Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Perbedaan Smart TV dan Android TV

2 min read

Advertisements

Perbedaan Smart TV dan Android TV – Menonton televisi menjadi salah satu sarana berkumpul bersama keluarga dirumah, untuk itulah mengapa sebagai produk elektronik rumah tangga televisi wajib ada pada setiap rumah. Namun karena sekarang ini banyak sekali merk dan jenis televisi yang dijual dipasaran membuat beberapa orang kebingungan dalam memilih televisi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan.

Dari sekian banyaknya jenis televisi, AndroidTV dan Smart TV saat ini menjadi yang paling banyak diminati dikalangan masyarakat. Hal tersebut tentu saja karena keduanya dilengkapi dengan fitur-fitur canggih untuk memenuhi semua kebutuhan para penggunanya. Pengetahuan mengenai perbedaan Smart TV dan Android TV menjadi penting dalam menentukan televisi apa dan mana yang ingin di beli sebagai sarana hiburan bersama keluarga di rumah.

Memahami perbedaan mendasar diantara keduanya bagi sebagian orang memang cukup sulit, apalagi bagi orang yang kurang paham tentang teknologi. Bahkan terkadang beberapa orang menganggap atau tidak memperdulikan mengenai perbedaan tersebut dan yang terpenting bagi mereka adalah televisi dapat menampilkan gambar tayangan dengan baik saja sudah cukup. Lalu apakah perbedaan Smart TV dan Android TV?

Advertisements

Perbedaan Smart TV dan Android TV menjadi pembahasan teknisitv kali ini sebagai bahan informasi atau acuan dalam memilih televisi. Jadi sebelum memutuskan membeli diantara keduanya, dengan membaca artikel ini dan artikel mengenai REKOMENDASI SMART TV MURAH TERBAIK 2021 dari teknisitv diharapkan Anda sudah bisa mengetahui perbedaan sekaligus menentukan televisi apa dan mana yang akan dibeli. Biar tidak penasaran langsung saja simak ulasan dari teknisitv tentang perbedaan kedua jenis televisi tersebut berikut ini.

Perbedaan Smart TV dan Android TV

Memang jika dilihat antara Smart TV dan Android TV, keduanya memang sangatlah mirip dan terlihat sama, bahkan ada beberapa orang beranggapan bahwa AndroidTV adalah jenis Smart TV. Namun jika dilihat secara lebih detail, kedua jenis televisi ini memiliki beberapa perbedaan, nah adapun perbedaan antara kedua jenis televisi tersebut adalah sebagai berikut :

1. Perbedaan Smart TV dan Android TV Dari Sistem Operasinya

Perbedaan yang pertama bisa dilihat melalui sistem operasi yang digunakan, dimana sistem operasi yang dipakai di Smart TV memakai program bawaan OS berbasis Linux yang dapat terhubung ke internet. Hal tersebutlah mengapa Smart TV sebagai produk teknologi canggih dan dikenal dengan istilah televisi internet.

Sedangkan Android TV merupakan sebuah perangkat yang pertama kali oleh Google, dimana sistem operasi yang digunakan yaitu berbasis Android seri Marshmallow, Nougat dan lain sebagainya.

2. Perbedaan Dilihat Dari Fiturnya

Kemudian perbedaan kedua terdapat pada fitur yang dimilikinya, dimana pada Smart TV cenderung memiliki kapasitas fitur lebih sedikit dibanding dengan Androit TV, penggunaanya rata-rata hanya ada fitur streaming, bermain game online dan browsing. Kemudian jika ingin menambah aplikasi atau layanan haruslah mengganti televisi, karena pada Smart TV sistem operasi yang dipakai tidak bisa di upgrade.

Hal ini berbeda dengan Android TV yang mampu mengunduh serta memperbarui aplikasi dengan jumlah yang banyak, hanya dengan menghubungkanya dengan Google Play Store maka semua aplikasi bisa dengan mudah diupgrade maupun diunduh. Selain itu Andoid TV juga sudah dilengkapi fitur Google Assistant dan Google Cast, dimana melalui Google Cast ini dimungkinkan Android TV dapat menampilkan hasil browsing dari perangkat lain seperti Smartphone maupun Laptop.

3. Perbedaan Dilihat Dari Penggunaan Remote

Perbedaan selanjutnya bisa juga terlihat dari penggunaan remote diantara keduanya, dimana karena pada Smart TV seluruh program dikemas dalam satu paket sehingga untuk menjalankan atau mengoperasikannya hanya dibutuhkan satu remote saja.

Hal ini berbeda dengan Android TV, dimana karena Android TV hanyalah perangkat sistem operasi saja sehingga ketika akan menggunakan Android TV maka diperlukan perankat lain yaitu Televisi (yang sesuai dengan sistem operasi Android TV). Kemudian selain televisi, dalam pengoperasian Android TV juga membutuhkan TV Box, dengan demikian maka dalam penggunaanya Android TV membutuhkan remote TV lebih dari satu atau minimal dua remote.

4. Perbedaan Dilihat Dari Harga

Perbedaan berikutnya kedua jenis televisi ini ada pada harga kedua perangkat tersebut, dimana meski memiliki fitur lebih banyak dibanding Smart TV namun Android TV memiliki harga yang jauh lebih murah.

Sebuah Android TV plus perangkat dengan spesifikasi tinggi dibandrol dengan harga sekitar Rp 2 jutaan, sedangkan untuk sebuah perangkat Smart TV dibandrol dengan harga berkisar antara Rp 5 juta hingga Rp 12 jutaan.

Akhir Kata

Itu dia ulasan mengenai perbedaan Smart TV dan Android TV yang bisa teknisitv bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini.

Advertisements
Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Cara Setting Parabola Tanaka

Budi
2 min read

Cara Beralih ke TV Digital

Budi
3 min read

Cara Memasang Parabola Matrix

Budi
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *