Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

TV LED Polytron Standby Susah Start

2 min read

TV LED Polytron Standby Susah Start

TV LED Polytron Standby Susah Start – Pada kesempatan kali ini teknisitv akan membahas beberapa kerusakan posisi standby yang ditemui pada TV LED Polytron. Standby disini mempunyai arti yang bermacam macam, misal posisi standby saat off atau televisi dimatikan menggunakan remot kontrol dengan posisi standby off sehingga televisi tidak hidup karena standby power kontrol.

Dan ketika televisi dinyalakan menggunakan remot kontrol ataupun dengan menekan tombol panel pada televisi, maka televisi tersebut akan menyala lagi. Hal ini dinamakan TV standby normal atau mati karena tidak dinyalakan alias standby off.

Pada sebuah perangkat televisi sering ditemui berbagai macam kerusakan yang diakibatkan karena adanya kontak langsung dengan tegangan PLN yang tidak stabil atau karena adanya short tegangan pada beberapa part atau komponen main board TV LED tersebut.

Untuk mengetahui lebih jelas mengenai permasalahan atau KERUSAKAN TV LED POLYTRON mati standby susah start. Bisa simak pembahasannya dibawah ini.

TV LED Polytron Standby Susah Start

Penyebab dan Cara Mengatasi TV LED Polytron Mati Standby

Penyebab dan Cara Mengatasi TV LED Polytron Mati Standby

Ada beberapa penyebab yang bisa mengakibatkan televisi LED Polytron mengalami kerusakan mati standby, diantaranya yaitu :

1. Bord Rusak

Bord yang rusak merupakan salah satu penyebab kerusakan seperti ini, hal tersebut bisa diketahui dengan cara melakukan pengetesan menggunakan remote kontrol dan tombol panel televisi. Dimana hasilnya adalah baik remot kontrol maupun papan tombol panel tidak berfungsi sama sekali dan standby lampu indikator LED nyala merah namun tidak kedip seperti tv yang normal (ciri khas TV Polytron).

Kedip disini merupakan ciri dari televisi merk Polytron, dimana dengan adanya kedipan ini bisa dengan mudah menebak letak serta menganalisa kerusakan. Cara mengatasinya cukup mudah hanya dengan menekan tombol On beberapa kali, maka televisi bisa nyala normal kembali.

2. Eeprom Rusak

Penyebab selanjutnya adalah karena adanya kerusakan pada data di eeprom (data korup). Hal ini mengakibatkan hanya lampu indikator LED saja yang menyala dan televisi mati standby susah dihidupkan.

Untuk mengatasinya yaitu dengan cara mengganti atau mengeflash ulang firmware yang tentunya disesuaikan dengan tipe televisi.

3. IC Micom / IC TZUM 59XX Rusak

IC Micom yang rusak juga bisa menyebabkan permasalahan atau kerusakan seperti ini. Komponen yang satu ini memang sering kali rusak akibat pemakaian televisi yang tidak wajar sehingga mengakibatkan komponennya mengalami panas yang berlebih (over heat) lalu mengalami kerusakan IC micom.

Solusi mengatasinya yaitu dengan melakukan penggantian pada komponen ini yakni IC micom.

4. Elco Power Supply Rusak

Kerusakan di elco power supply juga sering terjadi pada TV LED Polytron, hal tersebut diakibatkan karena kurangnya nilai tegangan sehingga tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya. Ciri cirinya biasanya ditandai dengan fisik dari elco yang berubah bentuknya yaitu melembung pada ujungnya.

Mengatasinya yaitu dengan cara melakukan penggantian pada elco elco yang mengalami kerusakan, tentunya dengan yang memiliki tipe serta seri yang sama.

Tes Poin Mainboard Untuk TV LED Polytron Mati Standby

Tes Poin Mainboard Untuk TV LED Polytron Mati Standby

Sebelum melakukan pengetesan, terlebih dahulu persiapkan peralatanya yaitu Avo meter atau bisa juga Multi tester (bisa manual maupun digital). Pengukuran ini bertujuan untuk memastikan tegangan yang masuk ke mainboard berjalan sesuai seharusnya (normalnya).

Pada saat terjadi permasalahan seperti tersebut diatas, bisa menyebabkan TV LED Polytron susah start, gagal start, nyala sebentar lalu mati lagi. Permasalahan tersebut bisa diatasi dengan memakai cara atau metode seperti tersebut diatas dan kemudian setelah melakukan proses perbaikan sebaiknya lakukan tes poin tegangan terlebih dahulu agar tidak terjadi kerusakan lainnya. Pastikan tegangan yang ada di mainboard memiliki nilai yang seharusnya, yaitu :

  • VCC 12 volt
  • 5 volt
  • 3,3 volt
  • 1,75 volt
  • 2,75 volt

Jadi pastikan semua tegangan yang tersebut diatas ada dan memenuhi kebutuhan mainboard, sebelum memastikan komponen seperti eeprom korup, IC MCU dan lainnya mengalami kerusakan.

Sebagai tambahan, cek tegangan pada mainboard normal pada TV LED Polytron tipe PLD24T800 skema serta tegangan PSU normal 5 volt dan 12 volt.

skema PSU
  • C44 = kurang lebih 1,47 volt
  • Q2 = 12 volt
  • U1 =3,39 volt
  • U2 =1,29 volt
  • U3 =1,83 volt
  • TU2 = 3,30 volt

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai TV LED Polytron standby susah start yang bisa teknisitv bagikan, semoga bisa membantu dan bermanfaat serta bisa menambah wawasan bagi para pembacanya.

Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *