Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Penyebab TV LED Berubah Warna

2 min read

Penyebab TV LED Berubah Warna

Penyebab TV LED Berubah Warna – Memiliki televisi baru tentu berbeda dengan televisi yang sudah lama, televisi baru tentu saja akan menampilkan warna yang lebih cerah, akurat serta bis diatur sesuai dengan fitur yang tersedia pada televisi.

Namun dengan lamanya pemakaian tentu akan bisa terjadi kerusakan, dari berbagai jenis kerusakan yang paling umum terjadi yaitu hilangmya warna atau berubah warna yang ditampilkan pada layar televisi.

Pada beberapa kasus kerusakan televisi berubah warna atau warna televisi tidak normal terkadang didominasi warna khusus misalnya dominan biru, hijau, merah atau gabungan dari ketigannya.

Untuk itu pada kesempatan kali ini teknisitv akan membahas mengenai hal tersebut, yaitu TV LED yang berubah warna. Jadi bagi yang sedang kebingungan atau sedang menemui permasalahan tersebut bisa simak penjelasan lengkapnya dibawah ini.

Penyebab TV LED Berubah Warna

Beberapa Penyebab Perubahan Warna Pada TV LED

Beberapa Penyebab Perubahan Warna Pada TV LED

Salah satu indikasi televisi mengalami kerusakan yaitu warna gambar dilayar televisi berubah warna atau warna TV menjadi tidak normal. Pada televisi jenis LCD dan LED permasalahan yang sering ditemui mengenai kerusakan warna yaitu warna yang memudar, selain itu masalah lainnya yaitu seperti TV warna dominan biru, dominan merah, dominan hijau.

Walaupun tayangan gambar normal serta tidak ada perubahan, tetapi kerusakan warna ini cukup mengganggu pada saat melakukan kegiatan menonton televisi. Banyak dari para pengguna yang mengira kerusakan warna ini hanyalah pengaturan saja, tapi sebenarnya hal tersebut bisa saja disebabkan oleh hal hal lain yang mengakibatkan kerusakan atau perubahan warna pada televisi. Beberapa penyebab itu adalah :

1. Module T Con dengan IC AS15

Module T Con dengan IC AS15

Permasalahan perubahan warna TV LED sering terjadi pada televisi keluaran tahun tertentu, dimana pada televisi keluaran tahun tersebut masih menggunakan module T Con dengan IC AS15.

Tipe seperti ini adalah tipe sebuah IC voltage buffer, jadi jika tegangan keluaran dari IC AS15 tidak sesuai dengan yang dibutuhkan oleh panel LED akan mengakibatkan tampilan pada layar LED akan pudar, cenderung putih.

Karena kelemahannya yang cepat rusak mengakibatkan televisi keluaran baru sekarang ini jarang atau tidak lagi menggunakan IC tipe ini.

2. Mainboard

Mainboard

Pada kasus lainnya perubahan warna televisi yang berubah menjadi domonan biru bisa disebabkan karena ada kerusakan pada mainboard nya.

Mainboard atau juga disebut motherboard merupakan papan utama yang didalamnya terdapat komponen komponen serta chip controller, yang mana komponen tersebut bertugas atau sebagai pengatur lalu lintas data dalam sistem mainboard. Dengan kata lain mainboard merupakan pusat pengendali yang mengatur kerja dari seluruh komponen pada sebuah perangkat televisi.

3. Pengaturan Remote

Pengaturan Remote

Kerusakan warna bisa terjadi karena salah dalam menerapkan pengaturan pada bagian remote atau tanpa sadar menekan tombol yang salah pada remot sehingga mengakibatkan perubahan warna pada televisi.

Cara Mengatasi Warna TV Yang Berubah

Solusi Mengatasi Warna TV Yang Berubah

Berikut ini merupakan solusi mengatasi warna televisi yang berubah menurut penyebabnya :

1. Mengatasi Warna Pudar Akibat Module T Con Dengan IC AS15

Seperti yang sudah dibahas diatas bahwa module T Con dengan IC AS15 merupakan jenis IC yang digunakan pada televisi keluaran lama. Jadi untuk mengatasinya yaitu dengan cara melakukan penggantian IC.

2. Mengatasi Mainboard Yang Rusak

Langkah pertama yaitu perikasa kabel LVDS dari mainboard yang menuju controller board, pastikan tidak ada kabel yang longgar. Cabut kabel dan kemudian pasang kembali dengan tepat dan benar.

Setelah itu periksa sambungan solder pada konektor kabel ke board dan reset FPCB dari controller board ke driver board.

3. Warna Rusak Akibat Pengaturan Remote

Berikut cara atau langkah memperbaiki kerusakan warna pada televisi akibat pengaturan remote yang salah :

  • Pertama tekan tombol menu pada remot.
  • Kemudian pilih opsi pencarian manual, dengan menggunakan tombol panah atas bawah sebagai navigasi.
  • Selanjutnya tekan enter, lalu pilih opsi sistem warna.
  • Terakhir pilih atau ubah sistem dari NTSC menjadi PAL.
  • Warna akan kembali normal, tekan exit untuk keluar.

Akhir Kata

Demikian artikel singkat dari teknisitv mengenai penyebab TV LED berubah warna, semoga bisa membantu dan bermanfaat. serta bisa menambah wawasan bagi para pembacanya.

Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Apa Itu TV Analog

Budi
2 min read

Modif Panel LG ke Polytron

Budi
2 min read

Receiver Tanaka

Budi
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *