Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Set Top Box TV Digital Terbaik

4 min read

Set Top Box TV Digital Terbaik

Set Top Box TV Digital Terbaik – Menonton televisi saat ini menjadi salah satu kegiatan bersantai serta tidak bisa dilepaskan dari kehidupan masa kini, sebab dengan menonton TV bisa menghilangkan kejenuhan setelah seharian beraktivitas. Untuk mendapatkan siaran atau channel yang beragam, beberapa orang bahkan memutuskan untuk berlangganan TV berbayar. Namun karena harga bulanannya lumayan mahal, hal tersebut terkadang menjadi kendala bagi sebagian orang, lalu apa solusinya?

Sehubungan dengan program pemerintah yang akan mematikan siaran TV analog dan menggantinya dengan siaran digital, saat ini hampir semuanya menggunakan teknologi digital. Khususnya pada penggunaan teknologi siaran televisi. Hal tersebut akan membuat siaran TV analog akan semakin ketinggalan zaman.

Berkembangnya teknologi digital sekarang ini menjadikan semua kegiatan yang kita lakukan jadi lebih mudah, termasuk juga dalam kegiatan menonton televisi. Sekarang ini hanya lewat sebuah aplikasi serta koneksi internet kita sudah bisa menonton TV.

Untuk mendapatkan siaran TV digital, saat ini sudah semakin mudah. Mulai dari berlangganan TV berbayar, TV satelit atau dengan menggunakan parangkat Set Top Box. Nah untuk yang tertarik menggunakan Set Top Box terbaik agar dapat menangkap siaran TV digital, di kesempatan kali ini teknisitv akan memberikan rekomendasi Set Top Box terbaik untuk bisa dipilih sekaligus dibeli.

Set Top Box TV Digital Terbaik

Set Top Box TV Digital Terbaik.

Diatas sedikit telah disinggung bahwa untuk mendapatkan siaran digital dengan cara berlangganan TV berbayar, akan mengeluarkan biaya bulanan lumayan mahal dan itu menjadi kendala untuk beberapa orang. Jadi solusi terbaik untuk medapatkan siaran digital yaitu dengan menggunakan perangkat Set Top Box terbaik.

Set Top Box merupakan sebuah perangkat yang berfungsi untuk menangkap sinyal saluran digital, dimana sinyal yang ditangkap ini nantinya akan dikonversi menjadi data analog lalu ditampilkan ke layar televisi. Artinya dengan menghubungkan Set Top Box TV digital ke televisi, kita dapat menonton saluran digital baik dari lokal maupun luar negri tanpa harus berlangganan TV berbayar. Kualitas gambarnyapun tidak kalah dengan TV berbayar dan pastinya lebih jernih dari siaran analog biasa. Dibawah ini merupakan daftar merk Set Top Box terbaik rekomendasi dari teknisitv.

Daftar Rekomendasi Set Top Box TV Digital Terbaik

Berikut daftar Set Top Box TV digital terbaik yang bisa teknisitv rekomendasikan :

1. SKYBOX Set Top Box DVB T2

SKYBOX Set Top Box DVB T2 2

Set Top Box TV digital terbaik pertama yaitu SKYBOX Set Top Box. SKYBOX Set Top Box merupakan sebuah perangkat dekoder DVB T2 dimana mampu menghasilkan kualitas gambar serta suara jernih dengan kualitas HD. Selain itu SKYBOX juga memiliki kompatibilitas luas, seperti cocok dipakai pada TV merk dan jenis apapun (LCD, LED, Plasma serta TV tabung). Skybox juga sudah dilengkapi dengan port USB, dimana bisa digunakan untuk merekam serta menyimpan siaran TV pada flashdisk maupun HDD eksternal. Slot USB pada skybox juga bisa dimanfaatkan untuk memutar media dari berbagai format, seperti mov, mp4, mkv, div, mpg dan lainnya. Skybox memiliki tampilan yang unik, dimana terdapat layar LED serta dilengkapi dengan performa prosesor canggih.

2. Xtreamer BIEN 3

Xtreamer BIEN 3 1

Xtreamer BIEN 3 merupakan Set Top Box TV digital terbaik selanjutnya dimana memiliki kualitas setara dengan DVD. Jadi sangat pas jika ingin menonton siaran televisi setara DVD, memilih Xtreamer BEIN 3 adalah pilihan tepat. Perangkat ini juga mampu memutar media dengan resolusi HD apapun termasuk 1080p, 720p, 578p.

Antar muka pada produk ini juga sudah menggunakan bahasa Indonesia, jadi lebih mudah dalam pengoperasian oleh siapapun, selain itu perangkat ini juga memiliki fitur time shifting (bisa melakukan pause dan rewind). Fitur lainnya pada perangkat ini diantaranya seperti parental lock, berguna untuk memblokir channel yang dirasa tidak pantas. Kemudian fitur EWS (Early Warning Sistem), berguna untuk memberitahukan informasi bencana yang terjadi disertai dukungan subtitle teleteks dan DVB.

3. AKARI ADS 210

AKARI ADS 210 1

Set Top Box TV digital terbaik berikutnya yaitu AKARI ADS 210, pada perangkat ini berbagai fitur umum dapat ditemui seperti EWS, parental control, perekaman siaran memakai flashdisk / HDD eksternal serta pemutaran media film dan musik dengan kualitas HD hingga 1080p.

Sealin itu aspek rasio yang dapat dinikmati juga sangat beragam, diantaranya seperti 16.9, 4.3 letter box dan 4.3 pan scan. Jadi sangat nyaman jika dipakai pada TV dengan ukuran berapapun. Pada Set Top Box Akari ini kija juga bisa menonton siaran yang telah lewat serta bisa mengetahui jadwal siaran hingga tujuh hari kedepan yaitu menggunakan fitur Electronic Program Guide (EPG) sehingga tidak perlu takut ketinggalan acara favorit.

4. Venus DVB T2

Venus DVB T2 1

Kemudian Set Top Box TV digital terbaik selanjutnya yaitu Venus DVB T2, menggunakan produk ini bisa jadi pilihan dalam menonton siaran TV digital karena menghasilkan gambar bersih tanpa noise dan bayangan serta menampilkan siaran digital dengan ketajaman baik. Selain itu juga juga memenuhi kebutuhan multimedia dalam berbagai resolusi film serta pada TV jenis apapun.

Pada Venus DVB T2 fitur EWS yang diusung telah bekerja sama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), jadi bisa dipastikan data yang diterima akurat. Kemudian satu hal lagi yang dimiliki produk ini yaitu ketahanan sinyal yang baik.

5. ZTE ZXV10 B760H

ZTE ZXV10 B760H 1

Satu lagi Set Top Box digital terbaik bisa jadi pilihan yaitu ZTE ZXV10 B760H, unit ini merupakan salah satu dekoder yang bisa membuat televisi biasa menjadi layaknya smart TV. Sebab pada Set Top Box ini menggunakan sistem operasi Android 4.4 KitKat dengan prosesor bawaan Quad core ARMv7 sehingga cukup andal untuk menjalankan aplikasi android. Jadi dengan unit ini bisa dilakukan berbagai aktivitas selayaknya menggunakan smartphone, seperti nonton youtube, browsing dan lain sebagainya.

6. POLYTRON Mola TV PDB M11

POLYTRON Mola TV PDB M11 1

Polytron Mola TV PDB M11 merupakan salah satu Set Top Box digital terbaik berikutnya sebab selain memiliki fitur layaknya Set Top Box pada umumnya, Polytron Mola TV PDB M11 memiliki banyak keunggulan untuk bisa dinikmati. Keunggulan itu diantaranya seperti dapat menyaksikan tayangan Liga Inggris melalui layanan On Demand, selain itu dilayanan tersebut juga dihadirkan berbagai film dengan genre umum.

Pada Set Top Box Polytron Mola TV PDB M11 terdapat 4 live channel, yaitu Mola Sport, Mola Sport 2, Mola Movies serta Mola Kids. Polytron Mola TV PDB M11 memakai sistem operasi Android sehingga memungkinkan untuk browsing, nonton youtube dan lain sebagainya.

7. Ichiko DVB T2 8000HD

Ichiko DVB T2 8000HD 1

Set Top Box digital terbaik selanjutnya yaitu Ichiko DVB T2 8000HD, unit ini hadir dengan fitur media player serba bisa. Jadi disini tidak hanya dapat menonton siaran umum saja, tetapi juga film favorit juga bisa. Pada unit ini juga terdapat fitur EWS dimana berguna untuk melakukan pause pada siaran televisi, merekam siaran lalu menyimpannya pada flashdisk / HDD.

8. Huawei EC6108V9

Huawei EC6108V9

Huawei EC6108V9 merupakan Set Top Box digital terbaik yang juga bisa merubah TV jenis apapun menjadi layaknya Smart TV. Sama seperti pada merk ZTE, Huawei EC6108V9 juga memakai sistem operasi Android KitKat. Jadi bisa diinstalkan berbagai aplikasi seperti youtube, netflik mx player dan lain sebagainya.

9. Crystal Set Top Box Decoder Receiver

Crystal Set Top Box Decoder Receiver

Set Top Box digital terbaik selanjutnya yaitu Crystal Set Top Box Decoder Receiver. Selain menghadirkan pengalaman menonton jadi lebih menyenangkan, unit ini juga bisa berfungsi sebagai alarm. Banyak fitur tersedia pada Crystal seperti media player untuk memutar film, lagu dengan resolusi gambar hingga 1080p, mendukung berbagai format pada flashdisk / HDD seperti FAT, FAT32 dan NTFS.

Pada decoder ini juga mendukung antena aktif yang sudah di support booster, jadi mampu menampilkan gambar jernih minim noise.

10. Rinrei DVB T2

Rinrei DVB T2

Kemudian Set Top Box digital terbaik selanjutnya yaitu Rinrei. Rinrei mampu mendatangkan konten digital pada TV analog menggunakan antena UHF dengan kualitas gambar tidak kalah dengan merk Set Top Box terkenal lainnya yang memiliki tampilan kualitas HD, tanpa noise serta resolusi tinggi. Fitur – fiturnya juga sama seperti Set Top Box pada umumnya, seperti EWS dan lain sebagainya.

11. Fiberhome HG680

Fiberhome HG680

Fiberhome merupakan salah satu Set Top Box digital terbaik, dimana sudah dilengkapi dengan Android TV launcher yang bisa digunakan untuk mengunduh berbagai konten di Google Play TV & Movies. Disini juga bisa diakses berbagai saluran TV baik lokal maupun mancanegara, tentunya dengan kualitas sinyal digital yang jernih.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai Set Top Box TV digital terbaik yang bisa teknisitv bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini.

Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *