Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

√ Siaran Parabola Hilang : Penyebab & Cara Mengatasi

3 min read

Siaran Parabola Hilang
Advertisements

Siaran Parabola Hilang – Pada suatu kondisi pengguna parabola tentu pernah mengalami kejadian siaran parabola hilang, entah itu karena sinyal lemah/hilang ataupun karena tidak sengaja terhapus. Hilangnya siaran parabola tentu membuat kita tidak dapat menikmati acara favorit seperti olah raga ataupun tayangan unggulan lainnya dan juga membuat kehilangan keseruan hiburan bersama keluarga.

Bagi orang yang sudah paham mengenai parabola tentu siaran parabola hilang merupakan hal yang wajar dan dapat segera dilakukan perbaikan, namun bagi orang yang masih awam tentu hal ini membuat bingung mengapa hal tersebut bisa terjadi. Untuk itu pada kesempatan kali ini teknisitv akan memberikan sedikit informasi mengenai permasalahan tersebut, yakni siaran parabola hilang.

Dengan adanya artikel ini diharapkan nantinya tidak ada lagi yang kebingungan terkait dengan siaran parabola hilang. Sebab pada artikel ini nantinya dijelaskan secara detail mengenai penyebab mengapa siaran bisa hilang dan tentu saja disertai dengan solusi mengatasi permasalahan tersebut.

Advertisements

Jadi buat yang ingin mengetahui atau sedang mencari informasi mengenai siaran parabola hilang, langsung simak ulasan dari teknisitv tentang siaran parabola hilang berikut ini. Namun sebelum masuk ke pembahasan untuk dapat lebih memahami serta serta solusi perbaikan disarankan untuk membaca artikel sebelumnya dari teknisitv dengan judul CARA MENGEMBALIKAN CHANNEL TV YANG TERHAPUS.

Penyebab Siaran Parabola Hilang

Siaran parabola hilang bisa terjadi karena berbagai hal, baik itu yang berhubungan dengan perangkat parabola sendiri seperti dish, receiver LNB maupun karena adanya perubahan frekuensi siaran dari stasiun televisi. Untuk siaran hilang akibat adanya perubahan frekuensi siaran, mengatasinya tentu saja dengan cara mengganti atau mengubah frekuensi siaran yang ada dengan frekuensi terbaru. Nah untuk penyebab yang datang dari perangkat parabola sendiri, dibawah ini teknisitv uraikan beberapa penyebab yang dapat mengakibatkan siaran parabola hilang.

1. Siaran Hilang Akibat LNB Rusak

Siaran hilang bisa akibat dari komponen LNB yang telah rusak, biasanya sebuah LNB diketahui dalam kondisi rusak ditandai atau dapat dilihat dari ciri-ciri dimana terdapat salah satu satelit dengan kekuatan sinyal 0% alias tidak ada sinyal. Sama seperti produk elektronik lain, LNB juga memiliki batas usia pemakaian dimana dalam kondisi normal pemakaian yaitu sekitar 7-10 tahun. Jika ditemui LNB dalam kondisi rusak disarankan untuk segera dilakukan penggantian, karena jika tidak kerusakan bisa merembet ke komponen lainnya.

2. Kabel Coaxial dan Konektor Rusak (Tidak Konek)

Siaran hilang juga bisa terjadi akibat adanya permasalahan pada kabel ataupun konektor dari LNB ke receiver, hal tersebut bisa dilihat ketika ditemui intensitas sinyal pada receiver 0%. Sebenarnya kabel dan konektor dibuat dengan dan sudah memenuhi standar pemasangan antena parabola jadi hampir tidak mungkin jika kabel bisa rusak sendiri, kerusakan biasanya terjadi karena kesalahan pemasangan seperti konektor tidak kencang, kabel digigit tikus, terdapat serabut yang menempel ke tembaga dan lain sebagainya.

3. Siaran Hilang Akibat Receiver Rusak

Receiver rusak juga bisa sebagai penyebab siaran hilang, ciri kerusakan biasanya ditandai dengan kekuatan sinyal yang hanya 0%. Selain itu kerusakan juga bisa dilihat dari receiver yang hanya dapat menerima polaritas saja, entah itu horisontal ataupun vertikalnya saja. Seperti halnya LNB, Receiver juga memiliki batas usia pemakaian, dimana hal tersebut dipengaruhi oleh kondisi listrik dan grounding rumah.

4. Arah Antena Parabola Berubah atau Terhalangi

Siaran hilang bisa juga diakibatkan karena kondisi antena parabola yang berubah arah akibat tertiup angin karena pemasangan tidak kencang atau bisa juga karena sinyal tidak bisa ditangkap secara maksimal akibat terhalangi sesuatu, seteri pepohonan, bangunan dan lainnya.

5. Switch atau Dseg Mati

Switch/diseg merupakan salah satu komponen parabola yang berfungsi sebagai konektor pembagi sinyal dari LNB. Jika komponen ini rusak/mati juga dapat menyebabkan siaran hilang, kerusakan biasanya ditandai dengan intensitas ada namun terkadang hilang serta adanya tarik menarik sinyal, misal sinyal Telkom4 bagus tetapi sinyal palapa D hilang.

6. Siaran Hilang Akibat Kesalahan Pemograman

Siaran hilang bisa juga diakibatkan karena kesalahan dalam memprogram receiver, meski intensitas sinyal ada tetapi kualitas sinyal sangat kecil sekitar 4-5%, sehingga hal tersebut mengakibatkan tidak adanya siaran pada televisi.

7. Adanya Perubahan Frekuensi

Adanya perubahan frekuensi atau perpindahan satelit dari saluran TV juga akan berakibat pada hilangnya siaran parabola. Seperti yang terjadi tahun 2021 kemarin dimana hampir semua saluran televisi yang ada pada satelit Palapa D melakukan migrasi atau pindah satelit ke Telkom 4, hal tersebut mengakibatkan semua siaran parabola dari satelit Palapa D hilang.

Mengatasi Siaran Parabola Hilang

Untuk mengatasi siaran parabola hilang bisa dilakukan dengan cara mengecek satu persatu perangkat parabola jika dirasa ada salah satu yang tidak berfungsi seperti seharusnya. Hal tersebut dilakukan dengan maksud agar mengetahui penyebab terjadinya siaran hilang, sehingga dengan mengetahui penyebab permasalahan membuat proses penanganan/perbaikan bisa lebih cepat dan tepat. Adapun urutan pengecekan yang dilakukan terkait mengatasi siaran hilang adalah sebagai berikut :

1. Periksa Settingan Parabola

Cek semua settingan parabola mulai dari frekuensi LNB, Transponder, Nomor Port diseq serta kekuatan sinyal parabola, pastikan semuanya sudah sesuai dan tidak ada perubahan. Indikasi LNB masih berfungsi normal adalah jika intensitas sinyal minimal 60%.

2. Jika Intensitas Sinyal 0%

Jika ditemui hal tersebut yakni intensitas sinyal 0% maka periksa kabel dan konektor, pastikan semuanya terpasang dengan benar serta tidak ada kabel putus (untuk mengeceknya bisa menggunakan Multitester).

3. Periksa Kondisi Antena Parabola

Langkah selanjutnya yaitu mengecek kondisi antena, pastikan masih terpasang kencang dan tidak berubah arah atau bergeser. Selain itu pastikan pula tidak ada benda atau apapun yang dapat menghalangi sinyal masuk, seperti pohon, bangunan dan lain sebagainya.

4. Setting Ulang Transponder/Frekuensi

Terakhir, cari tahu di situs resmi saluran televisi terkait ataupun provider layanan TV jika ada perubahan frekuensi. Jika ternyata ada, segera ubah atau tambahkan frekuensi terbaru dari saluran terkait agar nantinya siaran bisa muncul kembali.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai siaran parabola hilang yang bisa teknisitv bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini.

Advertisements
Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.