Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

TV Tidak Merespon Remot

3 min read

Penyebab dan TV Tidak Merespon Remot

TV Tidak Merespon Remot – Model TV di jaman sekarang ini sudah pasti dilengkapi dengan remot, yang mana fungsi remot adalah untuk mengontrol televisi dari jarak jauh tanpa harus menekan tombol manual yang ada pada TV.

Sehingga dengan adanya remot ini kita dapat lebih menikmati serta memudahkan kita dalam menonton televisi, Sebab dengan menggunakan remot kita dapat dengan mudah gonta ganti saluran ataupun membesar kecilkan volume televisi tanpa harus repot repot menekan tombol panel yang ada di televisi.

Untuk menjalankan remot agar dapat berfungsi, di sebuah perangkat televisi dipasang sebuah sensor yang berfungsi untuk merespon sinyal yang diberikan oleh remot pada saat salah satu tombol ditekan. Selain di TV sensor juga terpasang pada remot.

Jadi tentunya kita sepakat kalau keberadaan remot sangatlah penting dalam proses atau aktifitas menonton televisi. Tetapi apa yang terjadi jika remot tidak berfungsi dengan baik, yang mengakibatkan TV tidak merespon perintah yang diberikan remot. Untuk itu di artikel kali ini teknisitv akan membahas beberapa penyebab mengapa TV tidak merespon remot.

Penyebab dan TV Tidak Merespon Remot

Mengapa TV tidak merespon remot? Normalnya televisi akan merespon perintah yang diberikan oleh remot melalui sensor, yang merupakan media komunikasi yang ada pada kedua perangkat.

Permasalahan TV tidak merespon remot, penyebabnya biasanya adanya kerusakan pada remot atau bisa juga adanya kerusakan pada pesawat televisi itu sendiri. Jadi untuk memastikan apakah kerusakan ada pada remot atau televisi harus dilakukan pemeriksaan terlebih terhadap keduanya.Untuk lebih jelasnya, simak penjelasanya dibawah ini.

Kerusakan di Remot TV

Untuk memastikan penyebab tv tidak merespon remot, yang pertama kita bisa lakukan pengecekan terhadap remot tv dengan cara memeriksa komponen remot. Karena bisa jadi permasalahan bukan terjadi pada peasawat televisi.

Permasalahan bisa terjadi karena baterai habis, besi penghubung di baterai berkarat, eror karena remot kena air atau bisa juga salah dalam memasukan KODE REMOT jika menggunakan remot universal.

Habis Baterai

Habis Baterai

Pada umumnya remot TV memakai baterai AA sebagai sumber daya utama agar bisa menjalankan fungsi remot. Jadi jika baterai sudah habis, beratri remot sudah kehilangan pasokan daya yang mengakibatkan remot tidak berfungsi.

Cek baterai dengan cara memeriksa tegangan yang tersisa di kedua baterai yang terpasang dengan menggunakan multitester analog maupun digital. Tetapi jika tidak mempunyai multitester, bisa dengan cara menukar baterai dengan perangkat lain yang menggunakan ukuran baterai sama. Kalau ternyata baterai masih ada daya, berarti masalah bukan pada baterainya.

Besi Penghubung Baterai Berkarat

Besi Penghubung Baterai Berkarat

Agar bisa menghantarkan arus ke remot, baterai di beri penghubung sehingga arus bisa masuk ke remot dan remot bisa berfungsi. Jadi jangan lupa untuk mengecek bagian besi penghubung tersebut apakah masih dalam kondisi yang bagus atau sudah berkarat. Sebab jika besi penghubung sudah berkarat akan susah bahkan tidak bisa lagi menghantarkan arus listrik dengan baik yang mengakibatkan remot tidak berfungsi.

Masalah di Sensor Remot

Masalah di Sensor Remot

TV tidak merespon remot juga bisa karena adanya kerusakan atau masalah pada bagian sensor remot yang mengakibatkan remot tidak bisa mengirim sinyal ke pesawat televisi.

Untuk itu lakukan pengecekan juga pada sensor remot, apakah masih berfungsi atau tidak. Mengecek sensor remot bisa dilakukan dengan bantuan kamera ponsel, caranya dengan menekan tombol apa saja pada remot dan arahkan ke kamera ponsel.

Sensor akan terlihat masih berfungsi dengan baik jika ada cahaya yang muncul pada layar ponsel, sebaliknya jika tidak ada cahaya yang muncul di layar ponsel berarti menandakan sensor remot telah rusak. Agar lebih jelas simak langkah langkahnya dibawah ini :

  1. Pertama buka kamera ponsel
  2. Posisikan atau arahkan sensor ke kamera ponsel
  3. Kemudian tekan salah satu tombol diremot (tombol apa saja)
  4. Yang terakhir, jika terlihat cahaya pada layar ponsel saat salah satu tombol di tekan berarti menandakan sensor masih berfungsi

Remot TV Terkunci

Remot TV Terkunci

Salah satu penyebab mengapa tv tidak merespon remot yaitu karena remot tv terkunci yang mengakibatkan remot seperti tidak berfungsi sama sekali. Biasanya hal ini membuat kalian harus meTerdapat Penghalang Pada Sensor Remot

Jika ada penghalang pada sensor remot seperti lakban, kotoran, bekas cat, ataupun yang lainya juga bisa mengakibatkan tv tidak mau merespon remot. Sebab sensor terhalangi yang mengakibatkan sensor tidak sampai ke pesawat TV.

Jadi pastikan tidak ada penghalang antara sensor remot dengan sensor yang ada di TV agar perintah remot dapat diterima dengan baik oleh sensor TV.

Kode Remot Salah

Kode Remot Salah

Khusus bagi yang menggunakan remot universal, yang dalam penggunaanya harus melakukan setting terlebih dahulu dengan cara memasukan kode supaya remot bisa berfungsi. Jika salah dalam memasukan kode remot akan membuat remot tidak bisa berfungsi sebagai mana mestinya, sebab remot multifungsi ini tidak berhasil mengidentifikasi tipe TV dan juga merknya.

Kerusakan Pada TV

Jika sudah memastikan remot TV tidak bermasalah dan masih berfungsi dengan baik, berarti kerusakan ada pada TV yang mengakibatkan tidak dapat merespon remot.

Ada beberapa hal yang bisa menjadikan TV tidak dapat merespon atau menerima perintah dari remot, diantaranya adalah sebagai berikut.

Masalah Di Sensor TV

Masalah Di Sensor TV

Penyebab yang pertama TV tidak merespon remot yaitu adanya kerusakan pada sensor penerima yang terdapat pada pesawat televisi. Walaupun kemungkinanya kecil, tapi bisa saja terjadi pada sebuah perangkat televisi.

Biasanya ini terjadi karena ada solderan yang kendor atau lepas, sehingga perlu adanya penyolderan ulang guna memperkuat kaki kaki kpmponen. Tetapi jika komponen memang sudah rusak, sebaiknya lakukan pergantian dengan yang baru supaya berfungsi kembali dengan normal.

Kerusakan IC Tertentu

Kerusakan IC Tertentu

Jika terdapat masalah atau kerusakan pada IC tertentu yang ada di TV juga bisa mengakibatkan TV kehilangan respon dalam menerima perintah dari remot. Biasanya IC tersebut letaknya tidak jauh dari sensor TV dan masih memiliki fungsi yang berkaitan.

Adanya kerusakan pada IC program juga bisa menjadi penyebab kurangnya respon TV, sehingga perlu dilakukan penggantian IC tersebut.

Terdapat Penghalang Pada Sensor TV

Terdapat Penghalang Pada Sensor TV

Perintah dari remot akan diteruskan ke tv dengan menggunakan bantuan dari sensor yang ada di kedua perangkat. Jadi sinyal perintah ini akan diterima dengan baik kalau kedua sensor saling berhadapan tanpa adanya penghalang, meskipun dengan jaraknya jauh.

Jadi jika ada benda yang menghalangi sensor penerima di TV. TV tidak akan bisa merespon atau menerima perintah dari remot, sebab pesan tidak sampai. Oleh sebab itu pastikan tidak ada penghalang antara sensor remot dengam sensor penerima di TV, supaya perintah dapat diterima dengan baik tanpa ada masalah.

Akhir Kata

Demikian pembahasan tentang TV tidak merespon remot yang bisa teknisitv bagikan. Semoga jika ada yang sedang menemui permasalahan seperti hal tersebut diatas.

Dengan membaca artikel ini bisa mendapat gambaran tentang masalah yang terjadi sekaligus solusi tentang cara mengatasinya. Dan juga bisa bermanfaat serta menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini.

Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Apa Itu TV Analog

Budi
2 min read

Modif Panel LG ke Polytron

Budi
2 min read

Receiver Tanaka

Budi
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *