HPOS : 17
OSD BRT : 25
CLURT POS : 2
SHIPPING
SETUP SELECT : 0

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai menu servis TV Akari yang bisa teknisitv bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu bagi yang sedang melakukan pekerjaan perbaikan televisi Akari serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini.

Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.