Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

√ Warna TV LED Berubah Tidak Normal : Penyebab & Solusi

3 min read

Advertisements

Warna TV LED Berubah Tidak Normal – TV berwarna salah satu kemajuan teknologi di bidang transmisi televisi, dimana memuat informasi warna gambar sehingga gambar video bisa ditampilkan berwarna di perangkat televisi tersebut. Teknologi ini juga bisa dibilang sebagai salah satu kemajuan teknologi paling awal terhadap pesawat televisi sekaligus sebagai sejarah pertelevisian.

Sistem warna pada perangkat televisi dalam bentuk paling dasar dibuat dengan menyiarkan tiga gambar monokrom yang masing-masing dalam tiga warna Merah, Hijau dan Biru atau dikenal dengan istilah RGB. Gambar berwarna seperti yang kita lihat pada televisi terjadi ketika ketiga warna tersebut ditampilkan bersama-sama atau dalam urutan cepat dan membuat gambar berbaur bersama.

Sebuah TV LED lama tentunya berbeda dengan TV LED baru, dimana untuk TV LED lama biasanya sering terjadi gangguan warna berubah jadi tidak normal atau terkadang pada beberapa kasus televisi didominasi warna khusus, seperti misalnya warna dominan merah, warna dominan hijau warna dominan biru atau bahkan gabungan ketiganya.

Advertisements

TV LED berubah warna menjadi tidak normal bisa jadi sebagai indikasi bahwa telah terjadi gangguan atau permasalahan pada perangkat televisi. Jika terjadi seperti itu yakni warna TV LED berubah tidak normal tentunya akan mengganggu keyamanan ketika sedang menyaksikan acara favorit, meskipun tidak ada perubahan pada gambar dan juga televisi masih bisa menyala.

Warna TV LED Berubah Tidak Normal

Warna TV LED yang berubah menjadi tidak normal tentunya harus segera diperbaiki agar nantinya permasalahan tidak merembet ke komponen lain dan membuat kerusakan jadi fatal, namun sebelum ke langkah tersebut ada baiknya untuk mengetahui berbagai penyebab yang dapat mengakibatkan warna televisi LED berubah jadi tidak normal. Dengan mengetahui penyebab permasalahan nantinya diharapkan akan bisa mempercepat proses perbaikan.

Permasalahan pada televisi yakni warna TV LED berubah tidak normal biasanya terjadi karena ada salah satu warna utama pada televisi yaitu merah, hijau dan biru tidak muncul di rangkaian matrik TV. Selain itu bisa juga karena ada salah satu rangkaian warna pada RGB yang terlepas, rusak ataupun hilang, maka dari itu memeriksa serta mengatur ulang RGB untuk menghilangkan warna dominan lalu memunculkan kembali warna yang tidak muncul sehingga nantinya warna televisi kembali stabil dan dinamis.

1. Solderan Pada Komponen Sistem Warna Rusak

Penyebab : Warna televisi LED berubah jadi tidak normal bisa diakibatkan karena ada solderan rusak, retak atau sudah tidak menempel lagi pada kaki-kaki komponen. Rusaknya solderan ini dikarenakan panas yang terus menerus pada PCB dibagian katoda tabung.

Solusi : Untuk mengatasinya, lakukan penyolderan ulang pada kaki-kaki komponen sistem warna dan gunakan bahan solder dengan kualitas baik agar awet.

2. Komponen Transistor Warna Rusak

Advertisements

Penyebab : Komponen transistor warna bermasalah juga bisa sebagai akibat warna TV LED berubah tidak normal. Letak transistor ini ada pada PCB dibagian belakang tabung. Biasanya jika transistor warna telah rusak, ditandai dengan hilangnya salah satu atau dua warna utama TV yang hilang.

Solusi : Untuk mengatasi permasalahan ini yaitu dengan cara mengganti transistor rusak tersebut dengan yang baru, tentunya dengan ukuran sama persis sesuai datasheet. Warna TV LED berubah menjadi tidak normal akibat transiitor warna rusak biasanya ditandai dengan hilangnya salah satu warna atau jika transisitor hanya lemah akibat solderan tidak nempel lagi ditandai dengan warna hilang lalu muncul lagi.

3. Komponen Resistor Rusak Akibat Short

Penyebab : Resistor pembatas pada televisi berfungsi mengatur arus masuk pada sistem televisi, jika resistor rusak akan berakibat warna TV LED jadi tidak normal serta tidak stabil dan beberapa kasus terdapat salah satu warna dominan.

Solusi : Cara memperbaikinya yaitu dengan melakukan penggantian resistor pembatas, tentunya dengan yang sama spesifikasinya.

4. Soket Tabung Rusak

Penyebab : Soket tabung pada televisi lama atau sudah tua rusak memanglah hal yang umum dan biasa terjadi karena memang mudah berkarat. Jika sudah demikian maka warna televisi menjadi dominan ke salah satu warna merah, hijau ataupun biru, warna berubah menjadi buram dan tidak jelas.

Solusi : Untuk mengatasi permasalahan seperti ini yaitu dengan cara mengganti soket tabung tersebut.

5. Tegangan Katoda Turun

Penyebab : Penurunan tegangan di katoda bisa menyebabkan kerusakan pantulan warna sehingga mengakibatkan warna TV LED berubah jadi tidak normal, biasanya warna sebenarnya televisi tertutup bayang-bayang tipis berwarna hitam atau warna TV menjadi gelap.

Solusi : Cek tegangan katoda serta kabel yang menghubungkan solderan dioda dan katoda.

6. Warna Berubah Tidak Normal Akibat IC Croma Rusak

Penyebab : IC Croma merupukan komponen yang paling sering menjadi penyebab kerusakan warna TV LED berubah tidak normal. IC Croma dengan kondisi rusak harus segera diganti untuk mencegah kerusakan merembet ke komponen lain.

Solusi : Cek output IC croma bagian depan hingga belakang serta cek juga komponen-komponen lain yang berhubungan dengan IC croma, jika terjadi kerusakan disalah satunya segera lakukan penggantian.

7. Mainboard TV Rusak

Penyebab : Mainboard televisi rusak juga bisa jadi penyebab kerusakan warna pada televisi atau warna televisi berubah tidak normal.

Solusi : Mengatasinya yaitu dengan cara mengecek kabel LVDS dari mainboard menuju controller board, pastikan semuanya dalam kondisi baik dan tidak longgar. Untuk memastikan sebaiknya cabut dilu kabel lalu pasang kembali dengan tepat dan benar, lalu setelah itu reset FPCB dari controller board ke driver board. Pastikan juga untuk memeriksa sambungan solder di konektor kabel menuju board.

Pemeriksaan Umum Warna TV Berubah Tidak Normal

Dalam mengatasi permasalahan warna TV berubah jadi tidak normal diperlukan pemeriksaan menyeluruh karena biasanya kerusakan warna bisa diakibatkan tidak hanya oleh salah satu komponen saja yang bermasalah. Adapun pemeriksaan umum yang perlu dilakukan untuk mengatasi permasalahan warna TV berubah tidak normal diantaranya seperti :

  • Cek soket tabung apakah berjamur, putus atau berkarat
  • Cek serta perbaiki solderan bagian IC vertikal
  • Cek serta perbaiki solderan IC Croma
  • Solder ulang RGB yang menempel di tabung
  • Cek tegangan dan voltase IC Croma, pastikan normal

Nah itu dia hal yang perlu dilakukan secara umum ketika menemui permasalahan warna TV berubah tidak normal.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai warna TV LED berubah tidak normal yang bisa teknisitv bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini.

Advertisements
Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *