Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

TV LED Sony Bravia Lampu Berkedip

3 min read

Cara Atasi TV LED Sony Bravia Lampu Berkedip dan Arti Kode Kedipan

TV LED Sony Bravia Lampu Berkedip – Pesawat televisi atau yang sering kita sebut TV beberapa tahun belakangan ini memang mengalami perkembangan yang cukup pesat.  Jika dulu kita hanya mengenal tv jenis tabung tetapi sekarang telah muncul jenis atau tipe dengan desain yang jauh lebih ramping seperi LCD maupun LED.

Salah satu jenis  TV LED yaitu Sony Bravia. Tv LED Sony Bravia merupakan produk keluaran dari sony. Berbeda dengan TV lainya, BRAVIA menyelaraskan yang kita lihat dan dengar secara harmonis. Selain gambar yang mengagumkan kita juga bisa menikmati suara yang kuat serta jernih plus kontrol yang praktis, demikian juga desainya yang menawan.

Bukan cuma itu, Sony juga memiliki fitur hemat energi sehingga tidak boros listrik jika TV kita nyalakan terus menerus. Beberapa keunggulan lainya yang bisa kita dapat dari  Sony Bravia ini diantaranya yaitu  bergaya minimalis, fitur resolution enhancer, audio yang berkualitas. Selain itu Sony Bravia juga memiliki Port yang lengkap seperti port USB, port HDMI, port AUX, dan juga line in/out.

Dari semua kelebihan ataupun keunggulan yang didapat dari Tv LED Sony Bravia, tentu pastilah ada kekuranganya atau kelemahan. Diantaranya yaitu harga belinya yang cukup mahal dan juga harga sparepartnya cukup mahal jika dibandingkan dengan Tv LED merk lain.

TV LED Sony Bravia Lampu Berkedip

Mengatasi TV LED Sony Bravia Lampu Berkedip

Panduan Cara Mengatasi TV LED Sony Bravia Lampu Berkedip

Sebenarnya lampu berkedip pada TV LED Sony Bravia adalah sebuah kode atau petunjuk dimana dengan kedipan tersebut kita bisa menganalisa dimana letak kerusakan ataupun bagian mana yang harus diperbaiki. Sehingga dengan kontrol LED tersebut akan memudahkan sekaligus mempercepat waktu kita dalam proses dalam proses perbaikanya .

Salah satu cara mengatasinya yaitu dengan cara mereset Tv LED Sony yang gagal star. Cara untuk mereset Tv LED Sony yang gagal star yaitu sebagai berikut.

  1. Pertama dengan cara mencabut kabel steker listriknya hingga tegangan benar benar hilang
  2. Kemudian masuk ke factory reset memakai remot Tv
  3. Selanjutnya tekan tombol “up” yang ada pada remot
  4. Terus tekan tombol power on secara bersamaan
  5. Jika hal tersebut tidak bisa mengatasi atau masih gagal berarti masih ada beberapa kerusakan yang terjadi. Jika hal itu terjadi sebaiknya dibawa ke tukang service Tv.

Kode Kedip TV LED Sony Bravia

Kode Kedip TV LED Sony Bravia

Seperti yang telah disinggung diatas lampu atau layar berkedip pada Tv Sony Bravia merupakan kode atau yang lebih dikenal sebagai protek. Yang artinya ada salah satu komponen yang bermasalah ataupun rusak.

Jumlah kedipannyapun bervariasi, ada yang  5 kedipan, 6 kedipan sampai paling banyak biasanya 14 kali kedipan. Dimana jumlah kedipan lampu indikator merah menunjukan bagian atau komponen yang berbeda beda.

1. TV LED Sony Bravia Berkedip 2 Kali

Yang pertama TV LED Sony berkedip 2 kali menandakan adanya masalah pada bagian Power Supplay. Jadi kita bisa melakukan pemeriksaan di bagian board power supply guna menemukan part atau komponen yang bermaslah, dimana ini yang menjadi poin atau titik fokus pemeriksaanya.

2. TV LED Sony Bravia Berkedip 3 Kali

Untuk TV LED Sony yang berkedip 3 kali tidak jauh berbeda dengan yang berkedip 2 kali yaitu kerusakan terdapat pada bagian Power Supplaynya atau bagian papan regulator. Jadi kita bisa melakukan pemeriksaan pada bagian tersebut.

3. TV LED Sony Bravia Berkedip 5 Kali

TV LED Sony yang berkedip 5 kali menandakan bahwa masalah atau kerusakan ada pada bagian panel LCD. Penyebabnya biasanya tegangan lcd yang menuju T-con hilang atau ada yang short pada saat masuk ke T-con. Untuk itu kita bisa melakukan  pengecekan tes poin ke jalur panel LED.

4. TV LED Sony Bravia Berkedip 6 Kali

TV LED Sony yang berkedip 6 kali sudah bisa dipastikan bahwa masalah atau kerusakan yang terjadi ada pada bagian lampu backlightnya. Umumnya ada beberapa lampu yang mati, untuk mengetahuinya kita bisa melakukan pengecekan satu persatu lampu menggunakan multitester. Jika backlight atau inverter board normal, lanjutkan pengecekan pada bagian power supplay serta mainboard.

5. TV LED Sony Bravia Berkedip 7 Kali

TV LED Sony yang berkedip 7 kali biasanya menandakan bahwa masalah atau kerusakan yang terjadi bagian main board. Jadi ini bisa kita jadikan titik fokus pengecekan terhadap masalah yang terjadi. Bisa jadi karena papan board atau main board tv terlalu panas atau disebut juga over heat, ini bisa menyebabkan tv tidak normal yang ditandai dengan lampu terus berkedip merah.

6. TV LED Sony Bravia Berkedip 8 Kali

Jika TV LED Sony berkedip sebanyak 8 kali biasanya masalah yang terjadi ada bagian papan board, dimana ada part atau komponen yang bermasalah terutama di bagian seperti port usb hdminya. Disini kita bisa jadikan titik fokus pengecekanya.

7. TV LED Sony Bravia Berkedip 11 Kali

Selanjutnya untuk TV LED Sony yang berkedip 11 kali biasanya masalah yang terjadi ada pada bagian papan bord atau main board, dimana ada IC yang rusak. Solusinya kita bisa mengganti ICnya dengan yang baru.

8. TV LED Sony Bravia Berkedip 12 Kali

TV LED Sony yang berkedip 12 kali merupakan tanda dimana masalah yang terjadi ada pada bagian panel LCD, terutama pada bagian T-con nya yang rusak.

9. TV LED Sony Bravia Berkedip 13 Kali

TV LED Sony yang berkedip 13 kali menandakan adanya masalah atau kerusakan  pada bagian panel LCD inverter boardnya.

10. TV LED Sony Bravia Berkedip 14 Kali

TV LED Sony yang berkedip 14 kali merupakan tanda kerusakan atau masalah pada bagian HFR atau pada bagian panel LCD, bisa juga pada bagian T-con nya.

Arti Jumlah Kedipan

Perlu diketahui kita bisa menghitung jumlah kedipan pada saat lampu indikator berwarna merah bukan hijau. Dibawah ini merupakan daftar kode kedip berserta komponen atau bagian yang yang bermasalah yang ditunjukan  oleh kode kedip tersebut.

Jumlah KedipArti/Keterangan
Kedip dua (2) kaliPower Supplay
Kedip tiga (3) kaliPower Supplay atau Papan Regulator
Kedip lima (5) kaliJalur Panel LCD atau LED
Kedip enam (6) kaliBacklight atau Inverter board
Kedip tujuh (7) kaliMain Board
Kedip delapan (8) kaliMain Board atau Papan Board
Kedip sebelas (11) kaliMain Board
Kedip dua belas (12) kaliPanel LCD atau T-Con
Kedip tiga belas (13) kaliPanel LCD Inverter Boards dan Balancer Boards
Kedip empat belas (14) kaliPanel LCD atau T-con

Akhir Kata

Demikian tadi pembahasan seputar  TV LED Sony Bravia lampu berkedip yang dapat Teknisitv bagikan. Bagi kalian yang saat ini sedang mengalami masalah seperti diatas, semoga dengan membaca artikel diatas masalah tersebut bisa segera teratasi.

Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Penyebab TV LED Berubah Warna

Budi
2 min read

TV LED Bergaris

Budi
4 min read

One Reply to “TV LED Sony Bravia Lampu Berkedip”

  1. Om… kalau kedip nya 9 kali itu artinya ap?? Ini saya hitung 9 kali kedip indikator merah nya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *