Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

TV Panasonic Tidak Ada Suara

2 min read

TV Panasonic Tidak Ada Suara

TV Panasonic Tidak Ada Suara – Jika pada artikel sebelumnya telah dibahas mengenai TV SHARP AQUOS TIDAK ADA SUARA, pada kesempatan kali ini teknisitv akan membahas tentang TV Panasonic tidak ada suara. Jadi buat yang sedang mencari solusi mengenai permasalahan tersebut, bisa simak pembahasannya dibawah ini.

Seperti kita ketahui bersama bahwa Panasonic merupakan salah satu merk produk elektronik yang beredar di pasar elektronik Indonesia. Produknya pun beragam, diantaranya yaitu lemari es, AC, mesin cuci, dan masih banyak lagi produk lainnya, termasuk yang akan kita bahas pada artikel kali ini yaitu TV Panasonic.

TV Panasonic terkenal memiliki kualitas yang bagus serta memiliki daya tahan yang kuat, sehingga bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. Namun namnya sebuah barang pastinya akan mengalami yang namanya kerusakan. Permasalahan atau kerusakan yang bisa terjadipun bermacam macam. Salah satunya yaitu TV Panasonic yang tidak ada suara.

Permasalah atau kerusakan seperti ini yaitu televisi tidak ada suara bisa terjadi pada TV jenis tabung maupun jenis LCD / LED. Sebenarnya untuk mengatasi permasalahan seperti ini bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan, tetapi bukan tidak mungkin masih banyak pengguna yang masih mengalami kebigungan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Jadi simak ulasan dari teknisitv dibawah ini.

TV Panasonic Tidak Ada Suara

Solusi TV Panasonic Tidak Ada Suara

Solusi TV Panasonic Tidak Ada Suara

TV yang tidak ada suara hanyalah satu dari sekian banyak permasalahan atau jenis kerusakan yang bisa dialami oleh sebuah perangkat televisi. Televisi yang mengalami permasalahan seperti ini ditandai dengan televisi mau menyala tetapi TV tidak ada suara.

Untuk mengatasi TV Panasonic yang tidak ada suara bukanlah hal sulit, tetapi terlebih dahulu harus memahami bagian atau komponen komponen dari televisi, cara mengukur komponen serta bisa mengukur tegangan.

Hal pertama yang harus jika menemui permasalahan seperti ini yang perlu dilakukan yaitu melakukan analisa pada bagian IC suara TV Panasonic tersebut. Berikut ini beberapa hal yang perlu dilakukan untuk mengatasi TV Panasonic tidak ada suara :

Menyolder Ulang Bagian IC Suara

Banyak kasus kerusakan televisi yang diakibatkan oleh sebab kondisi solderan yang sudah dalam kondisi tidak bagus. Jadi menyolder ulang kaki kaki bagian IC Suara merupakan solusi yang sangat bagus untuk dilakukan.

Periksa Kondisi Speaker

Speaker merupakan komponen utama pada televisi yang berfungsi untuk mengeluarkan suara, jadi jika speaker mengalami kerusakan secara otomatis televisi Panasonik tidak akan ada suaranya. Untuk itu sebelum melakukan pembongkaran untuk menganalisis kerusakan secara lebih mendalam, sebaiknya lakukan pengecekan terlebih dahulu kondisi speaker TV Panasonic anda.

Menganalisa Kerusakan Pada Bagian IC Suara

Bagian IC suara yang mengalami kerusakan juga bisa menyebabkan permasalahan seperti ini. Jadi untuk mengetahuinya bisa lebih dahulu melakukan pengukuran tegangan pada pin vcc IC suara. Kalau pada pin tidak terdapat tegangan, seterusnya bisa coba untuk menelusuri komponen yang sejalur dengan IC suara hingga sampai pada sumber tegangan IC suara di bagian regulator.

Jika tegangan dari regulator ada tetapi pin vcc IC suara tidak ada tegangan, kemungkinan terjadi kerusakan pada IC suara. Namun sebelumnya pastikan terlebih dahulu untuk mengecek komponen yang satu jalur dengan IC suara serta cek jalurnya juga yang menuju IC suara dan pastikan tidak ada yang putus.

Jika pada pin vcc IC suara ada tetapi pin output IC suara tidak ada, hal ini juga menandakan bahwa IC suara sudah rusak.

Lakukan juga pengecekan pada komponen yang berada disekitar IC suara, seperti elco, resistor, transistor. Sebab tidak jarang permasalahan TV Panasonic yang tidak ada suara juga disebabkan oleh IC rusak serta komponen bagian IC yang rusak, jadi lakukanlah pengecekan dengan teliti.

Akhir Kata

Demikian artikel singkat dari teknisitv mengenai pembahasan TV Panasonic tidak ada suara, semogs bisa bermanfaat serta bisa dijadikan sebagai referensi bagi yang sedang membutuhkan. Serta dapat menambah wawasan bagi para pembacanya.

Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Pasta Solder Yang Bagus

Budi
1 min read

Cara Update Firmware TV Toshiba

Budi
1 min read

Cara Update Firmware TV LG

Budi
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *