Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Setting Warna TV LED Samsung

2 min read

Setting Warna TV LED Samsung

Setting Warna TV LED Samsung – Sebagian besar televisi keluaran dari pabrik tidak dirancang untuk memiliki kualitas gambar terbaik didalam ruangan, tetapi dirancang atau diatur tampilan ganbarnya agar enak dilihat di ruang pamer atau promo dibawah lampu fluorescent. Hal tersebut yang menyebabkan lampu latar televisi dibuat seterang mungkin, kontrasnya diatur sedemikian rupa sehingga gambar akan muncul dengan ketajaman tinggi serta gerakan yang halus.

Namun hal tersebut tidak akan cocok jika diterapkan pada ruangan didalam rumah, karena WARNA YANG TIDAK PAS atau lebih ke pop biasanya akan jelek dan tidak hidup serta dapat menghapus detail gambar. Disamping itu fitur mengasah dan merapikan tambahan hanyalah tipuan pemasaran saja, yang sebenarnya hanya menambah artefek saja ke gambar sehingga terlihat lebih baik.

Untuk mendapatkan kualitas gambar terbaik dan juga memiliki pengalaman menonton yang lebih baik, sebaiknya fitur fitur tersebut dimatikan dan kemudian menyesuaikan kecerahan, kontras serta warna yang pas dipakai untuk didalam rumah supaya kualitas gambar bisa lebih hidup.

Sesuai judul artikel diatas yaitu setting warna TV LED Samsung, pada kesempatan kali ini teknisitv akan membahas atau membagikan tentang cara setting pengaturan warna / gambar agar jernih serta tampilan gambar pada televisi menjadi lebih hidup untuk jenis televisi tabung maupun LCD.

Setting Warna TV LED Samsung dan Kalibrasi

Cara ini juga bisa diterapkan pada semua merk televisi, seperti LG, Samsung, Polytron, Sharp, Sanyo, akari dan lainnya. Biar lebih jelas simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Pengaturan Warna Terbaik Untuk TV LED Samsung

Pengaturan Warna Terbaik Untuk TV LED Samsung 1

1. Mode Gambar

Supaya mencapai atau mendapatkan gambar untuk setiap jenis input, memilih mode gambar yang tepat sangatlah penting. Secara umum pangaturan mode gambar adalah sebagai berikut :

  • Dinamis / Jelas : pengaturan yang satu ini cocok digunakan pada ruangan yang memiliki banyak cahaya, sebab pengaturan ini terlalu meningkatkan gambar sehingga muncul lebih banyak. Kalau pada televisi mempunyai mode gambar olah raga, sebenarnya hanya ada sedikit parubahan. Walaupun membuat rumput akan kelihatan lebih hijau, namun yang sebenarnya hanyalah meningkatkan palet warna serta kecerahannya saja. Hal tersebut akan mengakibatkan hilangnya detail dari gambar, jadi jika menonton televisi memakai mode ini dimana layar terlalu terang selama berjam jam akan berpengaruh pada kesehatan mata.
  • Standar : Mode gambar yang satu ini mempunyai kecerahan yang sedang, tidak seakurat seperti pada mode film atau dinamis. Jadi pengaturan mode gambar yang satu ini sangat cocok untuk kegiatan menonton televisi baik di siang hari maupun dimalam hari, selain itu juga pengaturan gambarnya sesuai atau cocok untuk semua jenis program televisi.
  • Film atau Bioskop : Pengaturan mode gambar yang satu ini bisa dibilang yang paling akurat, sangat sesuai jika diaktifkan untuk menonton film pada blu ray atau DVD.

2. Backlight dan Brightness

Lampu latar merupakan pengaturan yang mengontrol berapa banyaknya cahaya yang dipancarkan televisi. Jadi untuk ruangan dengan cahaya yang terang, diperlukan pengaturan yang lebih tinggi dibandingkan dengan ruangan memiliki cahaya redup. Cara paling mudah untuk menyesuaikan tingkat kecerahan yaitu dengan mengubah tingkat kecerahan hingga maksimal pada saat memulai menonton film.

3. Kontras

Pada settingan pabrik, kontras TV diatur cukup tinggi, kurangi hingga kurang lebih 50% dari settingan maksimum. Jadi kontras merupakan kontrol level cahaya untuk menyesuaikan tingkat warna putih yang ada. Kontras juga sering disebut white level, pastikan pengaturan kontras tidak sampai mengganggu garis garis dari gambar yang ada serta tetap tajam.

4. Ketajaman

Ketajaman akan memberikan akurasi kualitas gambar, pengaturan ketajaman yang terlalu tinggi akan ditandai dengan adanya cahaya putih disekitar objek gambar. Jika terbiasa menonton televisi dengan settingan contrast dan brightness yang tinggi, maka akan dibutuhkan penyesuaian pada pengaturan lainnya sebab biasanya gambar akan terlihat gelap atau pudar.

5. Warna

Pengaturan warna atau disebut juga saturation merupakan salah satu pengaturan yang paling subjektif, yang artinya tergantung selera dari masing masing pengguna. Biasanya pada settingan pabrik sudah sesuai dan cukup mendekati gambar alami seharusnya dengan akurasi warna yang sangat baik. Guna mengkalibrasi warna dengan benar, disarankan untuk menggunakan cakram kalibrasi profesional.

Cakra Kalibrasi Profesional

Cakram Kalibrasi Profesional

Setelah membeli sebuah perangkat televisi baru, lakukanlah kalibrasi manual terlebih dahulu atau eye ball. Gunakan disk kalibrasi profesional untuk mencapai pengaturan yang optimal, disk ini memakai pola khusus dan intruksi yang jelas guna menghilangkan tebakan yang biasanya ada pada kalibrasi. Banyak terdapat disk yang tersedia, salah satu contohnya yaitu Disney WOW (World of Wonder Blu ray disc).

  • Contoh Pengaturan

Berikut merupakan contoh pengaturan gambar yang telah di kalibrasi secara akurat pada TV LED 3D Samsung UN78HU9000 78 inch Curved 4K Ultra HD 120 Hz :

Pengaturan Gambar Mode Gambar :

  • Lampu Latar Film : 14
  • Kontras : 95
  • Kecerahan : 47
  • Ketajaman : 0
  • Warna : 50
  • Tint : G50 / R50

Manfaat Mengatur Setting TV LED Samsung

Manfaat Mengatur Setting TV LED Samsung

Dengan sedikit setelan dari pengaturan warna pada televisi, seperti brightness dan kontras, akan bisa mengurangi penggunaan listrik (hemat daya) yang digunakan. Sehingga tagihan listrik akan lebih hemat.

Sedangkan pengaturan warna dan ketajaman akan memberikan kualitas gambar yang nyaman pada mata, sehingga kesehatan mata akan tetap terjaga.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai setting warna TV LED Samsung yang bisa teknisitv bagikan, semoga bisa membantu dan bermanfaat serta bisa menambah wawasan bagi para pembacanya.

Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Apa Itu TV Analog

Budi
2 min read

Modif Panel LG ke Polytron

Budi
2 min read

Receiver Tanaka

Budi
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *