Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Penyebab TV Gambarnya Setengah

3 min read

Penyebab TV Gambarnya Setengah dan Cara Mengatasinya

Penyebab TV Gambarnya Setengah – Permasalahan atau kerusakan sebuah perangkat televisi tentunya tidak hanya satu macam, melainkan bervariasi. Salah satunya yaitu layar menampilkan gambar hanya setengah saja. Kerusakan gambar setengah inipun bervariasi, ada yang disertai garis garis, gambar setengah kebawah, dan ada juga yang menampilkan gambar setengah keatas.

Masalah seperti ini tidak hanya pada TV tabung saja, melainkan juga pada TV jenis LCD maupun LED. Penyabab kerusakanya pun berbeda antara TV jenis tabung dengan jenis LCD. Sama seperti TV hanya menampilkan GAMBAR BIRU. Selain itu kerusakan seperti ini juga bisa terjadi pada semua merk TV seperti Samsung, Polytron, LG, Sanyo, Sharp dan juga yang lainya.

Mungkin ada sebagian atau bahkan banyak yang belum mengetahui penyebab kerusakan TV menampilkan gambar hanya sebelah saja. Baik itu penyebab kerusakan TV gambarnya sebelah pada televisi jenis tabung maupun penyebab kerusakan gambar sebelah pada jenis TV LCD maupun LED.

Oleh sebab itu di artikel kali ini teknisitv akan mencoba membagikan atau lebih tepatnya berbagi pengalaman tentang penyebab TV gambarnya setengah. Baik itu penyebab TV gambarnya sebelah pada TV tabung maupun TV LCD. Untuk lebih jelasnya simak pembahasan lengkapnya dibawah ini.

Penyebab TV Gambarnya Setengah dan Cara Mengatasi

Penyebab TV Tabung Gambarnya Setengah

Penyebab TV Tabung Gambarnya Setengah

Pada TV jenis tabung biasanya tampilan gambar bisa setengah keatas dan bisa juga kebawah. Terkadang ada juga yang disertai garis garis, tetapi walaupun berbeda beda biasanya penyebabnya sama. Penyebab kerusakan seperti ini biasanya karena tegangan supplay di bagian vertikal tidak sampai ke IC, utamanya pada bagian plus (+).

Pada dasarnya supplay tegangan berasal dari Flyback tepatnya (-12) dan (+12) Volt. Dimana tegangan vertikal itu disupplay dengan tegangan simetris. Bisa dicoba dengan langsung mengganti dioda IN4007 dengan yang normal. Supaya lebih yakin, ukur dioda tersebut dengan menggunakan multitester digital atau jarum.

Penyebab TV LCD Gambar Setengah

Penyebab TV LCD Gambar Muncul Setengah

Sedangkan penyebab kerusakan gambar setengah pada TV jenis LCD, biasanya karena terjadi masalah pada IC COF, yang mengakibatkan IC tidak bekerja sebagaimana mestinya. IC COF ini terletak pada bagian samping panel LCD, dimana jumlahnya ada 4 buah yang jika salah satu atau semuanya tidak bekerja akan mengakibatkan kerusakan pada gambar. Hal ini bisa terjadi akibat jalur IC terputus.

Oleh karena itu, berarti harus segera menyambung kembali jalur yang putus tersebut. Untuk mengetahui letak jalurnya, bisa dilakukan dengan membuka plastik pembungkus yang terpasang pada sekeliling IC COF. Kemudian ukur keempat IC tersebut hingga menemukan IC yang rusak. Caranya yaitu dengan membandingkan tegangannya, kalau ada yang berbeda dari yang lain berarti kemungkinan bagian itu yang rusak.

Cara Mengatasi Gambar Setengah Pada TV

Cara Mengatasi Gambar Setengah Pada TV

Cara mengatasi TV gambar setengah, pertama yang bisa dilakukan adalah memerksa komponen atau bagian, diantaranya meliputi

  • Periksa solderan komponen. Gunanya adalah untuk mengetahui mungkin saja ada beberapa komponen yang solderanya sudah retak atau bahkan sudah lepas, khususnya pada bagian vertikal. Solderan lepas merupakan penyakit yang umum terjadi pada televisi, apalagi pada televisi yang baru pertama kali servis.
  • Periksa juga kondisi komponen. Komponen yang rusak bisa dilihat dari fisik komponen itu sendiri, ciri cirinya yaitu komponen terlihat seperti retak, kembung, atau hangus.
  • Lakukan pengukuran pada komponen. Selain dari fisik kerusakan komponen dapat diketahui secara lebih akurat dan pasti jika dilakukan pengukuran dengan menggunakan alat ukur.
  • Pengecekan tegangan. Mengetahui tegangan kerja komponen dengan cara melakukan pengukuran tegangan pada tiap tiap komponen dapat mempermudah dalam pencarian komponen yang rusak atau mengetahui sumber penyebab dari terjadinya kerusakan.
  • Penggantian komponen. Langkah yang terakhir untuk mengatasi kerusakan adalah mengganti komponen yang diduga ataupun positif rusak.

Sebagai contoh cara mengatasi TV gambar setengah yang terjadi pada TV Polytron U slim ps14u03g, ini juga berlaku pada TV Polytron layar datar flat atau model layar cembung. Setelah dilakukan langkah pemeriksaan didapat hasil sebagai berikut.

  1. Terdapat beberapa bagian solderan yang retak tapi tidak sampai terlepas. Biarpun kaki komponen tidak sampai lepas, langkah perbaikan tetap perlu dilakukan. Setelah dilakukan penyolderan ulang seluruh kaki kaki komponen tetapi tampilan gambar masih setengah, berarti penyebab bukan karena solderan kaki komponen yang retak. Lanjut ke langkah selanjutnya.
  2. Selanjutnya periksa semua kondisi komponen, utamanya bagian vertikal dan ditemukan bahwa kondisi elco C417 470UF 25 volt dalam kondisi kembung alias melar. Perlu untuk diketahui elco yang kembung belum pasti rusak, tetapi merupakan tanda tanda awal kerusakan elco. Dilangkah ini sebenarnya sudah bisa dilakukan uji coba langsung yaitu dengan mengganti komponen tersebut, dalam hal ini adalah elco yang kembung. Namun supaya sesuai dengan lalngkah perbaikan, maka lakukanlah pengukuran komponen agar mengetahui kondisinya.
  3. Mengukur komponen yang diduga bermasalah dari hasil setelah melakukan peweriksaan fisik di dapat bahwa elco yang kembung C517 mengalami penurunan kapasitas yang jauh dari nilai normalnya setelah diukur dengan esmeter.
  4. Pengukuran tegangan ketika kondisi elco yang kembung masih terpasang, tegangan supplay masih terukur normal. Pada D405 terukur +12,8volt dan D407 terukur -12,8volt. Jadi meski kondisi elco sudah kembung, hasil ukur tegangan ini tidak bisa dijadikan tolak ukur pencarian kerusakan . Sebab tegangan masih terukur normal. Berbeda dengan elco yang kering atau tidak ada kapasitas sama sekali, sehingga tegangan akan drop
  5. Mengganti komponen yang rusak setelah melakukan uji pengukuran komponen dan pemeriksaan secara fisik dimana ditemukan komponen C417 dalam kondisi kembung dan kapasitasnya menurun, maka langkah selanjutnya yaitu mengganti komponen tersebut. Ganti elco menggunakan kualitas yang lebih baik, agar lebih tahan lama.. Bisa menggunakan nilai yang sama yaitu 470uf 25volt atau lebih besar misalnya 1000uf 25volt. Namun diperlukan rekayasa posisi penempatan elco dalam mengupgrade nilai komponen, sebab tempat elco sangat terbatas.

Setelah elco diganti, hasilnya gambar televisi Polytron bisa penuh atau normal kembali. Untuk mengantisipasi kerusakan berikutnya. Selain mengganti elco C417 sebagai filter tegangan +12volt, lebih baik lagi jika mengganti juga elco filter tegangan -12volt C413 470uf 25volt.

Akhir Kata

Kesimpulan dari pembahasan tentang penyebab TV gambarnya setengah yaitu ada banyak aspek atau hal yang dapat memyebabkan TV gambarnya setengah yang bisa dikenali dengan membaca artikel diatas. Mungkin itu saja yang bisa teknisitv bagikan semoga bisa bermanfaat.

Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *