Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Rangkaian Mixer Sederhana

2 min read

Rangkaian Mixer Sederhana

Rangkaian Mixer Sederhana – Mixer audio merupakan sebuah perangkat yang harus ada pada sebuah audio system, dimana fungsinya adalah untuk mencampur signal audio yang dihasilkan oleh perangkat eksternal agar bisa tercampur dengan baik dan bisa diatur sesuai keinginan sebelum kemudian disalurkan ke berbagai perangkat berikutnya yaitu POWER AMPLIFIER, perangkat recording dan monitor. Perangkat eksternal tersebut diantaranya adalah microphone, DVD player dan lain sebagainya.

Bukan tanpa alasan mengapa mixer dianggap sebagai unsur audio terpenting pada sebuah perangkat audio system, karena dengan adanya mixer akan sangat menentukan kualitas audio yang akan dihasilkan atau didengar melalui speaker. Kebanyakan para profesional sound system lebih memilih mixer buatan pabrik atau build up karena dianggap paling bisa memenuhi kebutuhan mereka. Namun sebenarnya semua perangkat audio system sangat menentukan suara yang akan dihasilkan, diantaranya seperti microphone, speaker bahkan hingga kabel juga bisa berpengaruh.

Namun untuk membeli sebuah perangkat mixer audio yang mempunyai kualitas bagus tidaklah murah. Tapi jangan kuatir, kita bisa kok merakit mixer audio sendiri yang tentunya dengan biaya yang jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan membeli jadi mixer audio. Karena jika merakit mixer audio sendiri, modul modul elektronik yang akan dibutuhkan banyak ditenui dipasaran dan harganyapun cukup terjangkau.

Asalkan merakit dengan benar dan juga sedikit kreatifitas, kualitas suara yang dihasilkan mixer rakitan juga tidak akan kalah dengan mixer buatan pabrik. Sesuai judul artikel diatas yaitu rangkaian mixer sederhana, pada kesempatan kali ini teknisitv akan membagikan sedikit info tentang cara merakit mixer yang benar.

Rangkaian Mixer Sederhana

Komponen Atau Bahan Bahan Yang Dibutuhkan

Komponen Atau Bahan Bahan Yang Dibutuhkan 1

Sebelum masuk ke proses perakitan sebuah mixer audio, sebaiknya persiapkan dan pahami terlebih dahulu modul atau komponen yang digunakan untuk merakit sebuah mixer audio. Berikut ini bahan bahan yang perlu dipersiapkan :

  1. Satu buah trafo 3 ampere dengan kualitas yang bagus, bisa juga memakai trafo 1 atau 2 ampere. Tapi agar supaya lebih stabil dan tidak menimbulkan dengungan sebaiknya pakai yang 3 ampere saja.
  2. Modul power supply simetris teregulasi, pakai IC seri 78xx dan 79xx.
  3. Modul mixing kontrol / konsol, banyaknya modul ini akan menentukan banyaknya channel mixer. Jadi tergantung kebutuhan akan membuat berapa channel, minimal empat channel.
  4. 1 unit modul echo, sebagai efek bawaan.
  5. Kit power amplifier mini stereo, yang digunakan untuk headphone.
  6. 3 buah modul Master mixer satu potensio
  7. Kabel yang dibungkus ground mono.
  8. 3 buah Potensio mono 50K.
  9. 1 buah IC regulator 7809, yang berguna untuk menurunkan tegangan yang menuju echo.
  10. 13 buah Resistor 47k dan 4k7.
  11. Jack mic female, disesuaikan dengan kebutuhan. Biasanya setiap modul mixing kontrol terdapat dua mono dan stereo.
  12. Jack in / out ( RCA)

Diagram Cara Merakit Modul Elektronik Untuk Merakit Sebuah Mixer

Diagram Cara Merakit Modul Elektronik Untuk Merakit Sebuah Mixer

Untuk membuat sebuah mixer audio, bisa saja dengan membeli rakitan mixer utuh yang sudah jadi atau sudah siap ditempatkan kedalam box mixer. Namun merakit sendiri mixer dengan cara merangkai atau menggabungkan beberapa modul / kit, akan bisa menghemat biaya sekaligus melatih kemampuan atau ketrampilan kita. Selain itu jika merakit mixer dari awal, kita bisa menambah channel sesuai keinginan.

Gambar Diagram Merakit Mixer Audio Sederhana

Gambar Diagram Merakit Mixer Audio Sederhana

Catatan :

  1. Rangkaian diatas tidaklah baku, jadi bisa mengubah apapun sesuai keinginan dan kreatifitas masing masing. Misal mengubah ampere trafo, mengganti potensio, menambah mixing kontrol dan lain sebagainya.
  2. Jika serasa tidak perlu, 2 buah resistor 47k bisa dihilangkan.
  3. Ketika menginginkan memakai efek dari luar misal efek reverb alesis, jalur SEND dan RETURN adalah solusinya.
  4. Potensio SEND atau RETURN merupakan potensio yang dibutuhkan untuk menyeimbangkan suara terkait efek dari luar, sedangkan potensio echo volume digunakan untuk mematikan echo bawaan pada saat menginginkan efek dari luar.
  5. IC 7809 merupakan IC tambahan, jadi tidak akan dibutuhkan jika modul echo sudah memakai IC tersebut pada rangkaiannya.
  6. Modul atau kit yang ada pada diagram tidak harus sama, artinya bisa menggunakan modul apa saja. Sesuai selera.
  7. Bisa ditambahkan modul aksesoris seperti LED VU display, inputnya bisa diambil dari output master L/R.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai rangkaian mixer sederhana yang bisa teknisitv bagikan, semoga bisa membantu dan bermanfaat serta bisa menambah wawasan bagi para pembacanya.

Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *