Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Nex Parabola Tidak Ada Sinyal

2 min read

Nex Parabola Tidak Ada Sinyal
Advertisements

Nex Parabola Tidak Ada Sinyal – Nex Parabola yang tidak ada sinyal merupakan sebuah kondisi dimana gelaombang elektromagnetik yang dipancarkan oleh satelit tidak masuk atau tidak sampai pada perangkat penerima/televisi, sehingga gambar serta suara tidak bisa ditampilkan atau muncul dilayar televisi.

Hal seperti ini yaitu parabola tidak ada sinyal, umum atau pasti pernah dialami oleh para pengguna Nex Parabola. Beberapa kasus seperti ini biasanya tidak perlu penanganan, hanya perlu dibiarkan saja maka sinyal akan muncul kembali. Namun sebaliknya, ada juga yang membutuhkan penanganan lebih lanjut dengan cara mengidentifikasi penyebab masalahnya terlebih dahulu supaya bisa dilakukan perbaikan secara menyeluruh.

Nex Parabola merupakan salah satu TV berlangganan yang sekaligus sebagai pengelola Matrix dan juga bekerjasama dengan Mola, itu bisa dilihat dari receiver Matrix yang sekarang sudah ada perubahan. Misalnya pada Nex garuda hijau khusus untuk jalur Ku Band dan juga Mola yang menjadi mola nex parabola (dengan dus berwarna hitam).

Advertisements

Terlepas dari itu semua, masih banyak orang yang kebingungan mengenai penyebab dari Nex Parabola tidak ada sinyal atau penyebab sinyal hilang pada Nex Parabola. Untuk mengatasi permasalahan Nex Parabola tidak ada sinyal perlu dilakukan pengecekan terlebih dahulu, sebab banyak faktor yang bisa menyebabkan sinyal hilang. Maka dari itu di kesempatan kali ini teknisitv akan memberikan informasi tentang hal tersebut, yaitu langkah-langkah pengecekan Nex Parabola tidak ada sinyal.

Nex Parabola Tidak Ada Sinyal

Nex Parabola Tidak Ada Sinyal.

Sedikit telah disinggung diatas bahwa untuk mengatasi tidak ada sinyal diperlukan pengecekan terlebih dahulu agar dapat mengetahui penyebab tidak adanya sinyal. Berikut langkah-langkah pengecekan yang perlu dilakukan :

1. Upgrade OTA Nex Parabola

Salah satu penyebab Nex Parabola tidak ada sinyal adalah karena telah dilakukan update OTA, bagi para pengguna lama Nex Parabola tentu hal ini sudah tidak asing lagi. Namun bagi para pengguna baru, tentu saja ini menjadi hal yang baru. Beberapa orang menganggap upgrade OTA bisa menyebabkan berbagai masalah seperti hilang sinyal, mode boot dan lain-lain.

2. Cek Kualitas Sinyal

Kemudian yang perlu dilakukan adalah melakukan pengecekan intensitas dan kualitas sinyal transponder (bisa dicek melalui menu setting). Disitu bisa dilihat berapa persen kualitas sinyal yang ditangkap, jika kurang dari 50% berarti kesalahan ada pada antena (bergeser). Untuk solusinya silahkan lakukan repointing ulang sampai sinyak tertangkap maksimal, namun jika kualitas sinyal tidak ada sama sekali parlu dilakukan pengecekan selanjutnya.

3. Konektor Antena Nex Parabola

Periksa konektor antena yang terletak di belakang receiver, pastikan tidak longgar serta terpasang dengan baik.

4. Cek Kabel

Periksa secara telitiseluruh kabel, apakah ada yang putus dan periksa juga sambungan kabel, lalu sambung ulang. Sebab kabel juga bisa jadi penyebab hilangnya sinyal.

5. Periksa Konektor LNB

Cek semua konektor yang terhubung ke LNB, apakah masih dalam kondisi baik atau sudah longgar.

6. LNB

Periksa LNB apakah masih bagus atau sudah mati, penyebab LNB mati bisa karena adanya penurunan fungsi dari salah satu komponen mesin. Untuk mengetahui sebuah LNB mati bisa dilihat dari kualitas sinyal dibawah 50/40% pada kondisi arah antena sudah benar.

7. Pointing

Setelah dilakukan seluruh pengecekan seperti diatas namun sinyal masih belum muncul juga, silahkan coba lakukan pointing ulang dengan cara menggeser antena parabola kearang utara-selatan atau bawah keatas.

8. Receiver Rusak

Jika sudah dilakukan pointing namun belum ada perubahan, bisa dicoba untuk mengganti receiver dengan yang berbeda, kalau ternyata setelah diganti sinyal muncul berarti bisa dipastikan penyebab Nex Parabola tidak ada sinyal karena receiver rusak.

Nex Parabola Tidak Ada Sinyal Karena Upgrade OTA

Nex Parabola Tidak Ada Sinyal Karena Upgrade OTA

Untuk melindungi berbagai kontennya dari pembajakan, Nex Parabola melakukan berbagai usaha untuk memutakhirkan sistemnya. Dengan adanya pemuktahiran sistem yang dilakukan oleh Nex Parabola berimbas juga pada receiver penerimaan siaran Nex Parabola, dimana receiver juga harus diupgrade softwarenya supaya bisa mengikuti sistem terbaru yang dipakai.

Upgrade OTA

Untuk menguprade software ke receiver pengguna/konsumen, pihak Nex Parabola memakai sistem OTA. Dengan sistem OTA, software receiver akan secara otomatis terupgrade sebab software dikirim melalui satelit. Untuk yang ketinggalan upgrade OTA, dapat mendownload software terbaru yang dirilis Nex Parabola di situs resmi Nex Parabola.

Berbeda dari upgrade OTA terdahulu yang bisa menyebabkan mode on kalau terjadi gagal upgrade, OTA yang baru ini dibuat lebih ramah lingkungan serta tidak mengakibatkan mode on.

Resiko OTA Model Terbaru

Meskipun model OTA terbaru ini tidak menyebabkan mode on ketika gagal OTA, namun tetap saja memiliki resiko atau kelemahan. Beberapa resiko atau kelemahannya yaitu Nex Parabola tidak ada sinyal dan urutan channel jadi berubah atau tidak sesuai seperti semula. Hal tersebut disebabkan karena list channel default urutan angka 1 dan seterusnya masuk ke list channel telkom 4, hal ini mengakibatkan parabola mini siaranya tidak ada sinyal. Untuk parabola besar juga tidak ada sinyal, namun itu karena settingan port switch yang tidak sesuai.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai Nex Parabola tidak ada sinyal yang bisa teknisitv bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini.

Advertisements
Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *