Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Siaran SCTV Hilang Hari Ini 2022: Cara Mengembalikan, Mencari & Penyebabnya!

2 min read

SIARAN SCTV HILANG

Siaran SCTV Hilang – Hilangnya siaran channel TV kesayangan seperti SCTV merupakan suatu permasalahan yang dialami sebagian masyarakat akhir-akhir ini. Meski terbilang hal lumrah namun siaran SCTV yang hilang sering membuat sebagian orang panik.

SCTV sendiri merupakan salah satu stasiun televisi swasta nasional yang ada di Indonesia. SCTV adalah salah satu saluran yang ada dalam naungan EMTEK Grup. SCTV disukai masyarakat karena memiliki banyak program acara menarik serta inovatif, apalagi SCTV menjadi salah satu stasiun TV yang akan menyiarkan pertandingan Piala Dunia 2022.

Berbicara mengenai hilangnya siaran SCTV, hal ini karena seperti kita tahu di Indonesia sedang ada perubahan sistem penyiaran dari sistem analog ke digital. Perpindahan atau sering disebut migrasi ini membuat banyak siaran atau saluran televisi hilang tiba-tiba. Lalu apa kira-kira penyebab dan bagaimana cara mengembalikan siaran SCTV?

Sesuai judul artikel sekaligus menjawab pertanyaan tersebut diatas, pada kesempatan kali ini teknisitv akan berbagi informasi seputar permasalahan tersebut. Jadi bagi yang sedang mencari informasi tentang permasalahan tersebut, simak ulasan dari teknisitv mengenai siaran SCTV hilang berikut ini.

Penyebab Siaran SCTV Hilang

SCTV

Seperti kita ketahui bersama bahwa saat ini di Indonesia sedang dilakukan migrasi atau perpindahan sistem penyiaran, yakni dari sistem siaran analog ke siaran TV digital. Dengan adanya migrasi sistem siaran tersebut akan menghasilkan kualitas gambar dan suara jauh lebih baik.

Nah akibat dari perpindahan tersebut banyak siaran TV tiba-tiba hilang, termasuk siaran SCTV. Karena itulah mengapa masyarakat Indonesia yang masih menggunakan perangkat TV analog harus memasang perangkat tambahan bernama Set Top Box (STB).

Dengan Set Top Box nantinya sinyal siaran digital yang diterima antena akan diubah sehingga dapat ditampilkan di TV analog. Namun jika ternyata siaran SCTV dan yang lainya masih hilang maka ada beberapa hal yang jadi penyebab permasalahan tersebut, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Implementasi dan Penataan

Sebagai penyebab utama siaran TV hilang adalah karena sekarang ini masih dalam tahap implementasi dan juga penataan sehingga mengakibatkan siaran belum tertangkap secara konsisten. Dengan keadaan tersebut masyarakat tak perlu khawatir jika tiba-tiba siaran TV hilang atau blank, sebab di sejumlah wilayah proses implementasi dan penataan belumlah sempurna.

2. Perangkat

Selain proses implementasi dan penataan, siaran SCTV hilang juga bisa karena perangkat yang kita gunakan. Jadi pastikan semua perangkat yang mendukung siaran TV digital telah terpasang serta disetting dengan baik sehingga sinyal siaran digital dapat ditangkap sempurna oleh perangkat. Berikut ulasan lengkapnya beberapa hal yang bisa menjadi penyebab siaran TV hilang karena pengkat yang digunakan:

  • Antena
    Siaran SCTV hilang bisa jadi akibat antena tidak bisa menangkap sinyal siaran TV digital. Antena rusak, berkarat, pemasangan salah serta kualitas kurang baik akan berakibat kualitas sinyal siaran tidak bisa tertangkap dengan baik. Solusinya yaitu perbaiki antena atau ganti dengan yang baru.
  • Kabel Antena
    Kabel antena rusak dan rapuh tentunya akan mengurangi kualitas sinyal siaran yang ditangkap antena akibatnya siaran SCTV bisa hilang tiba-tiba, Solusinya yakni mengganti kabel antena dengan yang baru.
  • Lokasi Tempat Tinggal
    Siaran SCTV hilang bisa juga karena lokasi tempat tinggal kita masih lemah sinyal siaran digitalnya atau sinyal tidak ditangkap konsisten. Untuk mengecek sinyal digital Anda bisa memanfaatkan aplikasi Sinyal TV Digital, bisa di unduh melalui Play Store.
  • Arah Antena
    Arah antena kurang tepat akan berakibat siaran SCTV hilang, ini karena sinyal siaran ditangkap jadi tidak maksimal. Solusi memperbaikinya yakni dengan mengarahkan antena ke stasiun TV dengan tepat atau bisa juga dengan menambah ketinggian antena.

Cara Mencari dan Mengembalikan Siaran SCTV Yang Hilang

CARA MEMPERBAIKI SIARAN SCTV HILANG

Bagi yang sedang menemui permasalahan siaran SCTV maupun saluran TV lainnya hilang, berikut teknisitv bagikan solusi atau cara untuk mencari sekaligus mengembalikan siaran yang hilang.

1. Memakai Antena TV Digital Outdoor

Hilangnya siaran SCTV bisa saja diakibatkan karena kualitas antena rendah atau kurang baik, jadi baik TV digital ataupun pengguna Set Top Box disarankan untuk menggunakan antena TV digital outdoor. Hal ini karena antena outdoor memiliki jangkauan lebih luas dibanding antena indoor.

2. Pindai Ulang Saluran

Mengembalikan siaran SCTV juga bisa dengan cara memindai ulang siaran. Untuk melakukanya bisa dengan cara mengubah frekuensi terbaru SCTV ataupun memindai secara otomatis siaran pada Set Top Box. Dalam hal ini pemindaian secara otomatis lebih disarankan karena selain untuk mengatasi siaran hilang, proses ini akan mendapatkan/menangkap siaran yang sebelumnya tidak tertangkap.

3. Reset Ulang STB

Seperti dijelaskan diatas, SCTV hilang siarannya bisa diakibatkan kerena malfungsi sistem pada perangkat dan salah satunya yakni Set Top Box. Malfungsi sistem pada STB akan mengakibatkan kurang maksimalnya perangkat dalam menagkap sinyal siaran.

Nah untuk mengatasi hal tersebut, mereset ulang STB jadi solusi paling efektif guna mengatasi STB yang tidak berfungsi dengan baik.

4. Mengatur Posisi Antena

SCTV hilang atau saluran lainnya juga bisa disebabkan karena kurang tepatnya arah antena sehingga mengakibatkan penerimaan jadi tidak maksimal.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai siaran SCTV hilang yang bisa teknisitv bagikan, semoga bisa bermanfaat serta membantu bagi Anda yang sedang mengalami permasalahan seperti tersebut diatas dan juga bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini, Terima kasih.

Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *