Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

TV LED Toshiba Suara Hilang

3 min read

TV LED TOSHIBA SUARA HILANG

TV LED Toshiba Suara Hilang – Telelevisi adalah media tekekomunikasi yang berfungsi sebagai penerimaan gambar bergerak dan juga suara, baik itu hitam putih maupun berwarna. Kata “televisi” merupakan gabungan dari kata “tele” berarti jauh (bahasa yunani) dan kata “visio” berarti penglihatan (bahasa latin), jadi televisi bisa juga diartikan sebagai alat komunikasi jarak jauh yang menggunakan media penglihatan. Televisi pertama kali ditemukan pada tahun 1926 oleh John Logie Baird.

Kini televisi merupakan perangkat elektronik yang pasti ada disetiap hunian, bahkan tidak hanya dijadikan sebagai sumber hiburan semata. Tetapi sekarang ini televisi juga dijadikan sebagai bahan dekorasi untuk sebuah ruangan agar tampak lebih menarik.

Dari tahun ke tahun jenis televisi pun mengalami perkembangan yang cepat dan semakin beragam. Dulu yang kita kenal mungkin hanya jenis tv tabung saja, tetapi sekarang dengan seiring perkembangan zaman dan juga tekhnologi jenis jenis tv juga semakin beragam dari mulai tv tipe Flat, tv LCD, tv LED, tv Digital sampai dengan tv analog.

Semakin berkembang dan dilengkapi dengan fitur fitur canggih membuat tv semakin dicari masyarakat. Hal ini membuat  perusahaan perusahaan produsen  televisi berlomba  lomba mengembangkan televisi untuk menarik konsumenya. Di Indonesia sendiri terdapat beberapa perusahaan elektronik yang sudah banyak dikenal seperti LG, SANYO, SAMSUNG, TOSHIBA, SHARP, dan masih banyak yang lainya.

Namun walaupun bertambah berkembang dan semakin canggih, bukan berarti jauh dari yang namanya kerusakan. Kerusakanyapun bermacam macam, salah satunya akan kita bahas pada kesempatan kali ini, yaitu suara  tv hilang.

TV LED Toshiba Suara Hilang

Cara Mengatasi TV LED Toshiba Suara Hilang

Seiring dengan lamanya pemakaian dan juga kerja dari mesin, sebuah pesawat televisi pasti akan mengalami kerusakan, baik itu bagian dalam mesin ataupun bagian luar tv itu sendiri. Jenis kerusakanya pun bervariasi, dan salah satunya kerusakan pada sistem audio atau suara.

Masalah yang sering terjadi pada sistem suara biasanya adalah suara televisi kecil, suara serak, suara kemresek, bahkan ada yang tidak ada suaranya sama sekali atau suaranya hilang. Ada berbagai penyebab pasti yang harus kita ketahui, apa saja dan bagaimana cara mengatasinya? Kita simak ulasanya dibawah ini.

1. Pastikan Pengaturan Suara Sudah Benar

pengaturan suara

Periksa apakah televisi kita dalam mode “MUTE” . Tv tidak akan mengeluarkan suara walau diganti chanel jika Tv dalam mode mute. Biasanya akan terdapat logo atau icon berupa gambar spesker disilang dipojok layar televisi jika televisi dalam mode mute. Untuk menonaktifkanya kita tinggal tekan tombol mute yang ada pada remot.

2. Periksa Kondisi Speaker

speaker tv

Speaker merupakan komponen utama sebuah televisi yang fungsinya untuk mengeluarkan suara. Jadi memeriksa kondisi speaker apakah masih normal atau sudah rusak merupakan hal yang harus dilakukan dalam hal mengatasi suara Tv yang hilang.

Sebuah Tv biasanya dilengkapi dengan dua buah speaker agar suara menjadi stereo dan enak didengar. Kerusakan yang terjadi pada sebuah speaker biasanya gulungan tembaga didalam putus atau kabelnya putus menyebabkan suara tidak keluar atau hilang.

3. Cek Tegangan Jalur Audio

Cek Tegangan Jalur Audio

Pada umumnya tegangan IC Audio berkisar antara 12 – 15 volt arus DC, jika kurang dari itu kemungkinan besar kerusakan ataupun yang menyababkan suara tv hilang terjadi pada IC Audio. Jadi memeriksa tegangan jalur audio juga penting untuk dilakukan karena merupakan komponen penting yang mengendalikan suara tv.

4. Menyolder Ulang Kaki IC Audio

Menyolder Ulang Kaki IC Audio

Jika kita mendapati kerusakan seperti ini, yaitu suara tv hilang terjadi pada tv yang sudah berumur atau pemakaian yang sudah lama biasanya karena ada solderan yang retak ataupun longgar yang mengakibatkan IC tidak terhubung sempurna.

Biasanya jika solderan sudah retak dan tidak terhubung dengan baik, ketika tv digoyangkan atau dipukul suara akan muncul kembali. Ada juga yang cuma suara kemresek saja kemudian hilang kembali.

Hal yang bisa kita lakukan jika hal seperti diatas terjadi adalah solder ulang semua kaki IC Audio. Selanjutnya setelah penyolderan selesai, kita periksa juga kondisai IC Control tv, karena bisa jadi ada solderan yang longgar juga pada kaki IC Control.

Penyebab TV LED Toshiba Suara Hilang

Penyebab TV LED Toshiba Suara Hilang

Setelah membahas cara mengatasi suara tv yang hilang, tentunya kita jadi bertanya tanya apa sebenarnya penyebab masalah tersebut bisa terjadi. Mungkin tidak semua, tetepi biasanya penyebabnya biasanya karena ada masalah pada sistem audio.

Penyebabnya adalah kerusakan pada speaker,  IC Audio, atau ada jalur yang putus. Kerusakannya bisa hanya karena longgar atau kurang kencang, bisa juga karena memang sudah lemah dan harus diganti dengan yang baru.

Selain beberapa kasus diatas, ada juga kasus lain yang bisa menyababkan suara tv hilang. Seperti pada kasus dibawah ini.

Sebelum ke langkah langkah penyelesainnya, perlu diketahui masalah yang dihadapi adalah suara tv tidak ada tetapi gambar bagus. Untuk itu kita lakukan pemeriksaan terlebih dahulu dan didapat poin poinya sebagai berikut :

  • Televisi menggunakan IF modul, didalamnya berisi penguat IF gambar dan MSP.
  • MSP fungsinya untuk memproses penerimaaan suara stereo serta untuk kontrol suara.
  • Penguat audio berfungsi normal.
  • Seteleh diperiksa memakai osiloskop, bagian IF modul tidak keluar suara ( pin-16/18 ) audio out.

Langkah langkah yang bisa kita lakukan untuk mengatasi suara hilang TV Toshiba dengan penyebab diatas adalah:

1. Cek Komunikasi Data SDA/SCL

Yang pertama kita cek terlebih dahulu komunikasi data SDA/SCL antara mikrokontrol dengan IC MSP yang berada di dalam modul. Sehingga kita gunakan fasilitas SELF CHECK yang dipunyai modul ini. Caranya yaitu sebagai berikut ;

  • Yang pertama adalah kita masuk ke “service mode” terlebih dulu
  • Selanjutnya klik tombol “sembilan” (9)
  • Kemudian akan muncul display  yang menerangkan apakah ada masalah pada sistem BUS LINE (SDA/SCL)
  • Selanjutnya jika ternyata BUS LINE tidak ada masalah, itu berarti IC MSP masih bekerja normal.

Karena IC MSP masih normal, maka yang perlu diperiksa selanjutnya yaitu “data eeprom”.

2. Cek Data Eprom

Langkah yang kedua atau yang selanjutnya yaitu memeriksa data eprom melalui DESIGN MODE. Berikut ini caranya :

  • Yang pertama kita ke “service mode” terlebih dahulu
  • Selanjutnya tekan dan tahan tombol “DISPLAY” (CALL) pada remot, dan tekan tombol “MENU” pada  TV
  • Kemudian dengan menggunakan tombol “PROGRAM UP/DOWN” kita cari dan pilih item MTS
  • Selanjutnya jika data MTS  berubah menjadi “0”  berarti ketahuan masalahnya, kemudian kita rubah data tadi menjadi “1” menggunakan tombol  “VOL-UP”
  • Langkah selanjutnya yaitu kita keluar dari DESIGN MODE dengan cara matikan power TV.
  • Yang terakhir, nyalakan lagi TV, dan suara kembali normal.

Layanan Call Center TV Toshiba

Layanan Call Center TV Toshiba

Apabila telah menggunakan cara cara diatas tetapi tetap tidak keluar suaranya, sebaiknya anda hubungi call center ataupun service center dari toshiba.

  • Nomor Telepon : ( 021 ) 2664 5888
  • Alamat Email     : sales.toshiba@carrier.co.id

Demikian pembahasan seputar Tv LED Toshiba suara hilang yang bisa teknisitv.com beritahukan, semoga bisa membantu dan bermanfaat serta dapat menambah wawasan bagi para pembacanya.

Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Apa Itu TV Analog

Budi
2 min read

Modif Panel LG ke Polytron

Budi
2 min read

Receiver Tanaka

Budi
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *