Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Mola TV Tidak Bisa Mirroring

2 min read

Mola TV Tidak Bisa Mirroring

Mola TV Tidak Bisa Mirroring – Untuk bisa menonton Mola TV melalui layar televisi secara resmi sebenarnya hanya ada dua cara, yang pertama yaitu menonton Mola TV menggunakan Polytron Smart TV dan kedua menggunakan Mola Polytron Streaming device.

Tetapi untuk menggunakan dua opsi terdebut memerlukan biaya yang tidak sedikit, seperti yang kita ketahui untuk Polytron Smart TV saja dibandrol dengan harga kurang lebih 2 jutaan dan untuk Mola Polytron Streaming (MPS) harganya sekitar satu jutaan.

Saat ini cara live streaming untuk memonton Mola TV yaitu melalui laptop atau pun Smartphone, menggunakan Hp atau laptop hanya perlu membeli paket bulanan maupun tahunan sesuai dengan kebutuhan. Lalu apakah Mola TV bisa ditonton di Smart TV dengan atau tanpa STB biasa?

Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan fitur screen mirroring yang ada pada perangkat televisi. Namun bagaimana jika perangkat tidak bisa atau tidak mendukung mirroring? Untuk itu sesuai judul artikel diatas, dikesempatan kali ini teknisitv akan membagikan trik atau cara agar bisa menonton Mola TV dilayar TV, tepatnya kali ini teknisitv akan membahas mengenai Mola TV tidak bisa mirroring. Jadi untuk mengetahui lebih lanjut, simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Mola TV Tidak Bisa Mirroring

Mola TV Tidak Bisa Mirroring .

Menonton Mola TV dilayar televisi bisa dilakukan melalui beberapa cara, seperti melalui laptop yang dihubungkan ke TV, melalui Hp yang dihubungka ke TV (bisa dilihat pada artikel dari teknisitv dengan judul CARA MENGHUBUNGKAN HP KE TV TANPA KABEL) namun untuk bisa melakukan itu, kedua perangkat (Hp dan TV) harus sudah didukung screen mirroring.

Seperti kita ketahui tidak semua perangkat televisi sudah mendukung mirroring, maka sebagai alternatif menonton Mola TV tidak bisa mirroring bisa dengan menggunakan STB atau TV Box Android yang support Mola.

Aplikasi Mola TV hanya support untuk perangkat yang berbasis Android, sedangkan Mola for Android TV hanya bisa digunakan di beberapa perangkat saja. Selain Smart TV dari Polytron, Mola for Android TV hanya bisa digunakan pada STB Indihome saja. Bagi pengguna STB Huawei dan ZTE B86OH bisa memasang Mola TV di Indihome melalui Usee Store Apps, sementara buat pengguna Android TV atau STB jenis lain masih belum bisa.

Cara Menonton Mola TV Live di Android TV

Cara Menonton Mola TV Live di Android TV

Menonton Mola TV di televisi atau Android TV tidak bisa mirroring, ada cara lain yang bisa dilakukan. Disini hanya dibutuhkan aplikasi Mola TV versi mobile dengan sedikit trik, pertama-tama siapkan aplikasi yang dibutuhkan untuk menunton Mola TV tidak bisa mirroring, aplikasinya adalah sebagai berikut :

  • Aplikasi Mola TV versi terbaru
  • Aplikasi Set Orientation
  • Bluetooth Keyword dan Mouse (opsional)

Setelah semua aplikasi di download, selanjutnya ikuti langkah-langkah berikut ini untuk menonton Mola TV yang tidak bisa mirroring, yaitu sebagai berikut :

1. Memasang Set Orientation di Android TV

Unduh kemudian pasang aplikasi Set Orientation, Set Orientation merupakan aplikasi untuk menyesuaikan orientasi aplikasi mobile yang tidak support untuk Android TV. 

Setelah selesai, langsung buka aplikasinya. Tekan tanda dropdown, lalu pilih Landscape. Efeknya adalah perangkat secara otomatis akan mengubah orientasi aplikasi menjadi landscape.Tanpa Set Orientation, tampilan Mola TV mobile akan miring ke kiri.

2. Memasang Mola Mobile di Android TV

Download dan pasang aplikasi Mola TV di Android TV, saat aplikasi dibuka orientasi akan otomatis menyesuaikan layar TV kamu.

3. Memasang Bluetooth Keyword & Mouse di Ponsel

Karena aplikasi Mola TV mobile tidak bisa dikontrol dengan remot, sehingga membutuhkan mouse, bisa menggunakan mouse USB atau mouse wireless jika memungkinkan.

Atau sebagai alternatif bisa dengan memasang aplikasi Bluetooth Keyboard & Mouse di HP, berikut langkah-langkahnya :

  • Jalankan aplikasi Bluetooth Keyboard & Mouse
  • Setelah itu Bluetooth HP akan otomatis terbuka dan memindai perangkat bluetooth yang tersedia di sekitar
  • Selanjutnya Pilih perangkat TV kamu, lalu tekan Connect
  • Kemudian Setelah proses pairing berhasil, tekan Use this Device dari aplikasi

Maka Mouse toggle muncul di layar TV, untuk menjalankanya tinggal menggerakkan jari di layar HP sebagai navigasi atau untuk mengarahkan mouse.

4. Login Akun Mola

Sebelum masuk ke akun Mola, pastikan terlebih dahulu untuk sudah berlangganan paket Mola, setelah itu baru login ke aplikasi agar bisa mengakses semua konten dan fitur Mola. Caranya sebagai berikut :

  • Pertama masuk kemenu profil disudut kanan bawah, kemudian klik login
  • Kemudian masukan email dan password
  • Selesai, sekarang sudah bisa menonton Mola TV di layar televisi.

Untuk mencoba beberapa konten gratis dari Mola TV, silahkan masuk ke menu Sport > Sepak bola > Timnas Indonesia > lalu pilih Highlight pertandingan atau jadwal live jika ada. Lalu tekan tombol Play maka video akan ditampilkan secara otomatis full screen.

Kelebihan dan Kekurangan Live Streaming Mola TV

Kelebihan dan Kekurangan Live Streaming Mola TV

Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan menonton Mola TV menggunakan cara diatas :

Kelebihan :

  • Hanya perlu berlangganan paket mobile, jadi akan lebih murah
  • Bisa menonton dilayar besar, pada semua jenis android TV
  • Tampilan yang disajikan seperti memakai Mola di tablet Android

Kekurangan :

  • Mola TV mobile cukup berat, jadi perangkat harus mumpuni
  • Tampilan full screen dari video tidak penuh layar
  • Karena menggunakan mouse, kontrol jadi kurang leluasa

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai Mola TV tidak bisa mirroring yang bisa teknisitv bagikan semoga bisa bermanfaat dan membantu serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini.

Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *