Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

TV LED Polytron Layar Blank Putih

2 min read

TV LED Polytron Layar Blank Putih

TV LED Polytron Layar Blank Putih – Pada zaman dulu televisi pada umumnya memiliki bentuk yang simpel, tidak banyak aksesoris jika dibandingkan dengan TV zaman sekarang. Hal tersebut bisa dilihat dari bentuknya, diman jika TV zaman dulu berbentuk tabung yang masih cembung serta jika dilihat dari komponen didalamnya yang tidak sesimpel TV zaman sekarang.

Namun dengan semakin berkembangnya teknologi, sebuah perangkat televisi juga berevolusi dan berinovasi, salah satunya bisa dilihat dari bentuk tabung yang cembung sekarang menjadi datar dan flat. Selain itu sekarang juga TV memiliki bentuk yang lebih menarik, sehingga lebih meningkatkan jumlah peminat untuk memiliki sebuah perangkat televisi. Bahkan untuk televisi keluaran terbaru, yang sedang buming sebuah televisi dengan sebutan TV LCD atau TV LED.

Televisi LCD / LED memiliki keunggulan yang jauh berbeda dari televisi model sebelumnya. Keunggulan itu bisa terlihat dari kualitas gambar yang jauh lebih baik serta model dan sirkuit didalamnyapun lebih simpel dan juga lebih hemat listrik. Namun sering kali kita mengabaikan tentang cara atau prosedur pemakaian yang seharusnya diperhatikan. Hal tersebut bisa mengakibatkan kerusakan pada televisi, karena terlalu berlebihan dalam pemakaian.

Ada berbagai macam kerusakan yang bisa terjadi pada televisi jenis LED, termasuk pada TV POLYTRON LED. Salah satunya yaitu televisi LED layar hanya putih polos tanpa ada gambar, dengan kata lain layar blank putih polos namun suara normal. Hal seperti ini biasanya disebabkan karena ada masalah pada panel LED.

TV LED Polytron Layar Blank Putih

Namun tidak menutup kemungkinan karena sebab yang lain yang bisa mengakibatkan TV blank putih. Untuk itu sesuai dengan judul artikel diatas, kali ini teknisitv akan membahas tentang hal tersebut, yaitu TV LED Polytron layar blank putih. Simak pembahasanya dibawah ini.

Penyebab TV LED Layar Blank Putih

Penyebab TV LED Layar Blank Putih

Beberapa hal yang menyebabkan TV LED layar blank Putih, diantaranya yaitu :

  • Tegangan +B yang menuju Timing Control (T- Con) hilang. T-Con biasanya membutuhkan tegangan sebesar 12 volt, namun ada sebagian televisi yang memakai tegangan 5 volt. Periksa tegangan +B dari motherboard, apakah ada atau tidak.
  • Fuse atau sekring yang terletak di board T Con putus. Cek sekring menggunakan multimeter dengan skala ohm atau di posisi buzzer, letak sekring berada dekat dengan soket kabel LVDS.
  • Firmware TV korup. Permasalahan seperti ini yaitu TV LED layar blank putih juga bisa disebabkan karena firmware yang tersimpan pada eeprom korup / rusak. Untuk mengatasinya perlu dilakukan proses flashing.
  • Kerusakan pada board rangkaian T Con. Ganti board T Con secara komplit jika rangkaian T Con tidak menyatu dengan panel.
  • Kemungkinan kerusakan pada IC Gamma. Ganti IC Gamma dengan yang baru T Con memakai IC Gamma AS 15.

Itu dia beberapa penyebab yang bisa mengakibatkan TV LED layar blank putih.

Langkah Memperbaiki TV LED Layar Blank Putih

Langkah Memperbaiki TV LED Layar Blank Putih

Berikut ini langkah langkah yang bisa diikuti untuk mengetahui penyebab sekaligus memperbaiki permasalahan TV LED layar blank putih :

  • Pertama periksa terlebih dahulu bagian kapasitor elektrolit PSU serta jalur koneksi pada PSU.
  • Selanjutnya lakukan pengecekan pada sekring pico yang berada pada papan controller, jika nilai ohm pada sekring tinggi maka lakukan penggantian sekring.
  • Periksa kabel NVDS yang menjadi penghubung antara mainboard dengan papan contoller.
  • Cek patrian timah pada koneksi kabel atau socket.
  • Kemudian lakukan resset kabel ribbon yang dari controller board menuju driver board.
  • Kemudian lakukan juga pemeriksaan pada komponen komponen lain yang berhubungan dengan papan controller, utamanya papan controller itu sendiri.

Nah Itu dia yang bisa dilakukan untuk mengetahui penyebab sekaligus memperbaiki TV LED layar blank putih. Jika perbaikan menggunakan cara diatas belum membuahkan hasil, sebaiknya ulangi pengecekan sekali lagi dengan maksud untuk mengetehui bahwa semua proses sudah dilakukan dengan benar.

Akhir Kata

Demikian artikel mengenai pembahasan tentang TV LED Polytron layar blank putih yang bisa teknisitv bagikan, semoga bisa bermanfaat dan bisa jadi bahan referensi untuk mengatasi permasalahan seperti tersebut diatas.

Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Kerusakan TV LED LG Layar Gelap

Budi
3 min read

Mixer Audio Terbaik

Budi
5 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *