Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

TV Samsung Suara Kecil

2 min read

TV Samsung Suara Kecil

TV Samsung Suara Kecil – Setiap pemilik atau pengguna televisi pastinya menginginkan barang atau perangkat televisinya memiliki kualitas yang baik, hemat energi serta tahan lama / awet. Tetapi layaknya barang elektronik pada umumnya, televisi juga tak lepas dari yang namanya permasalahan atau kerusakan.

Namun jika pada saat membeli sebuah perangkat televisi. Memilih atau membeli televisi terbaik serta telah benar benar teruji, kemungkinan mengalami kerusakan atau permasalahan bisa sedikit dihindari. Itulah mengapa kualitas menjadi pertimbangan yang paling utama dalam memilih atau membeli televisi. Salah satu televisi yang memiliki kualitas bagus yaitu Samsung.

Beberapa kerusakan diantaranya tergolong sepele dan mudah diatasi, sedangkan beberapa yang lainnya masuk kedalam kategori serius serta membutuhkan penanganan khusus. Termasuk juga didalamnya beberapa jenis kerusakan yang umum terjadi pada televisi.

Permasalahan permasalahan diatas bisa terjadi pada semua merk televisi, serta juga pada jenis televisi keluaran terbaru. Pada kesempatan kali ini teknisitv akan membahas salah satu permasalahan yang terjadi pada TV Samsung, yakni tentang TV Samsung suara kecil. Jadi biar tidak penasaran, simak penjelasannya dibawah ini.

TV Samsung Suara Kecil dan Solusi Mengatasinya

Mengatasi Permasalahan Suara Pada TV Samsung

Mengatasi Permasalahan Suara Pada TV Samsung

Ada beberapa jenis permasalahan yang bisa atau sering terjadi pada sistem suara / audio pada sebuah perangkat televisi. Bahkan dibeberapa tipe TV ada kerusakan yang cukup mudah diatasi seperti halnya TV LED TOSHIBA SUARA HILANG atau yang lainnya. Selain itu, beberapa masalah lain yang juga sering muncul diantaranya;

  • Suara tidak bersih
  • Suara Kecil (tidak bisa dibesarkan atau dikecilkan)
  • Tidak ada suara

Untuk lebih menetahui tentang beberapa kerusakan diatas dan juga cara mengatasiya, simak penjelasannya dibawah ini.

TV Samsung Suara Tidak Jernih

Permasalahan seperti ini biasanya terjadi karena adanya masalah pada IC utama, bisa juga karena letak atau posisi antena yang tidak tepat. Tapi bisa juga karena posisi pengaturan sistem suara bukan pada BG / PAL.

Pengaturan sistem suara ini dapat disetting melalui remot kontrol, setelah sistem suara pada BG atau PAL lalu posisikan arah antena yang sesuai dan benar. Namun jika suara masih tidak jernih, lakukan pengukuran komponen yang berhubungan dengan IC utama.

Secara teori jika frekuensi suara yang diterima televisi tidak sama dengan frekuensi yang dipancarkan oleh stasiun pemancar televisi akan menyebabkan suara tidak jernih. Selain itu Tunning yang kurang tepat juga bisa menyebkan suara tidak jernih.

TV Samsung Suara Kecil (Tidak Dapat Dibesarkan dan Dikecilkan)

Kalau suara tidak bisa dibesarkan maupun dikecilkan, bisa jadi kerusakan terjadi pada IC Program atau komponen yang berhubungan atau mendukung kerja dari IC Program. Berikut ini merupakan contoh kasus tentang TV Samsung suara kecil :

Diagnosa : Televisi dihidupkan gambar ada, suara juga ada namun suara yang dikeluarkan speaker kecil walaupun volume suara sudah dinaikan maksimal.

Solusi : Pertama terlebih dahulu lakukan pemeriksaan pada bagian power Amplifier yang menggunakan IC type LA 42102 sebagai komponen utamannya. Tegangan supply ke IC adalah 15 Volt yang mana diseri ke Resistor sebsgsi pengaman, untuk nilai resistornya yaitu o,5 X2.

Jadi ketika ada masalah di output IC power amplifier, tegangan supply akan drop. Setelah diperiksa dan ternyata IC berfungsi baik. Dan ternyata kerusakan disebabkan karena speaker yang nilai impendasinya sangat kecil, bahkan tidak ada sama sekali hambatannya. Jadi solusinya yaitu melakukan penggantian speaker.

TV Samsung Tidak Ada Suara

TV Samsung yang tidak ada suara biasanya permasalahan terletak pada IC penguat suara. Dalam hal ini yang perlu diperhatikan adalah apakah kontrol mute pada posisi off dan speaker dalam keadaan baik. Kerusakan juga bisa terjadi pada idient IC Program.

Untuk memastikan apakah IC penguat suara rusak bisa dengan melepas resistor yang berhubungan input ke input IC penguat suara. Selanjutnya sentuh yang berhubungan debgan input IC penguat suara, kalau terdengar suara atau nada di speaker berarti menandakan IC penguat suara masih bagus. Sebaliknya jika tidak ada suara berarti permasalahan atau kerusakan terjadi pada bagian IC penguat suara tersebut.

Kemudian jika IC penguat suara dalam kondisi bagus, kerusakan yang terjadi ada pada rangkaian yang berada dibagian belakang IC penguat suara. Kerusakan pada ident IC program terjadi salah satunya karena tersambar petir yang ditandai dengan terkelupasnya jalur di PCB.

Biasany bagian yang sering mengalami kerusakan yaitu kapasitor dengan kapasitor kecil atau transistor yang berhubungan dengan pin ident IC program. Tegangan catu yang kurang stabil juga dapat menyebabkan kerusakan seperti itu.

Akhir Kata

Demikikian ulasan singkat mengenai TV Samsung suara kecil yang bisa teknisitv bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga menambah wawasan bagi para pembacanya.

Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Apa Itu TV Analog

Budi
2 min read

Modif Panel LG ke Polytron

Budi
2 min read

Receiver Tanaka

Budi
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *