Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Modif Panel LG ke Polytron

2 min read

Modif Panel LG ke Polytron dari Syarat dan Cara

Modif Panel LG ke Polytron – Masalah panel bisa jadi merupakan masalah tersulit yang dialami oleh para teknisi TV. Ada berberapa teknisi kurang paham dalam hal menganalisa kerusakan atau kurang paham membedakan antara kerusakan T-con, Panel, serta kerusakan pada mainboard.

Terkadang masalah atau gangguan pada tampilan saja langasung memvonis bahwa panelnya yang rusak padahal masalah sebenarnya yang membuat TV MATI TOTAL bisa saja terjadi pada bagian mainboardnya atau T-connya. Sebenarnya panel yang rusak, 80% masih bisa diperbaiki.

Tetapi beberapa teknisi langsung menyarah serta memvonis bahwa TV tidak bisa diperbaiki dan mengembalikan TV kepada pemiliknya. Jenis panel pada TV LCD maupun LED pada umumya ada dua yaitu jenis FHD dan jenis HD.

Cara membedakanya bisa kita lihat dari  berapa soket yang digunakanya, jika soket menggunakan pin yang lebih banyak berarti merupakan jenis FHD dimana layar tersebut sudah FULL HD. Sebaliknya jika soket lvds sedikit atau pin biasa berarti panel tersebut masih HD.

Syarat dan Cara Modif Panel LG ke Polytron

Untuk tampilan gambarnya jenis FHD menghasilkan gambar yang jauh lebih bagus jika dibandingkan dengan yang jenis HD. Kita bisa merubah panel dari jenis FHD menjadi HD ataupun sebaliknya dengan cara merubah soket bawaanya.

Ganti Panel LG ke Polytron

Ganti Panel LG ke Polytron

Yang terpenting sebelum melakukan pergantian panel atau osd display kita tahu serta memiliki poin datanya atau datasheetnya terlebih dahulu. Untuk datasheetnya kita bisa mencarinya di internet, kita tinggal download menyesuaikan dengan seri dan modelnya.

Pada dasarnya semua panel TV sama saja, yang membedakan hanya ketebalanya. Dimana panel jenis LCD memiliki tampilan atau bentuk yang lebih tebal jika dibandingkan panel model LED.  Dengan kemajuan teknologi seperti sekarang ini telah banyak bermunculan  panel TV dengan nama Qledtv, Smartv dan masih banyak yang lainya.

Sesuai judul artikel diatas, kali ini teknisitv akan membahas tentang cara modif panel LG ke Polytron. Perlu diketahui untuk melakukan proses ini sebelumnya kita harus dan wajib tahu terlebih dahulu datasheetnya.

Dibawah ini merupakan contoh proses penggantian panel dari panel LG ke panel Polytron, dimana panel LG yang rusak adalah panel HV320WX2-170 akan diganti panel Polytron yang panelnya adalah T320WXN02.9, berikut ini langkah langkahnya.

1. Mengetahui Datasheet

Mengetahui Datasheet Panel

Yang pertama kita cari datasheet kedua panel tersebut, dimana datasheetnya sebagai berikut :

  1. Vcc sama sama menggunakan 12v
  2. Konektor ke panel memiliki bentuk yang sama
  3. Pin kaki kaki konektor memiliki posisi yang sama

Dari data data diatas dapat kita ambil kesimpulan bahwa secara teknis, penggantian panel  dari panel LG ke panel Polytron sangat besar kemungkinan untuk dilakukan.

2. Mengetahui Bentuk Panel

Mengetahui Bentuk Panel

Yang kedua kita cek bentuk fisik masing masing panel, baik itu panel LG maupun panel Polytron. Setelah dicek didapatkan bahwa panel LG memakai  4 buah COF, sedangkan panel Polytron memakai 1 buah COF saja yang berada di tengah. Artinya kita harus merubah ataupun  memodif dudukan panel kaca pada bagian bagian tertentu.

3. Kabel LVDS

Kabel LVDS

Sebenarnya kabel asli bawaan LG bisa langsung digunakan, tetapi karena panel LG memakai T-con diluar jadinya kabel LVDS nya kurang panjang. Sedangkan pada panel Polytron T-con nya menempel pada kaca. Sehingga yang kita gunakan yaitu kabel LVDS milik dari Polytron.

Karena konektor yang ke Mainboard memiliki bentuk yang berbeda dengan yang dimiliki LG, maka kita bisa mengakalinya dengan cara memotong ujung kabel LVDS  yang ke Mainboard kemudian disambungkan dengan potongan  ujung konektor kabel milik LG.

Selanjutnya kita pasangkan kabel LVDSnya, kemudian cek muncul gambarnya ataukah tidak. Biasanya gambar yang muncul akan terbalik, kita bisa menormalkan gambarnya menggunakan remot LG.

Cara Mengetahui Tipe Panel

Cara Mengetahui Tipe Panel

Sebelum melakukan pekerjaan penggantian panel tentunya harus terlebih dahulu mengetahui tipe panel. Baik itu panel yang akan diganti maupun panel penggantinya. Lalu bagaimana cara mengetahui tipe panelnya? Tipe panel bisa dilihat dengan jalan membuka tutup pesawat televisi bagian belakang.

Setelah kita buka penutup akan terlihat stiker yang nempel  dibelakang bodi panel. Dimana distiker itu terdapat tulisan yang menunjukan tipe panel dari pesawat televisi tersebut.

Akhir Kata

Mungkin demikian saja yang dapat teknisitv bagikan tentang cara modif panel LG ke panel Polytron. Semoga bisa bermanfaat dan juga membantu jika ada yang sedang dalam pekerjaan penggantian panel, dan juga menambah wawasan bagi yang membacanya.

Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Apa Itu TV Analog

Budi
2 min read

Receiver Tanaka

Budi
2 min read

Apa Itu TV Digital

Budi
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *