Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

√ Simbol Transistor Pada Rangkaian Elektronik

2 min read

Simbol Transistor

Simbol Transistor – Transistor merupakan salah satu komponen aktif yang mana digunakan di hampir semua rangkaian elektronik, baik yang sederhana maupun yang kompleks. Transistor umumnya dibuat dari material seperti gallium, silicon, germanium dan arsenide.

Pada sebuah rangkaian elektronik, penggunaan transistor biasanya sebagai penguat dan sebagai saklar. Transistor sebagai saklar biasanya ada di setiap rangkaian digital, sedangkan sebagi penguat contoh penggunaanya yaitu pada amplifier. Selain kegunaan tersebut, transistor juga memiliki kegunaan lain seperti sebagai sirkuit pemutus, untuk menstabilkan tegangan, untuk memodulasi sebuah sinyal sebagai penyambung serta masih banyak lagi fungsi lainnya.

Transistor sebagai material dasar dalam mengatur pengoperasian sebuah perangkat elektronik seperti laptop, komputer, ponsel, televisi dan masih banyak lagi perngkat lainnya. Kemudian jika dilihat dari sifatnya, transistor termasuk dalam peralatan yang bersifat semikonduktor jadi yang dapat mengalirkan arus listrik secara akurat.

Sedangkan jika dilihat dari strukturnya, transistor bisa dibilang merupakan penggabungan dua buah diode yang disambungkan, dimana lapisan penyusunya ada tiga bagian yakni terminal base, emitor dan terminal kolektor. Terkait dengan simbol dari transistor, dikesempatan ini teknisitv akan berbagi informasi seputar hal tersebut, jadi untuk lebih jelas mengenai bentuk simbol simbol dari berbagai jenis transistor, simak ulasanya dibawah ini.

Simbol Transistor

Transistor sendiri didalam penggunaanya memiliki berbagai macam jenis, tetapi terkait dengan simbol transistor yang ada pada rangkaian elektronik tentunya sudah ada standar penggunaan secara internasionalnya. Misalnya jenis transistor bipolar (BJT) dan field effect transistor (FET), maka keduanya memiliki sombol berbeda-beda menyesuaikan jenisnya.

Pengetahuan dan pemahaman terhadap simbol transistor diperlukan guna mempermudah pengenalan JENIS JENIS TRANSISTOR ketika sedang melakukan pekerjaan pada sebuah rangkaian elektonik. Adapun simbol simbol transistor untuk tiap-tiap jenisnya adalah sebagai berikut :

1. Transistor NPN (BJT)

Transistor NPN menjadi salah satu jenis transistor yang paling banyak digunakan. Transistor jenis BJT terdiri dari tiga layer material semikonduktor, transistor dikontrol oleh arus dari pin bassisnya yang dipakai sebagai penguat maupun sebagai saklar. Berikut simbol dari transistor NPN :

2. Transistor PNP (BJT)

Selain transistor NPN, transistor PNP juga menjadi jenis transistor yang banyak digunakan pada sebuah rangkaian elektronik. Penggunaan transistor ini adalah untuk menguatkan arus ketika pin basisnya bernilai negatif terhadap pin kolektor dan emitor. Kontuksinya sama seperti transistor NPN, dimana terdiri dari tiga layer material semikonduktor dengan semikonduktor tipe N diapit oleh dua semikonduktor tipe P. Untuk simbol transistor PNP sendiri hampir sama dengan jenis NPN, pembedanya hanyalah pada arah panahnya saja. Adapun simbol transistor PNP adalah sebagai berikut :

3. Transistor JFET Kanal N

Transistor JFET erupakan jenis field effect transistor atau transistor efek medan, pada transistor ini terdapat dua kanal yakni kanal P dan kanal N. Cara kerja transistor JFET yaitu ketika diberi voltase 0 maka arus dari pin drain dan source/lds akan mengalir, kemudian jika diberi tegangan minus maka transistor tidak akan mengalirkan arus (transistor akan menyumbat). Disini semakin minus (negatif) tegangan di Vg maka semakin kecil aliran arus pada outputnya (pada drain Id) dan berikut adalah simbol dari transistor JFET :

4. Transistor JFET Kanal P

Transistor JFET kanal P bisa dibilang merupakan kebalikan dari JFET kanal N, dimana jika tegangan pada gate Vg semakin positif maka aliran arus pada kaki drain source akan semakin kecil karena saluran elektron semakin kecil. Dan untuk simbol JFET kanal P sendiri sama dengan JFET kanal N, untuk membedakanya dapat dilihat dari arah anak panah di gatenya yang mana arah panah pada JFET kanal P adalah keluar. Berikut simbol JFET kanal P :

5. Transistor MOSFET Kanal P

MOSFET adalah singkatan dari Metal Oxide Semiconductor FET. Transistor jenis ini dikenal memiliki impedansi sangat tinggi, hal ini dikarenakan gate transistor terisolasi bahan oksida. Itulah mengapa transistor MOSFET sering disebut juga dengan Insulated-Gate FET (IGFET). Nah untuk simbol, berikut adalah gambar simbol MOSFET kanal P :

6. Simbol Transistor MOSFET Kanal N

Sama seperti simbol pada JFET dimana simbol antara JFET kanal P dan JFET kanal N dibedakan dari arah tanda panah, begitu pula dengan MOSFET. Untuk simbol dari transistor MOSFET kanal N berikut adalah gambar simbolnya :

7. Simbol Photo Transistor

Merupakan komponen yang masuk kedalam golongan transduser atau sebagai sensor, dimana energi cahaya akan diubah menjadi energi listrik oleh transistor lalu selanjutnya diumpankan ke basis transistor. Hal inilah mengapa pada photo transistor hanya terdapat dua pin saja, sebab pin basisnya adalah cahaya. Berikut adalah simbol dari photo trasistor :

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai simbol transistor yang bisa teknisitv bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini, Terima kasih.

Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.