Ukuran TV 55 Inch Berapa cm Serta Panjang, Lebar & Tinggi

Ukuran TV 55 Inch Berapa cm – TV dengan ukuran besar memang mampu menyajikan tontonan yang lebih jelas dengan resolusi tinggi. Dengan layar berkualitas pastinya kalian akan lebih nyaman ketika menonton TV dalam waktu lama. Namun kendala sering dihadapi dengan ukuran TV 55 inch saat pemasangannya karena kurang tahu berapa cm panjang, lebar maupun tingginya.

Kami sudah bahas ukuran TV 65 inch berapa cm yang memang lebih besar dibandingkan 55 inch. Pada dasarnya ukuran layar TV memang menggunakan satuan inch sehingga sedikit lebih sulit jika dimanfaatkan untuk memasang pada space atau ruang tertentu. jadi ukuran TV 55 inch berapa cm memang wajib untuk diketahui agar bisa menghitung kebutuhan ruangnya.

Tentunya jangan sampai kalian kecewa karena sudah membeli TV 55 inch namun justru tidak muat di pasang. Berapa cm dari TV 55 inch memang ada perhitungannya sendiri yang penting untuk kalian tahu. Kemudian berapa cm ukuran TV juga akan berpengaruh juga ketika menentukan jarak dengan sofa ataupun tempat nonton.

Jadi sebelum memutuskan membeli kalian wajib paham ukuran TV 55 inch berapa cm sehingga mempermudah dalam pemasangannya. Lalu juga harus dipahami bahwa ukuran panjang inch merupakan panjang diagonal yang membelah dari ujung bawah sampai ke atas. Lebih jelasnya untuk ukuran TV 55 inch berapa cm silakan simak pembahasannya di bawah ini.

Ukuran TV 55 Inch Berapa cm

Perlu diketahui bahwa 1 inch akan memiliki kesetaraan atau di konversi sama dengan 2,54 cm. Jadi untuk TV 55 inch maka perhitungannya akan menjadi 55 x 2,54 = 139,7, dipastikan panjang diagonal dari sisi bawah kiri ke kanan atas 139,7 cm. Demikian pula dengan ukuran TV lainnya akan menggunakan rumus perhitungan yang sama.

Setelah menemukan panjang diagonal TV 55 inch maka kalian wajib memperhatikan aspek rasio layarnya. Untuk aspek rasio adalah perbandingan dari lebar dan juga tinggi dari layar TV. Saat ini mayoritas TV 55 inch akan memiliki aspek rasio 4:3 dan juga 16:9.

Lantas sesudah tahu diagonalnya ukuran TV 55 inch berapa cm? Semuanya akan bergantung kepada aspek rasio layar yang digunakan jadi terdapat perbedaan ukuran. Lebar layarnya juga akan mengalami perbedaan meskipun diagonalnya sama.

Ukuran TV 55 Inch Aspek Rasio 4:3

Kemudian untuk ukuran TV 55 inch 4:3 berapa cm? Jawabannya adalah lebarnya 118.8 cm dan tingginya 83.8 cm. Saat ini layar 55 inch 4:3 memang jarang dijumpai karena resolusinya hanya SD/standard definition di mana kebanyakan ada pada TV seri lama. Bentuknya memang hampir kotak namun layarnya memang kurang jernih dan juga bersih.

Berapa panjang TV Samsung 55 inch
Lebar TV 55 Inch111.8 cm
Tinggi TV 55 Inch83.8 cm
Panjang Diagonal TV 65 Inch139.7 cm

Ukuran TV 55 Inch Aspek Rasio 16:9

Berikutnya untuk aspek rasio 16:9 di mana sering dijumpai pada TV jaman sekarang. Ukuran lebarnya 121.8 cm sedangkan tingginya 68.5 cm dengan diagonal sama 139.7 cm. Kebanyakan TV 16:9 mendukung resolusi tinggi seperti HD, FHD serta 4K sehingga mampu memberikan suguhan terbaik karena jernih dan lebih jelas.

Berapa ukuran TV 55 inch
Lebar TV 55 Inch121.8 cm
Tinggi TV 55 Inch68.5 cm
Panjang Diagonal TV 65 Inch139.7 cm

Cukup berbeda dengan ukuran TV 43 inch berapa cm, diagonal layar 55 inch memang jauh lebih lebar sehingga membutuhkan space ruangan lebih banyak lagi. Paling tidak ukuran di atas bisa jadi patokan saat akan memasang TV.

Tips Memasang TV 55 Inch

Sesudah mengetahui ukurannya maka kalian dapat menentukan pemasangannya di tembok ataupun tempat lainnya sesuai ruangan tersedia. Supaya dapat terpasang dengan baik lakukan pengukuran terlebih dahulu sesuai TV 55 inch yang akan di pasang. Kamu bisa memilih memasang TV pada space luas contohnya ruangan keluarga.

Kemudian hindari pemasangan menghadap jendela maupun pintu karena bisa menyebabkan silau sehingga layar tidak terlihat jelas. Lanjutkan dengan menempatkan sofa ataupun tempat duduk dengan jarak yang ideal supaya tetap nyaman. Selain itu kamu bisa mengatur posisinya agar sejajar mata sehingga tidak akan merasa lelah menontonnya.

TV pastinya akan mempunyai jarak normal supaya enak dilihat serta tidak akan merusak mata. Kemudian utamakan memilih TV beresolusi tinggi bisa 4K, Full HD ataupun HD sesuai dengan budget kalian. Hal ini akan mempengaruhi kualitas gambar yang dihasilkan, hindari TV dengan resolusi SD karena kurang maksimal.

Lalu kalian dapat memilih menggunakan stand ataupun bracket sesuai dengan keinginan. Untuk lebih amannya memang memakai bracket namun harus memilih kualitas terbaik karena TV 55 inch memang termasuk berat. Pastikan juga tidak mengganggu aktivitas harian agar tidak mudah tersenggol jatuh.

Jarak Menonton TV 55 Inch

Sesuai dengan saran perusahaan TV atau ahli peneliti, TV 55 inch memang memiliki jarak aman minimal 170 cm atau 170 m. Jadi kalian bisa meletakkan sofa berjarak dengan TV supaya nyaman dalam menonton. Selain itu dari faktor medis juga akan berpengaruh pada kesehatan mata dan tubuh.

jarak TV 55 Inch

Pastikan mengikuti jarak ideal supaya tidak terkena gangguan mata, insomnia, obesitas bahkan sampai risiko penyakit jantung. Pastikan juga jarak dengan mata sudah sejajar sehingga tak mudah lelah.

Akhir Kata

Konversi inch ke berapa cm memang berlaku untuk diagonal layarnya sedangkan untuk bagian lebar dan tingginya akan mengikuti aspek rasio. Namun saat ini produsen TV banyak yang menyajikan ukuran berbeda terutama dengan maraknya TV bezelless. Sekian pembahasan teknisitv.com, sekiranya bisa jadi referensi.