Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

√ Tabel Resistor Beserta Tips dan Cara Membacanya

2 min read

Tabel Resistor
Advertisements

Tabel Resistor – Tabel Resistor adalah tabel yang berisi angka serta barisan kode warna yang mengelilingi diameter resistor dan memiliki nilai hambatan atau resistensi tertentu. Resistor sendiri merupakan elemen penting yang perlu diketahui serta dipahami sebelum membuat rangkaian elektronika karena selain peran penting yang dimilikinya, resistor juga memiliki fungsi penting menyesuaikan jenisnya.

Standar pengkodean Resistor sendiri telah didefinisikan dalam standar internasional IEC 60062, dimana selain mendefinisikan gelang warna, standar juga mencakup kode numerik. Untuk kode warna sendiri yang menentukan adalah Electronic Industries Alliance (EIA), menurut EIA-RS-279 standar kode warna Resistor terbagi menjadi 3 bagian, yaitu Resistor 4 gelang warna, 5 gelang warna dan 6 gelang warna.

Selain itu standar EIA-RS-279 juga membagi Resistor menjadi dua jenis, yakni Axial/Radial dan Chip. Pada Resistor jenis Axial/Radial, nilai resistor dapat diketahui melalui barisan kode warna tertentu, sedangkan jenis Chip nilai resisitornya dilambangkan dengan kode berupa angka. Dari kedua jenis kode tersebut, beberapa orang menganggap pengkodean melalui kode warna dinilai lebih memudahkan terkait dengan cara bacanya.

Advertisements

Buat yang keseharianya berkecimpung dalam dunia elektronika seperti servis televisi dan lain sebagainya, tentunya pengetahuan mengenai kode warna serta cara membaca resistor sangat penting dan wajib dipahami. Nah melihat peran penting tersebut, dikesempatan kali ini teknisitv akan berbagi informasi seputar hal tersebut, seperti tabel kode warna resistor, cara membacanya dan lainnya. Biar tidak penasaran, langsung saja simak pembahasanya dibawah ini.

Tabel Kode Warna Resistor

Tabel Kode Warna Resistor

Dibawah ini merupakan tabel kode warna Resistor yang bisa digunakan untuk mengetahui nilai resistensi pada sebuah komponen Resistor.

Tabel Resistor

Tabel Resistor.
Tabel Resistor..
Advertisements
Tabel Resistor...

Tabel Resistor 4 Gelang

Tabel Resistor 4 Gelang

Tabel Resistor 5 Gelang

Tabel Resistor 5 Gelang

Tabel Resistor 6 Gelang

Tabel Resistor 6 Gelang

Tips dan Cara Membaca Kode Warna Sesuai Tabel Resistor

Tips dan Cara Membaca Kode Warna Sesuai Tabel Resistor
Tips dan Cara Membaca Kode Warna Sesuai Tabel Resistor.

Dalam menentukan nilai resistensi sebuah resistor terkadang beberapa orang masih kesulitan melakukanya. Apalagi buat orang yang masih awam tentang komponen elektronika, umumnya mereka akan kebingungan mengenai maksud warna-warna yang ada pada resisitor dan ada juga yang kebingungan ketika menentukan gelang pertama resistor. Nah melihat kondisi tersebut, dibawah ini teknisitv sertakan tips serta cara membaca nilai resistensi sebuah resistor.

1. Tips Membaca Resistor

Berikut beberapa tips yang bisa Anda gunakan ketika kesulitan membaca nilai resistensi resistor :

  • Gelang perak atau gelang emas selalu merupakan gelang terakhir dan merupakan nilai toleransi
  • Gelang pertama adalah yang paling dekat dengan lead
  • Memastikan sistem kode warna yang dipakai dengan memeriksa datasheet-nya
  • Ketika kondisi gelang warna sudah tidak jelas atau terbakar, ukur hambatan memakai ohmmeter.

2. Cara Membaca Resistor

Resistor 4 Gelang

Resistor 4 Gelang

Resistor dengan 4 gelang warna merupakan resistor yang paling banyak ditemui dipasaran, 4 gelang warna tersebut yaitu 2 gelang untuk nilai resistensi, 1 gelang untuk pengali dan 1 gelang untuk toleransi.

Contoh :

Resistor 4 gelang dengan urutan warna cokelat, hitam, merah dan emas. Dengan memakai tabel kode warna dapat diketahui bahwa :

  • Cokelat sebagai gelang pertama menunjukan 1
  • Hitam sebagai gelang kedua menunjukan 0
  • Merah sebagai gelang ketiga merupakan nilai pengali, yakni 100. Jadi nilai resistor ini adalah 10 x 100 = 1 kΩ
  • Emas sebagai kelang keempat merupakan nilai toleransi, yakni 5%. Artinya nilai resistensi resistor terletak antara 950 dan 1050.

Resistor 5 Gelang

Resistor 5 Gelang

Perlu diketahui bahwa banyaknya gelang menunjukan presisi dari sebuah resisitor, jadi semakin banyak gelang maka presisi resisitor akan semakin tinggi. Pada resistor dengan 5 gelang warna, komposisinya adalah tiga gelang pertama menunjukan nilai resistensi, keempat untuk pengali dan kelima untuk toleransi.

Contoh :

Resistor 5 gelang dengan urutan warna orange, orange, putih, hitam dan cokelat. Berdasarkan tabel warna dapat diketahui bahwa :

  • Orange sebagai gelang pertama dan kedua menunjukan 3
  • Putih sebagai gelang ketiga menunjukan 9
  • Hitam sebagai gelang keempat menunjukan pengali, yakni 100. Jadi nilai resistor ini yakni 339 x 100 = 3390 Ω
  • Cokelat sebagai gelang kelima menunjukan nilai toleransi, yakni 1%. Artinya nilai resistensi terletak di 3423,9Ω dan 3356,1Ω.

Resistor 6 Gelang

Resistor 6 Gelang

Dengan 6 gelang warna yang dimiliki menandakan resistor memiliki presisi tinggi, tambahan satu gelang tersebut yakni untuk menentukan koefisien suhu.

Contoh :

Resistor 6 gelang dengan urutan warna orange, putih, hitam, merah, cokelat dan merah. Memakai tabel warna maka didapatkan orange 3, putih 9, hitam 0, pengali 100 dan toleransi 1%. Artinya resistor memiliki nilai 39kΩ dengan 1% toleransi serta koefisien suhu sebesar 50 ppm/derajat celcius.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai tabel Resistor yang bisa teknisitv bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini.

Advertisements
Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.