Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Penyebab TV Tidak Merespon Remot

3 min read

Advertisements

Penyebab TV Tidak Merespon Remot – Setiap pembelian perangkat televisi baru, tentunya disertai dengan sebuah remot sebagai satu paket pembelian. Nantinya remot ini digunakan untuk mengontrol televisi dari jarak jauh, dengan tujuan untuk memudahkan pengguna dalam melakukan berbagai pengaturan pada TV, dantaranya seperti mengganti saluran, menambah dan mengurangi volume serta pengaturan lainnya.

Dengan melihat fakta diatas, dapat disimpulkan bahwa keberadaan remot menjadi sangat penting dan juga tidak dapat dipisahkan dalam kegiatan menonton televisi. Sebab jika tidak ada remot pastinya akan merepotkan ketika akan mengganti saluran atau pengaturan lainnya karena untuk melakukan berbagai pengaturan tersebut haruslah menekan tombol panel yang ada di TV.

Tapi namanya sebuah barang, entah itu karena usia pemakaian atau sebab lain pasti akan mengalami permasalahan, termasuk pada remot TV. Banyak permasalahan yang biasanya terjadi pada remot TV, salah satunya yaitu TV tidak merespon remot karena remot TV tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Lalu apakah penyebab TV tidak merespon remot?

Advertisements

Nah untuk menjawab pertanyaan tersebut, di kesempatan kali ini teknisitv akan memberikan informasi seputar permasalahan tersebut yaitu penyebab TV tidak merespon remot. Jadi bagi yang ingin mengetahui atau sedang mencari informasi tentang hal ini, simak ulasan lengkap dari teknisitv mengenai penyebab TV tidak merespon remot berikut ini.

Penyebab TV Tidak Merespon Remot

Pada sebuah perangkat televisi dan remot pastinya sudah dilengkapi sensor sebagai media komunikasi antar kedua perangkat. Normalnya TV akan merespon setiap perintah dari remot melalui sensor tersebut. Namun terkadang ada kasus permasalahan dimana TV tidak merespon perintah yang dikeluarkan remot.

Jika hal tersebut terjadi, permasalahan bisa jadi ada pada TV maupun pada remot. Ada beberapa penyebab yang bisa mengakibatkan permasalahan seperti ini, berikut penjelasanya untuk anda :

1. Penyebab TV Tidak Merespon Karena Masalah di Remot

Dari beberapa kasus yang ditemui, sebagai penyebab TV tidak merespon remot adalah karena adanya permasalahan pada remot TV. Berikut beberapa permasalahan pada remot sebagai penyebab televisi tidak merespon perintah remot :

Baterai Remot Habis

Agar remot TV dapat berfungsi, sebagai sumber daya umumnya remot memakai baterai AA. Jadi jika remot telah kehilangan pasokan daya alias baterai telah habis, maka remot tidak akan berfungsi.

Untuk mengetahui apakah baterai remot telah habis, lakukan pengukuran memakai multitester. Atau dengan cara memindahkan baterai remot ke perangkat lain, jika perangkat lain tersebut juga tidak bisa berfungsi berarti menandakan baterai sudah habis. Sebaliknya jika ternyata perangkat lain tersebut berfungsi menandakan baterai masih ada dan permasalahan remot bukan pada baterainya.

Masalah Pada Sensor Remot

Sensor remot bermasalah juga dapat sebagai penyebab kenapa TV tidak merespon remot, sebab remot tidak bisa berfungsi atau tidak dapat mengirimkan sinyal perintah ke sensor TV.

Mengecek remot apakah masih berfungsi atau tidak dapat dengan bantuan kamera HP, caranya yaitu dengan tekan salah satu tombol di remot lalu arahkan ke kamera ponsel. Jika pada layar ponsel muncul/terlihat cahaya menandakan sensor masih berfungsi dengan baik, sebaliknya jika tidak muncul cahaya di layar ponsel berarti sensor rusak.

Remot TV Terkunci

Remot yang secara tidak sengaja terkunci bisa juga menjadi penyebab televisi tidak merespon perintah remot. Secara fisik mungkin remot akan terlihat tidak ada masalah namun ketika digunakan untuk berpindah saluran tidak bisa berfungsi, hal ini bisa jadi karena remot TV terkunci.

Besi Penghantar Baterai Berkarat

Besi penghantar berkarat juga bisa sebagai penyebab televisi tidak mau merespon remot, jadi pastikan baterai terhubung dengan baik sehingga tegangan bisa mengalir ke mesin remot.

Periksa besi penghantar, dengan usia pakai lama bisa jadi besi berkarat sehingga mengakibatkan tidak bisa menghantarkan arus dengan baik. Untuk mengatasi besi berkarat bisa dengan menggantinya dengan yang baru.

Sensor Remot Terhalangi

Penyebab TV tidak merespon remot juga bisa karena sensor remot terhalangi, sehingga sinyal perintah remot tidak sampai ke sensor pada TV. Sensor terhalangi bisa jadi karena adanya kotoran, isolasi, bekas cat dan lainnya pada sensor remot. Mengatasinya dengan cara membersihkan penghalang tersebut sehingga sinyal tidak lagi terhalangi.

Kode Remot Salah

Salah memasukan kode remot juga dapat menjadi penyebab TV tidak merespon perintah remot, ini berlaku pada TV yang menggunakan remot universal sebagai pengganti remot bawaan yang rusak. Seperti kita ketahui pemakaian remot universal agar bisa berfungsi layaknya remot bawaan, terlebih dahulu harus dilakukan pengaturan dengan cara memasukan kode remot yang sesuai dengan merk TV.

Jadi jika salah memasukan kode, bisa dipastikan remot tidak akan bisa berfungsi. Jika sudah begitu cara mengatasinya yaitu dengan setting ulang remot menggunakan kode remot yang sesuai/cocok.

2. Penyebab TV Tidak Merespon Karena Masalah di Perangkat Televisi

Advertisements

Setelah melakukan pemeriksaan pada remot dan ternyata remot TV dalam kondisi baik, artinya remot TV berfungsi sebagaimana mestinya, kemungkinan besar letak permasalahan ada pada perangkat televisi. Ada beberapa hal yang bisa terjadi pada televisi sebagai penyebab televisi tidak merespon remot, yakni sebagai berikut :

Sensor TV Terhalangi

Sensor TV yang terhalangi tentunya tidak akan dapat menerima sinyal dari sensor remot, sehingga sinyal perintah tidak dapat direspon oleh TV. Jadi pastikan antara kedua sensor tersebut yaitu sensor remot dan TV tidak ada benda atau apapun yang menghalangi, sehingga sinyal perintah dari remot dapat diterima dengan baik oleh sensor TV.

Sensor TV Rusak

Sensor TV yang rusak bisa dipastikan menjadi penyebab TV tidak merespon perintah remot. Kerusakan sensor TV dapat berupa solderan yang kendor sehingga tidak terhubung dengan sempurna. jika sudah begitu segera lakukan penyolderan ulang agar bisa terhubung sempurna lagi.

Terdapat IC Yang Rusak

Penyebab TV tidak merespon remot juga dapat terjadi karena adanya IC pada perangkat TV yang rusak, biasanya komponen tersebut letaknya berada dekat dengan sensot TV atau yang memilii fungsi berkaitan.

Selain itu IC program yang bermasalah dapat juga menjadi penyebab permasalahan seperti ini, jika hal itu terjadi segera lakukan penggantian IC dengan yang baru atau masih berfungsi dengan baik.

Akhir Kata

Demikian pembahasan yang bisa teknisitv bagikan mengenai penyebab TV tidak merespon remot, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini.

Advertisements
Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *