Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Perbedaan TV Analog Dengan TV Digital

2 min read

Perbedaan TV Analog Dengan TV Digital
Advertisements

Perbedaan TV Analog Dengan TV Digital – Dengan adanya kebijakan pemerintah yang akan mematikan atau switch off siaran Analog dan menggantinya dengan siaran Digital, membuat produsen perangkat televisi terus mengembangkan produknya agar dapat memberikan kepuasan dalam kegiatan sekaligus pengalaman menonton televisi.

Salah satu usaha untuk mewujudkan hal tersebut yaitu dengan menghadirkan apa yang disebut TV Digital. Bisa dibilang TV Digital merupakan pengembangan dari TV sebelumnya biasa digunakan yaitu TV biasa.

TV Digital adalah jenis televisi dimana menggunakan modulasi digital serta sistem kompresi guna menampilkan siaran sinyal gambar, suara dan data ke televisi. Modulasi dimaksud disini adalah proses perubahan suatu gelombang periodik dimana menjadikan sebuah sinyal mampu membawa sebuah informasi.

Advertisements

Terus apa perbedaan antara TV digital dengan TV analog? Untuk mengetahui perbedaan dari keduanya disini teknisitv akan memberikan informasi tentang perbedaan tersebut. Jadi biar tidak penasaran atau ingin mengetahui perbedaan tersebut, simak penjelasan lengkapnya dibawah ini.

Perbedaan TV Analog Dengan TV Digital

Perbedaan TV Analog Dengan TV Digital.

TV Analog

Secara definitif, TV Analog bisa dipahami sebuah siaran yang menggunakan kode informasi beasal dari variasi tegangan dan frekuensi sinyal yang dipancarkan. Karena masih menggunakan frekuensi sinyal dari pemancar kemudian ditangkap antena atau perangkat penerima yang terhubung ke televisi, sinyal dikirimkan itulah kemudian dikenal dengan sinyal analog. Sistem digunakan pada TV Analog adalah sistem PAL, NTSC, SECAM.

Selain itu karena TV Analog hanya mengandalkan penerimaan sinyal dengan mengkodekan informasi gambar dengan memvariasikan voltase serta frekuensi dari sinyal, hal ini juga menjadi sebab kenapa jika semakin jauh pemancar sinyal dari receiver sinyal pada TV Analog, maka kualitas gambar semakin berkurang.

TV Digital

Sedangkan pada televisi Digital sinyal dipancarkan berupa sistem siaran digital, tidak lagi berupa sinyal frekuensi analog, sehingga perangkat yang dipakai untuk menyiarkan konten dapat menstransmisikan tayangan dalam bentuk lebih stabil serta dapat dinikmati oleh masyarakat pada jangkauan area lebih luas dan tentunya dengan kualitas gambar yang jauh lebih baik.

Jadi jika dilihat dari penjelasan tersebut diatas, bisa diambil kesimpulan bahwa perbedaan paling mendasar antara keduanya terletak pada bagaimana cara keduanya menerima serta memproses sinyal hingga menjadi sebuah tayangan di TV. Selain itu ada perbedaan lain bisa diambil dari penjelasan diatas, diantaranya seperti :

1. Perbedaan Kualitas gambar

Pada TV Analog kualitas gambar terbaik didapat jika lokasi dekat dengan stasiun pemancar televisi, namun pada televisi Digital untuk mendapat kualitas gambar terbaik tidak perlu berada dekat dengan stasiun pemancar.

2. Perbedaan Sistem Transmisi Pancaran

Untuk TV Analog pancaran dimodulasikan langsung pada pembawa frekuensi, sedangkan pada TV Digital data tidak langsung dimodulasikan namunterlebih dahulu dikodekan kedalam bentuk digital kemudian baru dipancarkan.

3. Perbedaan Gangguan Siaran

Gangguan siaran berupa gambar tidak jelas saat sinyal yang diterima lemah atau terdapat satu hal yang menghambat transmisi masih bisa dialami pada TV Analog, sedangkan pada TV Digital gangguan layar yang terjadi biasanya hanya akan menampilkan satu warna dasar saja jadi tidak disertai ketidakjelasan gambar.

Kelebihan TV Digital

TV Digital

Berikut beberapa kelebihannya :

  • TV Digital menghasilkan kualitas gambar yang membuat siaran gambar jadi jernih.
  • Pada TV Digital, efek doppler dapat dikurangi ketika menerima siaran pada kondisi bergerak.
  • Efek noise dapat dikurangi jika memakai penerimaan siaran digital.
  • Banyak siaran yang dapat ditampung dalam satu paket jika memakai sinyal digital, sebab pemakaian bandwidth di TV Digital lebih kecil.

Di era serba digital sekarang ini, peralihan kesistem penyiaran digital dirasa memang sangat relevan, sebab selain karena kualitas yang ditawarkan TV Digital juga mudah dalam perawatan jaringannya.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai perbedaan TV Analog dengan TV Digital yang bisa teknisitv bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini.

Advertisements
Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Menu Service TV Sanyo

Budi
3 min read

Nusantara HD Tidak Ada Siaran

Budi
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *