Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

TV LCD Layar Gelap Suara Ada

4 min read

Penyebab dan Cara Mengatasi TV LCD Layar Gelap Suara Ada

TV LCD Layar Gelap Suara Ada – Salah satu masalah atau kerusakan TV LCD maupun TV LED yaitu TV LCD layar gelap suara ada. Biasanya penyebab dan cara proses perbaikanya berbeda, tergantung dari merk televisi tersebut. Walaupun secara garis besar tidak berbeda jauh atau hampir sama. Jadi untuk hal analisa dan juga pengecekan kurang lebih sama saja.

Sebelum masuk ke proses perbaikan sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud layar gelap itu sendiri, sehingga dapat mempercepat proses perbaikan itu sendiri. Apakah lampu belakang atau Backlight tidak menyala atau menyala tetapi hanya menampilkan dominan warna hitam saja yang mengakibatkan gambar tidak nampak tetapi suara normal.

Biasanya kasus kerusakan seperti ini penyebab kerusakan pada umumnya lampu belakang atau backlightnya yang mati sehingga harus diganti. Kerusakan seperti ini yaitu TV LCD layar gelap suara ada sering menyerang TV LCD merk Toshiba, Samsung, Sharp, LG, dan lain lain.

Sebenarnya kerusakan seperti ini tidak hanya karena lampu backlight nya saja yang mati. Tetapi ada penyebab lainnya yang menyebabkan layar gelap tapi suara normal. Untuk itu di artikel kali ini teknisitv akan membahas tentang masalah tersebut.

Penyebab & Cara Atasi TV LCD Layar Gelap Suara Ada

Penyebab TV LCD Layar Gelap Suara Ada

Diatas telah sedikit disinggung bahwa kerusakan TV LCD layar gelap suara ada bukan cuma adanya masalah pada lampu backlightnya saja, tapi ada beberapa bagian lain yang bisa menimbulkan masalah seperti ini. Berikut ini beberapa sebab tersebut.

1. Lampu Backlight Mati

Lampu Backlight Mati

Lampu belakang atau yang disebut juga Backlight merupakan komponen yang cukup rawan atau sering sekali mengalami kerusakan. Dibalik layar TV LCD terpasang beberapa lampu yang fungsinya untuk memberi cahaya ke panel supaya gambar terlihat.

Jika salah satu lampu mati maka semuanya tidak akan menyala. Biarpun begitu bagian ini cukup mudah untuk diperbaiki, cukup menggantinya dengan yang baru.

2. Konektor Kabel LVDS Lepas

Konektor Kabel LVDS Lepas

Kabel ini merupakan kabel yang menghubungkan antara unit Tcon ke unit motherboarad. Kabel ini bisa copot dengan berbagai alasan, jadi jika kabel LVDS ini lepas atau tidak terpasang dengan baik bisa juga menyebabkan masalah kerusakan seperti ini.

3. IC di Bagian Modul Tcon Short

IC di Bagian Modul Tcon short

IC yang short atau nilainya kurang dari nilai normalnya juga bisa menyebabkan masalah kerusakan seperti ini yaitu.

4. Blok Tcon Kurang Daya

Blok Tcon Kurang Daya

Supply voltase yang seharusnya untuk blok Tcon yaitu sebesar 12 volt, jika kurang dari itu juga bisa menimbulkan masalah seperti ini.

5. Fuse SMD Tcon Rusak

Fuse SMD Tcon Rusak

Jika fuse SMD Tcon mengalami kerusakan atau sekring yang ada didekat konektor LVDS putus juga bisa menyebabkan masalah kerusakan seperti ini.

6. Kontak Solderan

Kontak Solderan

Dengan lamanya pemakaian dan juga seiring waktu, bagian solderan biassnya mengalami oksidasi Apalagi pada tv yang sudah tua, termasuk juga TV LCD maupun LED.

7. Kerusakan Software

Kerusakan Software

Perlu diketahui kerusakan sebuah perangkat televisi tidak cuma pada bagian hardware nya saja, melainkan bisa juga pada bagian software atau perangkat lunaknya. Dimana perangkat lunak yang bermasalah juga dapat menyebabkan masalah kerusakan seperti ini yaitu TV LCD layar gelap suara ada.

Itu dia beberapa penyebab yang bisa mengakibatkan TV LCD maupun LED mengalami masalah kerusakan gambar gelap tetapi suara normal.

Langkah Analisa Sebelum Proses Perbaikan

Langkah Analisa Sebelum Proses Perbaikan TV LCD Gelap Ada Suara

Berikut ini langkah langkah analisa yang bisa dilakukan untuk memastikan sebab masalah kerusakan yang sebenarnya :

  • Pertama lakukan pengukuran tegangan power supplay yang menuju Tcon, normalny 12 volt.
  • Selanjutnya setelah semua tegangan terukur normal, lakukan pengukuran tegangan yang menuju output driver LCD atau LED. Jika masih dalam keadaan normal lalu lanjutkan untuk mengecek backlight.
  • Tapi jika tegangan tidak ada, lanjutkan pengukuran tegangan sebelum masuk ke IC. Jika voltase masuk ada tapi keluar tidak terukur atau tidak ada, ganti IC nya.
  • Tegangan akan terukur sekitar 50 volt setelah IC diganti.
  • Pastikan juga kemungkinan lain, antara lain seperti kondisi PCB, koneksi, serta hal lain yang bisa menyebabkan layar jadi gelap.

Cara Memperbaiki TV LCD Layar Gelap Suara Ada

Cara Mengatasi TV LCD Layar Gelap Suara Ada

Secara umum sebenarnya kerusakan TV LCD layar gelap suara ada atau gambar gelap suara normal, yang sering terjadi penyababnya hanyalah tiga saja. Walaupun tidak menutup kemungkinan ada penyebab yang lainya. Tiga tersebut yaitu :

  1. Karena lampu Baacklight mati
  2. Karena kerusakan IC dibagian modul Tcon
  3. Karena kerusakan software

Dibawah ini merupakan penjelasan cara memperbaiki TV LCD layar gelap suara ada yang bisa teknisitv bagikan berdasarkan penyebab kerusakannya.

1. Karena Lampu Blacklight Mati

Sebelum melakukan pengecekan sebaiknya periksa dahulu tegangan DC guna menyuplai panel LCD atau LED. Pada tv merk samsung biasanya tegangan suplai akan dihasilkan oleh Boost conventer yang menghasilkan tegangan DC sebesar 135 volt, dimana fungsi boost conventer ini adalah untuk menaikan tegangan menjadi lebih tinggi.

Tegangan 135 volt itu untuk menyuplai lebih kurang 45 lampu led Backlight yang dirangkai secara seri. Itulah mengapa jika ada satu lampu led yang mati maka semua lampu akan ikut mati.

Gunakan AVO meter untuk mengukur tegangan 135 volt tersebut, bisa menggunakan yang manual maupun digital melalui dua kaki elektroda eco filter tegangan tersebut yang nilainy C9801 (22uf/250V). Sebelum dilakukan pengukuran, atur AVO meter di angka DCV250.

Jika tegangan yang diukur menunjukan angka atau nilai sekitar 230 Volt berarti rangkaian lampu led sudah rusak, karena nilai sebesar itu bisa terukur sebab tegangan yang dikeluarkan Buck conventer tanpa terbebani.

Kalau sudah pasti bahwa led nya yang bermasalah, selanjutnya kita bisa mulai proses pembongkaran TV tersebut. Lakukan dengan hati hati dalam membongkar, jangan sampai merusak panel sebab panel yang rusak akan susah untuk diperbaiki atau bahkan sampai tidak bisa diperbaiki.

Panel yang rusak hanya bisa diganti dengan yang baru dimana harganya tidaklah murah. Perlu diketahui letak lampu led berada di belakang panel. Jika sudah dibongkar, panel akan terlihat seperti gambar diatas. Kemudian lakukan pengecekan lampu led satu persatu sampai menemukan lampu yang mati atau short.

Kalau sudah menemukan lampu yang mati, lepas lampu dan ganti dengan yang baru. Untuk mengganti lampu backlight tidak harus menggantinya satu set langsung, cukup ganti yang mati saja dengan catatan diganti dengan tipe yang sama dan ukuran yang sesuai.

Jika sudah mendapkan gantinya, lakukan pengetesan terlebih dahulu apakah lampu menyala ataupun tidak sebelum memasangnya. Pada saat melakukan pengetesan perhatikan lampu yang lainya juga apakah ada yang redup. Jika ada sebaiknya diganti sekalian lampu tersebut, karena kemungkinan lampu tersebut tidak lama lagi juga akan mati.

2. Karena IC Dibagian Modul Tcon Rusak

Kerusakan TV LCD layar gelap suara ada juga bisa disebabkan karena ada masalah pada bagian IC atau IC yang short. Bisa di cek dengan cara menyantuh IC yang letaknya didekat modul Tcon.

Kalau IC yang bermasalah akan terasa panas bahkan panas sekali pada saat kita sentuh. Kalau sudah dipastikan IC nya yang bermasalah, kita bisa menggantinya dengan yang baru. Tentunya penggantinya harus sesuai dan juga memiliki tipe yang sama.

3. Karena Keerusakan Sofware

Perlu diketahui kerusakan sebuah perangkat televisa tidaklah hanya dibagian Hardwarenya saja, melainkan juga pada bagian Softwarenya juga. Software atau perangkat lunak bermasalah juga bisa menimbulkan masalah kerusakan seperti ini.

Untuk mengatasi masalah seperti ini yaitu kerusakan pada software, bisa dilakukan dengan cara flash tv tersebut memakai firmware yang baru dan cocok sesuai dengan tipe tv tersebut. Karena setiap merk dan tipe tv memiliki jenis fiemware yang berbeda beda.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai masalah kerusakan TV LCD layar gelap suara ada yang bisa teknisitv bagikan, semoga bermanfaat dan bagi yang sedang menemui masalah seperti ini bisa membantu dalam proses perbaikan. Dan juga menambah wawasan bagi yang membacanya.

Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Apa Itu TV Analog

Budi
2 min read

Modif Panel LG ke Polytron

Budi
2 min read

Receiver Tanaka

Budi
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *