Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Skema Regulator TV LCD Sharp Aquos

2 min read

Skema Regulator TV LCD Sharp Aquos

Skema Regulator TV LCD Sharp Aquos – Ada banyak bagian penting dalam sebuah perangkat televisi, salah satu diantaranya adalah regulator TV atau biasa disebut juga power supply. Termasuk juga pada TV LCD Sharp Aquos, regulator ini merupakan bagian yang paling utama pada rangkaian televisi.

Dikatakan penting dan paling utama karena regulator TV merupakan bagian yang fungsinya adalah untuk membagi atau memberikan tegangan keseluruh bagian – bagian yang ada pada sebuah televisi. Bagian – bagian itu diantaranya seperti tuner, flyback, vertikal, horizontal hingga bagian IC suara. Ada beberapa merk televisi yang tegangan supplynya Flyback (FBT), bukan dari regulator.

Jika regulator TV LCD Sharp Aquos mengalami kerusakan, untuk memperbaikinya terlebih dahulu harus mengetahui skema regulatornya. Sebab dengan skema tersebut bisa terlihat letak komponen serta spesifikasi dari semua komponen yang ada pada regulator TV LCD Sharp Aquos, sehingga akan bisa mempercepat proses perbaikan.

Setelah diartikel sebelumnya di bahas mengenai SKEMA POWER SUPPLY TV LED POLYTRON. Kali ini kembali akan membahas mengenai skema regulator, tepatnya yaitu skema regulator TV LCD Sharp Aquos. Jadi bagi yang sedang mencari informasi mengenai hal tersebut, bisa simak penjelasan lengkapnya dibawah ini.

Skema Regulator TV LCD Sharp Aquos

Skema Regulator TV LCD Sharp Aquos. 1

Pada sebuah televisi, gambaran lengkap secara teknis sistem sebuah televisi ada pada skema rangkaian, termasuk juga pada TV LCD Sharp Aquos. Dengan adanya skema kerusakan serumit apapun akan mudah teratasi, selain itu dengan adanya skema bisa diketahui spesifikasi komponen yang tidak umum serta komponen yang mengalami kerusakan seperti terbakar. Berikut beberapa skema TV LCD Sharp :

1. Skema Regulator str g5653

Skema Regulator str g5653

2. Skema Regulator TEA2261

Skema Regulator TEA2261 1

3. Skema Regulator STR W6753

Skema Regulator STR W6753

Bagian – Bagian Pada Rangkaian Regulator TV

Bagian Bagian Pada Rangkaian Regulator TV

Pada regulator TV Sharp Aquos tersusun dari berbagai bagian, diantaranya seperti :

  • Kabel Steker : Kabel ini terhubung ke pemutus dan penghubung tegangan tombol On / Off dan sekring, kapasitor bank serta induktor filter penyaring tegangan supaya tetap stabil.
  • Rangkaian Penyearah Tegangan : Sistem yang digunakan yaitu penyearah sistem jembatan dengan 4 dioda, yang hasilnya akan diratakan dengan kapasitor power atau elco. Umumnya elco power yang digunakan memiliki nilai 100 uf / 450 volt – 440 uf / 450 volt dengan tegangan keluaran berkisar 250 vdc – 350 vdc.
  • Rangkaian Pendegausing : Merupakan kumparan berupa lilitan yang dipasang di belakang tabung. Fungsinya yaitu untuk meniadakan sifat magnet sementara. Bekerjanya kumparan ini yaitu pada saat televisi dinyalakan dan akan berhenti dengan sendirinya,
  • Slow Start : Merupakan pengaman supaya MCB listrik tidak turun akibat pengisian kapasitor power. Slow star atau resistor yang dipakai adalah yang berukuran 4,7 ohm 10 watt – 39 ohm 15 watt, gunanya untuk menghambat supaya pengisisan tidak terlalu cepat.
  • Penguat Tegangn regulator dan osilator : Ada dua penguat tegangan yang ada pada regulator yaitu memakai transistor sebagai pendukunga osilator dan memakai IC.
  • Output Tegangan : Tegangan keluar regulator yaitu 12 volt / 14 volt, 16 volt, 24 volt, 110 volt / 115 volt, hal tersebuit tergantung dari ukuran televisi serta skema gambar diagram pada PCB televisi.

Komponen Penting Pada Regulator TV LCD Sharp Aquos

Komponen Penting Pada Regulator TV LCD Sharp Aquos

Berikut beberapa komponen regulator TV Sharp aquos bagian primer :

  • Panel Regulator : Komponen ini berfungsi sebagai penguat regulator TV LCD Sharp Aquos.
  • Elco 450 Volt : Komponen pada regulator TV LCD Sharp Aquos, berfungsi untuk menyimpan tegangan. Biasanya elco yang digunakan nilainya berkisar 100 uf – 200 uf (telah di searahkan oleh dioda penyearah).
  • PTC : Komponen pada regulator TV LCD Sharp Aquos, berfungsi untuk mengendalikan magnet tabung.
  • Filter : Komponen regulator TV LCD Sharp Aquos, berfungsi sebagai filter arus, supaya arus yang masuk lebih halus.
  • Dioda Penyearah : Komponen regulator TV LCD Sharp Aquos, berfungsi untuk merubah arus AC menjadi arus DC.
  • Kapasitor : Kapasitor yang digunakan pada regulator tv LCD sharp aquos bernilai sekitar 250 volt.
  • Sekring : Komponen pada regulator tv LCD sharp aquos yang berfungsi sebagai pengaman kalau ada komponen pada bagian regulator ada yang rusak.
  • Kabel AC : Merupakan komponen pada TV LCD Sharp aquos yang berfungsi untuk menyalurkan tegangan 220 volt.
  • Saklar : Komponen pada regulator TV LCD Sharp Aquos yang berfungsi untuk memutus dan menghubungkan arus listrik 220 volt.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai skema regulator TV LCD Sharp Aquos yang bisa teknisitv bagikan, semoga bisa membantu dan bermanfaat serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini.

Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *