Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

TV LED Gambar Biru

3 min read

Penyebab dan Cara Mengatasi TV LED Gambar Biru

TV LED Gambar Biru – LED TV merupakan jenis perangkat TV yang teknologi pencahayaanya memakai LED dibalik layar dengan amplitudo otomatis mengikuti alur cahaya yang muncul bersamaan dengan besar kecilnya tingkat cahaya pada gambar. Berbeda dari  TV model sebelumnya TV LED memiliki banyak keunggulan dari kualitas gambar yang jauh lebih baik, sirkuit didalamnya pun lebih simpel.

Selain itu TV LED juga tidak boros listrik karena daya yang dibutuhkan tidak sebesar TV model sebelumnya. Selain itu masih banyak keunggulan lainnya yang bisa kita dapatkan dari TV LED.Walaupun mempunyai banyak kelebihan, TV LED juga tak lepas dari yang namanya masalah atau kerusakan. Jenis kerusakanya pun bervariasi dari yang mudah diatasi sampai pada kerusakan yang tergolong serius atau butuh penanganan khusus.

Kerusakan tersebut diantaranya seperti TV ADA SUARA TIDAK ADA GAMBAR, ada gambar tapi tidak ada suara, remot TV tidak berfungsi, mainboard TV LED rusak, panel TV rusak sampai TV mati total. Sering juga terjadi kerusakan pada bagian layar LED seperti layar bergaris, layar pecah, layar berubah warna, layar blank biru atau putih dan masih banyak kerusakan yang terjadi pada layar TV LED.

Salah satu indikasi telah terjadi kerusakan pada layar adalah warnaya yang tidak normal. Di artikel kali ini akan kita bahas bersama mengenai kerusakan pada layar TV LED khususnya mengenai TV LED gambar biru atau TV LED warna dominan biru. Dibawah ini penjelasan selengkapnya.

Penyebab dan Cara Mengatasi TV LED Gambar Biru

Penyebab TV LED Gambar Biru

Penyebab TV LED Gambar Biru

Warna yang memudar adalah salah satu kerusakan atau masalah yang biasa ditemui pada TV LED. Masalah lainya adalah  warna TV menjadi dominan warna biru, memang tidak merubah gambar namun  cukup mengganggu pada saat menonton.

Untuk mengatasi masalah seperti ini kita harus hati hati dalam menarik kesimpulan. Sebab masalah seperti ini bisa juga backligte yang mana warna berubah jadi biru secara tiba tiba.

Jika mainboard bermasalah juga bisa menyebabkan masalah seperti ini, yang harus kita lakukan yaitu mengecek semua part yang berhubungan dengan gambar. Seperti backlighte, apakah berubah warna atau tidak.

Harus dibutuhkan ketelitian yang maksimal guna menentukan kerusakan yang menyebabkan gambar menjadi dominan biru. Ini bisa terjadi di semua jenis TV LED dari berbagai merk seperti LG, Samsung, Sony, Polytron, Sharp, dan beberapa merk lain. Dan berikut

Penyebab Lain TV LED Berubah Warna

Selain yang sudah dijelaskan diatas, ada juga beberapa penyabab lain yang bisa mengakibatkan  TV LED  berubah warnanya. diantaranya seperti dibawah ini.

1. Module TCON Masih IC AS15

Module TCON Masih IC AS15

Biasanya ini terjadi pada tv keluaran tahun tertentu, yang mana pada tahun tersebut TV LCD maupun LED masih menggunakan module TCON dengan IC AS15.

IC AS15 merupakan  sebuah IC veltage buffer, yang mana jika tegangan keluaran dari IC AS15 tidak pas dengan yang dibutuhkan oleh panel bisa mengakibatkan tampilan pada layar tidak sesuai, pudar atau cenderung putih. Untuk mengatasinya kita harus mengganti IC model ini.

2. Mainboard

Mainboard

Diatas telah disinggung sedikit bahwa mainboard yang bermasalah juga bisa menyebabkan perubahan warna pada layar LED. Mainboard atau biasa disebut juga motherboard merupakan papan utama yang berisi chip controller serta komponen yang letaknya berada di dalam TV itu sendiri.

Dimana komponen tersebut sebagai pengatur lalu lintas data di sistem mainboard. Kita bisa periksa kabel LVDS dari mainboard ke contoller board, cek apakah kabel ada yang longgar. Jika ada, copot dan pasang ulang dengan benar. Kemudian reset FPCB dari controller board ke driver board dan juga periksa sambungan solder pada konektor ke board.

3. Pengaturan Warna di Remot TV

Pengaturan Warna di Remot TV

Kerusakan warna pada pada layar juga bisa terjadi karena pengaturan warna di remote yang salah yang mengakibatkan warna jadi tidak normal.

Cara memperbaikinya cukup mudah,  tinggal tekan tombol menu di remote terus pilih tanda panah kebawah. kemudian pilih pencarian manual, klik enter cari tulisan sistem warna.

Selanjutnya pilih dan ubah dari NTSC menjadi PAL, warna TV akan menjadi normal kembali. tekan exit untuk keluar.

Cara Mengatasi TV LED Gambar Biru atau Dominan Biru

Cara Mengatasi TV LED Gambar Biru atau Dominan Biru
  1. Pertama yang harus kita cek adalah gambarnya terlebih dahulu, apakah gambar berwarna seperti pelangi atau hanya satu warna saja. Kalau seperti warna pelangi kerusakan kemungkinan terjadi pada panel atau CSD displaynya.
  2. Selanjutya cek juga apakah ada garis pada tampilan gambar, jika iya berarti memang panel CSD displaynya yang rusak.
  3. Selanjutnya amati juga gambarnya apakah masih lengkap atau tidak, jika masih lengkap dan tidak disertai garis dan juga warna pelangi berarti bisa dipastikan panel aman.
  4. Kemudian kita bisa cek backlightnya dengan cara membongkar panel, karena bisa jadi backligte telah berubah warna menjadi biru atau dominan biru.
  5. Cek backlight menggunakan alat tes backlight, dan pastikan lampu bersinar putih terang dan jika ada perubahan pada sinar yang tidak lagi putih tetapi berubah menjadi kebiruan berarti ini yang membuat gambar TV LED dominan biru.
  6. Selanjutnya yang bisa kita lakukan adalah mengganti semua lampu backlightnya satu shet langsung, agar gambar yang dihasilkan sempurna dan juga awet. Yang juga perlu diperhatikan juga yaitu  mengenai restansinya, gantilah lampu backligtnya dengan restansi yang sama. Misal lampu yang dibutuhkan 3 volt, ya ganti dengan yang  3 volt dan seterusnya.

Akhir Kata

Demikian kurang lebih penjelasan TV LED gambar biru atau  dominan biru yang bisa teknisitv bagikan semoga bisa bermanfaat dan bisa membantu bagi yang membacanya. Sebagai catatan lakukanlah pemeriksaan terlebih dahulu secara mendetail sebelum mengeksekusi atau melakukan tindakan perbaikan, sehingga tidak salah sasaran.

Jika setelah melakukan tindakan perbaikan tetapi belum bisa mengembalikan gambar kembali normal, sebaiknya bawa ke tempat ahlinya atau tukang service televisi.

Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *