Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Remot TV Tidak Ada Tombol Set

1 min read

Remot TV Tidak Ada Tombol Set

Remot TV Tidak Ada Tombol Set – Keberadaan sebuah remot untuk televisi bisa dibilang sangatlah penting. Tanpa adanya remot TV akan mengurangi kenyamanan kita dalam kegiatan menonton televisi bersama keluarga. Selain itu akan sedikit menyusahkan dalam hal melakukan berbagai pengaturan seperti mengganti channel, menambah dan mengurangi volume suara serta pengaturan lainnya.

Tombol SET pada remot universal berguna dalam proses setting remot universal, yaitu untuk mengatur kode remot yang berisi kombinasi tiga digit angka. Tombol SET hanya tersedia pada remot jenis universal, misalnya saja pada remot Joker, remot Chunghop.

Ada banyak merk remot TV yang beredar di pasaran, baik itu pasar online maupun offline. Umumnya sebuah remot TV hanya bisa digunakan untuk satu merk saja sesuai dengan merk televisinya. Tetapi sekarang ini sudah ada jenis remot yang bisa digunakan di hampir semua merk TV tentunya dengan penyettingan terlebih dahulu, remot tersebut adalah remot universal.

Untuk itu sesuai dengan judul artikel diatas, di kesempatan kali ini teknisitv akan mengulas mengenai hal tersebut, tepatnya yaitu remot tidak ada tombol SET. Jadi bagi yang sedang membutuhkan dan mencari informasi tentang hal tersebut, bisa simak pembahasan lengkapnya dibawah ini.

Remot TV Tidak Ada Tombol SET

Remot TV Tidak Ada Tombol SET.

Dilihat dari jenisnya remot TV terbagi menjadi dua macam, yaitu remot TV universal dan remot TV non universal. Kedua jenis remot tersebut mempunyai fungsi serta keistimewaan masing masing. Dibawah ini merupakan penjelasan kedua jenis remot tersebut.

1. Remot TV Non Universal

Remot TV Non Universal

Untuk remot TV jenis ini bisa digunakan hanya pada satu merk TV saja, atau biasa disebut juga remot ori / remot bawaan. Misalnya pada pembelian sebuah perangkat televisi merk Samsung, Polytron, Sharp, Panasonic, LG dan lainnya maka akan diberikan sebuah remot yang sama dengan merk TVnya (tidak ada tombol SET) sebagai satu paket pembelian. Remot inilah yang disebut remot non universal.

Jenis remot TV ini tidak ada tombol SET jadi tidak perlu cara setting remote, artinya hanya bisa dipakai untuk satu merk televisi saja. Jadi jika remot non universal rusak, sebagai pengganti harus membeli remot yang sesuai dengan merk televisi tersebut. Untuk menggunakanya tidak perlu dilakukan penyettingan terlebih dahulu, artinya langsung bisa berfungsi atau dapat digunakan karena tidak ada tombol SET.

2. Remot TV Universal

Remot TV Universal

Remot jenis kedua ini bisa dibilang kebalikan dari remot yang pertama. Karena penggunaanya yang praktis serta bisa digunakan pada hampir semua merk televisi, jenis remot TV ini lebih banyak digunakan oleh masyarakat.

Tidak seperti jenis remot pertama yang tidak ada tombol SET, di remot TV jenis kedua ini terdapat tombol SET. Dimana tombol SET ini berfungsi untuk memasukan kode remot dari berbagai merk TV dalam proses pengaturan awal remot agar bisa berfungsi. Karena itulah mengapa jenis remot ini bisa digunakan untuk semua merk TV, asalkan kita tahu kode remot dari TV tersebut.

Rekomendasi untuk jenis remot universal yang bagus dan juga tahan lama serta harga yang terjangkau yaitu remot dengan merk Joker dan Chunghop.

Kesimpulan :

Untuk remot TV non universal atau tidak ada tombol SET hanya bisa berfungsi pada satu merk saja, sedangkan remot universal bisa untuk semua merk dengan cara memasuka kombinasi tiga digit angka (kode remot).

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai remot TV tidak ada tombol SET yang bisa teknisitv bagikan, semoga bisa membantu dan bermanfaat bagi yang sedang membutuhkan informasi mengenai hal tersebut. Serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini.

Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Kode Remot TV TCL Tabung

Budi
2 min read

Kode Remot TV LG LED

Budi
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *