Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

TV Sharp Suara Kecil

2 min read

TV Sharp Suara Kecil

TV Sharp Suara Kecil – Televisi merupaka salah satu sarana hiburan keluarga yang ada dirumah. Meski sekarang ini internet sudah sangat berkembang yang bisa digunakan untuk mengakses berbagai layanan, seperti youtube dan lainnya, namun televisi masih mempunyai tempat tersendiri di hati para penggunanya.

Namun namanya sebuah barang, yang dalam hal ini adalah perangkat televisi pasti akan mengalami yang namanya permasalahan atau kerusakan. Dimana kerusakan tersebut bisa bermacam macam, diantaranya seperti tidak muncul tampilan, suara kecil bahkan tidak ada suara sama sekali dan masih banyak jenis kerusakan lainnya.

TV Sharp dikenal sebagai televisi yang memiliki perlindungan guna menanggulangi penyebaran kerusakan. Dengan kata lain TV Sharp merupakan jenis TV yang memiliki sistem proteksi paling banyak jika dibandingkan dengan TV merk lain. Gunanya yaitu untuk menjaga atau melindungi komponen lain jika terjadi kerusakan sehingga tidak merembet, serta untuk keamanan pengguna unit jika terjadi korslet yang berpotensi menimbulkan kebakaran.

Nah setelah sebelumnya membahas TV SAMSUNG SUARA KECIL, pada kesempatan kali ini teknisitv akan membahas salah satu permasalahan yang bisa terjadi pada TV Sharp yaitu mengenai TV Sharp suara kecil. Jadi buat yang sedang mengalami permasalahan seperti ini bisa simak pembahasannya dibawah ini.

TV Sharp Suara Kecil

Memperbaiki Permasalahan Suara Pada TV Sharp

Memperbaiki Permasalahan Suara Pada TV Sharp

Sebelum memutuskan melakukan pembongkaran untuk memperbaiki televisi yang mengalami kerusakan pada sistem suaranya, sebaiknya terlebih dahulu cek pengaturan dan sistem suara televisi. Apakah ada pengaturan yang berubah, sebab permasalahan suara pada TV selain karena masalah teknis juga bisa karena pengaturan sistem suara yang berubah secara tidak sengaja atau bisa juga karena sinyal yang lemah. Beberapa permasalahan atau kerusakan pada bagian suara, seperti :

  • Suara kadang ada kadang tidak
  • Tidak ada suara sama sekali
  • Suara TV Sharp kecil
  • Muncul suara glodok glodok
  • Suara tidak jernih

Dibawah ini merupakan penjelasan dari beberapa permasalahan pada bagian suara seperti tersebut diatas.

TV Sharp Suara Kecil (Tidak Dapat Dibesarkan dan Dikecilkan)

Permasalahan seperti ini yakni suara tidak bisa dibesarkan dan dikecilkan, bisa terjadi karena adanya kerusakan pada IC Program. Bisa juga karena ada kerusakan pada komponen pendukung IC Program, terutama resistor.

Berikut ini adalah contoh kasus TV Sharp suara kecil / lemah pada TV Sharp Universe :

TV Sharp tipe ini memakai IC Single TDA9381PS dan IC Vertikal TDA8357.

  • Pertama cek blok Audio (IC AN5276 sebagai power amplifire). Dimana pin 2 (L-in) dan pin 5 (R-in) bisa dilakukan pengetesan dengan cara menyentuhnya atau bisa juga dengan memakai sumber audio yang lain (sumber audio dari rangkaian TV langsung bisa diambil dari pin IC TDA9381PS sebagai audio Deemphasis).
  • Setelah itu cek IC pengolah audio AN5891. Dimana pin 3 (L-in) dan pin 22 (R-in) serta pin 12 (L-out) dan pin 15 (R-out), blok yang bermasalah bisa dicek dari sini. Dalam hal ini permasalahan terjadi pada kapasitor kopel yang fungsinya untuk menyaring tegangan DC yang masuk ke IC AN5891K. Kapasitor tersebut diantaranya yaitu C323 = 10 uf, C347 = 10 uf, C350 = 10 uf, C317 = 0,22 uf, C316 = 0,22 uf.

Elco yang kering serta karatan bisa mengakibatkan suara menjadi lemah atau kecil (kurang keras). Setelah dilakukan penggantian maka suara akan kembali normal. Selain itu perlu juga untuk dicek pada IC AV M52797SP yang mana pin 3 (L-in), pin 4 (V-in), dan pin 5 (R-in) serta pin 24 (L-out), pin 23 (V-out), dan pin 22 (R-out).

TV Sharp Suara Tidak Jernih / Bersih

Permasalahan seperti ini biasanya terjadi karena terjadi kerusakan pada komponen pendukung pada bagian suara di IC Utama. Selain itu posisi antena yang tidak tepat dan pengaturan sistem suara bukan pada posisi BG / PAL juga dapat menyebabkan suara jadi tidak jernih atau bersih.

Setelah pengaturan sistem suara dan posisi antena diubah tetapi suara tetap tidak bersih, bisa dilakukan pengukuran pada komponen yang berhubungan dengan bagian suara, IC Croma, IC Gambar (IC Utama).

Sebenarnya secara teori yang menyebabkan suara menjadi tidak bersih / jernih adalah karena frekuensi suara yang diterima TV tidak sama dengan frekuensi dari pemancar stasiun televisi.

TV Sharp Tidak Ada Suara Sama Sekali

TV Sharp yang tidak ada suara sama sekali kemungkinan terjadi kerusakan pada IC penguat suara. Namun biasanya hal seperti ini sangat jarang terjadi.

Untuk itu perlu juga diperhatikan apakah kontrol mute pada posisi Off dan apakah speaker dalam kodisi bagus. Kerusakan seperti ini juga bisa diakibatkan karena ada kerusakan pada ident IC Program, untuk memastikan hal tersebut bisa dengan melepaskan R618 lalu sentuh di bagian kaki C6 10 atau kaki IC penguat suara secara keseluruhan. Jika saat disentuh pada speaker terdengar suara nada, berarti IC penguat suara dalam kondisi bagus.

TV Sharp Timbul Suara Glodok Glodok

Hal seperti ini biasanya terjadi karena sistem suara tidak atau bukan pada posisi BG, jadi ubahlah ke sistem BG / PAL. Tetapi jika masih belum bisa, ganti memori TV. Mengganti memori TV harus dengan yang satu type atau copy memori dari TV Sharp yang setipe.

TV Sharp Suara Kadang Ada Kadang Hilang

Suara kadang ada kadang tidak biasanya terjadi karena adanya retakan pada solderan di kaki kaki IC penguat suara. Untuk mengatasinya bisa dengan melakukan penyolderan ulang pada kaki kaki IC penguat suara.

Akhir Kata

Demikian pembahasan dari teknisitv mengenai TV Sharp suara kecil semoga bisa bermanfaat serta bisa membantu bagi para pengguna TV Sharp yang sedang mengalami permasalahan seperti tersebut diatas.

Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Pasta Solder Yang Bagus

Budi
1 min read

Cara Update Firmware TV Toshiba

Budi
1 min read

Cara Update Firmware TV LG

Budi
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *