Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Perbedaan TV Digital dan TV Parabola

2 min read

Advertisements

Perbedaan TV Digital dan TV Parabola – TV digital adalah jenis TV yang memakai teknologi modulasi baru dan sistem kompresi berbasis digital guna menangkap sinyal suara, gambar dan data ke perangkat televisi. Sedangkan TV parabola atau TV satelit, sistem pendukungnya memakai parabola/antena fungsinya adalah untuk menangkap sinyal dari pemancar atau sebagai radar dan untuk selanjutnya didistribusikan ke televisi guna menampilkan gambar dan suara.

Seperti kita ketahui bersama saat ini Indonesia sedang melaksanakan migrasi siaran TV analog ke digital, yang kita kenal dengan istilah ASO atau switch off dimana tahap pertama dimulai pada tanggal 17 Agustus kemarin.

Meskipun sosialisasi mengenai TV digital terus dilakukan oleh pemerintah namun masih banyak orang kebingungan atau membedakan siaran digital dengan parabola, layanan streaming TV maupun denga TV kabel berlangganan. Tidak sedikit pula beranggapan bahwa TV digital ini berbasis internet atau harus menggunakan Smart TV keluaran terbaru yang bisa tersambung keinternet, ada pula yang beranggapan TV digital menggunakan parabola atau satelit.

Advertisements

Namun sebenarnya TV digital dimaksud disini adalah siaran televisi teresterial seperti halnya TV analog saat ini, tetapi memakai frekuensi digital. Jadi televisi model lama dan antena juga masih bisa digunakan untuk menangkap siaran digital, syaratnya hanya tinggal menambahkan sebuah perangkat bernama Set Top Box. Sesuai judul artikel diatas, untuk mengetahui secara lebih detail mengenai perbedaan tersebut, simak ulasan teknisitv berikut ini mengenai perbedaan TV digital dan tv parabola.

Perbedaan TV Digital dan TV Parabola

Jauh sebelum adanya TV digital, TV parabola sudah ada terlebih dahulu. Pada TV parabola, sebagai alat penangkap sinyal dari satelit dipakai dish parabola. Hal ini sebagai salah satu perbedaan antara TV digital dan parabola, dimana pada TV digital untuk menangkap sinyal bisa memakai antena digital maupun antena biasa.

Nah untuk mengetahui lebih luas mengenai perbedaan antara keduanya, bisa dilihat pada daftar yang teknisitv tulis dibawah ini :

JENIS PERBEDAANTV DIGITALTV PARABOLA
Perbedaan PerangkatPerangkat yang digunakan TV Digital sudah dilengkapi Digital Video Broadcasting Teresterial generasi kedua (DVB-T2).Perangkat yang dipakai tidak seperti pada TV digital, artinya untuk dapat menangkap siaran digital diperlukan perangkat tambahan, yakni Set Top Box.
Perbedaan Cara KerjaStasiun TV akan memancarkan gelombang elektromagnetik termodulasi sesuai frekuensi tertentu, setelah itu sinyal diterima akan diproses receiver guna ditampilkan di layar televisi.TV Parabola menempatkan satelit penerima TV melalui parabola dan receiver digital untuk menangkap sinyal siaran dan selanjutnya ditampilkan ke layar televisi.
Perbedaan Jumlah ChannelSangat memungkinkan menyediakan jumlah channel beragam dan banyak.Mempunyai banyak channel, bahkan bisa mencapai ratusan, namun ada beberapa yang tidak mendukung karena faktor sinyal maupun hak siar.
Perbedaan Kualitas SiaranTV digital memiliki kualitas siaran lebih baik, meskipun dilokasi yang lemah sinyal.Kualitas siaran sangat dipengaruhi oleh faktor cuaca serta posisi pemasangan parabola.
Perbedaan Jangkauan SinyalPada TV digital, wilayah/daerah akan mempengaruhi kekuatan sinyalnya sebab tiap tiap wilayah memiliki kekuatan sinyal berbeda-beda.Sinyal pada TV parabola relatif lebih kuat karena jangkauan pemancar lebih luas, meskipun rentan gangguan akibat cuaca.

Perbedaan Set Top Box Digital dan Receiver Parabola

Advertisements

Jika dilihat dari fungsi dan kegunaan perangkat, STB digital dan receiver parabola adalah dua perangkat berbeda, dimana STB digital berfungsi sebagai pengolah sinyal digital yang diterima antena dari base transmitter station teresterial terdekat. Sedangkan receiver parabola berfungsi untuk mengolah sinyal sinyal digital yang diterima antena parabola dari satelit.

Dari teknologi yang digunakan, keduanya juga memiliki perbedaan, yakni jika STB digital memakai teknologi Digital Video Broadcasting Teresterial2 (DVB T2), pada receiver parabola teknologi yang digunakan yaitu Digital Broadcasting Satelite (DVB S).

Perbedaan selanjutnya antara STB digital dan receiver parabola ada pada port kabel antena yang digunakan, dimana pada receiver parabola port kabel antena memakai model ulir yang dapat dipasangkan dengan konektor RG6/RG11. Sedangkan pada STB digital port kabel antenanya memakai coaxial konektor male dan female berdampingan.

Akhir Kata

Demikian ulasan mengenai perbedaan TV digital dan TV parabola yang bisa teknisitv bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini.

Advertisements
Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *