Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

√ TV Sharp Protek 2022 : Penyebab & Cara Memperbaiki

2 min read

TV Sharp Protek

TV Sharp Protek – Terdapat banyak sekali jenis kerusakan yang biasa terjadi pada sebuah perangkat televisi dan salah satunya yaitu TV rusak protek atau mati standby. TV protek bisa terjadi pada semua merk televisi, seperti Samsung, Polytron, Toshiba, LG, Sony dan lain sebagainya termasuk merk televisi yang akan kita bahas kali ini yakni TV Sharp.

Sebenarnya atau pada dasarnya setiap perangkat televisi memiliki sistem protek, dimana sistem protek tersebut dimaksudkan untuk mengantisipasi terjadinya kerusakan yang lebih parah pada pesawat televisi. Sistem protek ini aktif atau bekerja dengan cara memutus paksa tegangan ketika terdapat komponen televisi yang mengalami short atau rusak.

Permasalahan TV Sharp protek atau sistem protek pada TV Sharp aktif biasanya terjadi atau penyebabnya banyak sekali atau bermacam-macam, salah satunya yakni karena adanya beberapa solderan pada mesin TV yang rusak, renggang atau sudah retak akibat lamanya pemakaian serta tidak pernah dibersihkan. Kerusakan televisi Sharp protek juga berbeda-beda dan memiliki ciri atau tanda tersendiri, contohnya seperti protek posisi standby, TV Sharp protek lampu indikator kedip dan lain sebagainya.

Meskipun berbeda serta memiliki ciri masing-masing, kesemua permasalahan TV protek tersebut mempunyai kesamaan yaitu sebagai tanda bahwa adanya masalah pada komponen mesin televisi. Nah untuk mengetahui lebih detail mengenai TV protek, simak ulasan dari teknisitv tentang TV Sharp protek berikut ini.

Penyebab TV Sharp Protek

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa pada dasarnya banyak sekali yang bisa mengakibatkan permasalahan TV Sharp protek dan salah satunya yaitu karena adanya solderan pada komponen televisi yang sudah rusak/retak sehingga komponen tidak lagi menempel sempurna ke PCB, komponen tersebut diantaranya seperti :

  • STR Regulator
  • Power Supply Flyback
  • Transistor Horizontal
  • Vertikal
  • Deflection Yoke
  • Tuner

Kemudian untuk penyebab lain TV Sharp protek yaitu seperti program gagal ketika membaca memori, internal setting bermasalah karena ada data service yang tidak sesuai, format sinyal dan tuner tidak terdeteksi.

Memperbaiki TV Sharp Protek

Sebelum masuk ke langkah perbaikan TV Sharp protek disarankan untuk membersihkan mesin TV atau mainboard terlebih dahulu menggunakan kuas atau sikat, maksudnya adalah supaya nantinya jika ada bagian atau titik solder yang sudah rusak, longgar, retak maupun kendor dapat terlihat jelas. Kemudian setelah dibersihkan periksa seluruh titik solder pada setiap komponen yang telah disebutkan diatas atau untuk memastikan sebaiknya lakukan penyolderan ulang pada kaki-kaki komponen tersebut (khususnya adalah komponen IC Vertikal, Power Supply serta Horizontal sebab komponen tersebutlah yang paling sering menerima panas berlebih dimana hal tersebut sebagai penyebab rusaknya sebuah solderan).

Selain solderan, disarankan juga untuk memperhatikan warna dari komponen resistor yang letaknya disekitar blok vertikal. Resistor yang berubah warnanya bisa jadi sebagai tanda bahwa resistensinya telah berubah, jika dirasa ternyata ada masalah pada IC Vertikal disarankan untuk diganti saja.

Setelah dilakukan solder ulang dan IC Vertikal baik-baik saja namun ketika dihidupkan televisi Sharp masih protek, untuk mengatasinya lakukan langkah-langkah seperti dibawah ini :

  1. Sharp protek lampu indikator menyala merah kemudian berganti hijau dan berhenti jadi warna kuning berarti menandakan kerusakan ada pada IC memori. IC memori yang dimaksud yaitu IC yang letaknya di bagian depan serta memiliki kaki atau pin berjumlah 8 dengan tipe yang biasa digunakan yakni 24c04, 24c04 atau 24c16. Biasanya setelah dilakukan pergantian IC memori nantinya diperlukan setting parameter melalui MENU SERVIS TV SHARP.
  2. Sharp protek lampu indikator berwarna merah lalu mati, hal tersebut menandakan kerusakan ada pada bagian IC MICOM yakni TDA 938XXXX. Namun disarankan untuk mengecek bagian power supply sebab hal tersebut juga bisa akibat tegangan 3.3 volt DC di regulator hilang.
  3. Sharp protek lampu indikator kedip hijau atau merah juga bisa akibat kerusakan dari komponen IC memori.
  4. Sharp protek juga dapat terjadi karena adanya kerusakan pada resistor pembatas, jadi pastikan untuk mengecek tegangan 180 V DC untuk blok RGB juga.
  5. Sharp protek lampu indikator warna hijau selama 5-10 detik kemudian kembali merah, kerusakan protek seperti ini bisa disebabkan karena permasalahan di bagian Horizontal. Jadi lakukan pengecekan juga pada komponen Flyback, caranya yakni dengan mencabut Flyback atau menggantung kaki-kakinya lalu ukur memakai multimeter pada skala 10000 untuk kaki ground serta kaki yang menuju kolektor transistor output horizontal. Flyback yang pada kondisi short ditandai dengan jarum multimeter bergerak ketika dilakukan pengukuran.

Dari perjelasan diatas dapat diambil kesimpulan bahwa untuk kerusakan TV protek, sebelum melakukan penggantian maupun pengecekan komponen disarankan untuk melakukan solder ulang terlebih dahulu pada setiap bagian komponen yang kondisi solderanya sudah tidak sempurna.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai TV Sharp protek yang bisa teknisitv bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu bagi yang sedang menemui permasalahan TV protek, serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini.

Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.