Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Antena TV Digital Terbaik

4 min read

Antena TV Digital Terbaik
Advertisements

Antena TV Digital Terbaik – Antena TV digital merupakan sebuah perangkat yang berfungsi untuk menangkap sinyal supaya televisi dapat menampilkan audio serta visual dalam bentuk gambar dan video bergerak, tanpa antena televisi tadak akan bisa menampilkan tayangan audio serta visual terbaik. Jadi agar bisa menonton televisi dengan nyaman dibutuhkan sebuah perangkat antena.

Termasuk pada TV digital maupun TV analog keduanya membutuhkan sebuah antena khusus untuk dapat menangkap sinyal dari stasiun televisi, sehingga bisa menonton acara favorit. Namun hal ini tidak berlaku jika menonton televisi dengan cara Live streaming menggunakan koneksi internet. Sebab untuk nonton TV melalui live streaming hanya membutuhkan kecepatan dari koneksi internet saja, jadi tidak membutuhkan antena.

Jadi bisa dibilang Antena merupakan perangkat penting yang harus ada untuk dapat menikmati berbagai acara televisi serta agar tampilan gambar pada TV menjadi lebih bagus dan jernih. Oleh sebab itu sangatlah penting mengetahui sekaligus memilih antena digital terbaik, sehingga kegiatan menonton TV bisa nyaman dalam berbagai kondisi cuaca.

Advertisements

Untuk itu pada kesempatan kali ini teknisitv akan memberikan informasi sekaligus merekomendasikan tentang beberapa merk antena digital terbaik. Sehingga bisa dijadikan sebagai bahan referensi bagi anda sebelum memutuskan membeli sebuah antena TV digital terbaik. Supaya lebih jelas, simak pembahasan lengkapnya dibawah ini.

Jenis-Jenis Antena TV Digital Terbaik

Jenis Jenis Antena TV Digital Terbaik

Jika dilihat berdasarkan penempatannya antena TV terbagi menjadi dua macam. Yaitu antena TV Indoor dan antena TV Outdoor. Sesuai dengan namanya antena digital Outdoor biasanya dipasang diluar ruangan atau diluar rumah, sedangkan antena digital Indoor dipasang didalam rumah (bisa diletakan diatas televisi maupun didekatnya).

Lalu jika dilihat dari jenisnya, antena digital terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu :

  • Antena Grid, yaitu jenis antena digital dengan bentuk seperti jaring dengan kekuatan sampai 24 db.
  • Antena Omni, yaitu jenis antena digital dengan bentuk seperti tongkat kecil dengan cakupan yang luas.
  • Antena Yagi, yaitu jenis antena digital dengan bentuk seperti antena radio, dimana memiliki pengarah dan pemantul.
  • Antena Sektoral, yaitu jenis antena digital dengan bentuk yang hampir sama seperti jenis Omni tetapi cakupannya lebih luas.

Tujuan Memasang Antena TV Digital Terbaik

Tujuan Memasang Antena TV Digital Terbaik

Diatas telah disinggung sedikit mengenai tujuan dari pemasangan sebuah perangkat antena digital terbaik. Berikut ini penjelasan lengkapnya tujuan tersebut :

1. Meningkatkan Kualitas Serta Kejernihan Televisi

Dengan pemasangan antena digital terbaik, kualitas gambar yang ditampilkan pada layar televisi akan lebih bersih dan jernih, lebih halus tanpa adanya suara kresek serta ketajaman gambar yang tinggi.

2. Sebagai Penangkap Sinyal

Pemasangan antena digital terbaik tentu saja untuk menangkap sinyal yang dipancarkan oleh stasiun televisi, sehingga bisa memnonton berbagai acara yang dihadirkan stasiun televisi tersebut.

3. Adanya Kesepakatan ITU (International Telecommunication Union)

Yaitu kesepakatan tentang batas waktu sebuah negara di seluruh dunia untuk migrasi dari penyiaran analog ke digital.

4. Spektrum Frekuensi

Spektrum frekuensi memiliki sumber daya terbatas, artinya karena TV analog nenbutuhkan frekuensi maka lama kelamaan akan semakin padat. Sehingga nantinya TV digital pasti dibutuhkan.

5. Produksi TV Analog

Karena semakin berkembangnya teknologi, produksi TV analog akan semakin mahal yang akan mengakibatkan produsen sekaligus produksi TV analog akan semakin sedikit.

Rekomendasi Antena TV Digital Terbaik

Berikut daftar antena TV digital terbaik yang bisa dijadikan pilihan :

1. Antena TV Digital Terbaik PX DA 5700

PX DA 5700
Advertisements

Beberapa orang masih kebingungan dalam memilih antara antena digital Outdoor atau antena Indoor, biasanya karena tentang kelebihan serta kekurangan dari masing-masing jenis tersebut. Sebagai solusinya teknisitv merekomendasikan merk antena yang satu ini, karena PX DA 5700 bisa bisa diterapkan pada keduanya, baik indoor maupun outdoor.

PX DA 5700 hadir dengan standing unit pada saat dipasang didalam ruangan, yang artinya antena bisa dipasang pada posisi berdiri supaya sinyal dapat ditangkap lebih kuat. Sedangkan untuk pemasangan diluar ruangan, bisa dengan dicolokan menggunakan tiang atau bisa juga ditempelkan ke tembok rumah. PX DA 5700 mampu menangkap sinyal 203 db pad frekuensi UHF dan VHF.

2. Antena TV Digital Terbaik PX DA 5120

PX DA 5120

Sama seperti PX DA 5700, PX DA 5120 juga merupakan antena digital terbaik, dimana dapat dipasang di outdoor maupun indoor. PX DA 5120 ini memiliki penerimaan sinyal yang baik serta tingkat sensitifitas tinggi dengan pemasangan dapat secara horizontal maupun vertikal. Dirancang khusus untuk sistem HD Digital TV.

Selain itu beberapa keuntunganr juga dapat ditemui pada antena digital ini, seperti dapat diatur dengan mudah, pemasangan mudah, Eco & Power Saving dan lain sebagainya.

3. TECSTAR Antena TV TA 728 CLS

TECSTAR Antena TV TA 728 CLS 2

Antena TV digital terbaik yang satu ini memiliki build structure kokoh, sangat cocok dipasang diluar ruangan. TECSTAR Antena TV TA 728 CLS sudah dilengkapi dengan booster dan juga penguat sinyal, jadi tidak diperlukan lagi booster tambahan. Selain itu antena ini juga bisa diputar/berotasi 360 derajat secara otomatis menggunakan remot kontrol untuk mencari sinyal terkuat.

4. Antena TV Digital Intra INT 555DGT

Intra INT 555DGT

Hampir sama dengan TECSTAR, antena digital terbaik Intra INT 555DGT juga dilengkapi dengan remot kontrol untuk mencari arah sinyal terkuat, sehingga tidak perlu repot-repot keluar rumah untuk memutar antena.

5. PF HDX 82

PF HDX 82

PF HDX 82 juga merupakan salah satu antena TV digital terbaik, merk satu ini sangat cocok digunakan pada daerah yang sulit mendapatkan frekuensi televisi. Dengan desain sederhana dan terbuat dari material aluminium berkualitas memiliki performa yang handal serta tahan lama. Menggunakan antena ini gambar yang dihasilkan akan lebih baik dan juga stabil.

6. Titis TT1000

Titis TT1000

Antena TV digital terbaik berikutnya yaitu Titis TT1000, diklaim sebagai antena super peka serta anti rontok. Peka yang dimaksud disini adalah mampu menangkap frekuensi TV secara lebih baik, memakai antena ini channel yang tadinya buram akan telihat lebih baik setelah dipasang antena ini.

7. Toyosaki AIO 220

Toyosaki AIO 220

Satu lagi merk antena digital tebaik yang bisa diluar maupun didalam ruangan yaitu Toyosaki AIO 220. Produk antena yang satu ini sudah dilengkapi dengan beberapa fitur, seperti penguat sinyal, pengatur Gain, mudah dipasang dan lain sebagainya. Toyosaki mampu menangkap semua siaran digital dan juga analog dengan bentuk tampilan yang tahan dalam segala kondisi cuaca.

8. PX HDA 5600

PX HDA 5600

PX HDA 5600 merupakan salah satu pilihan antena TV digital terbaik yang solid, dimana bisa ditempatkan didalam maupun diluar ruangan serta mampu menangkap siaran digital untuk HDTV yang mendukungnya, siaran lokal dengan frekuensi UHF dan juga VHF.

Memiliki tampilan bodi yang bersih serta kekinian, sehingga jika dipasang didalam tidak akan mengganggu estetika ruangan. Sedangkan untuk pemasangan diluar ruanganpun tidak masalah sebab bodi antena dilengkapi dengan anti UV housing, jadi tahan terhadap air hujan.

9. PX HDA 5000

PX HDA 5000

Hampir sama dengan seri PX lainnya, PX HDA 5000 juga merupakan antena TV digital terbaik yang bisa dipakai didalam maupun luar ruangan. PX HDA 5000 dapat dipakai pada TV analog memakai bantuan Set Top Box tertentu, soal keamanan juga tidak perlu diragukan lagi sebab PX HDA 5000 dirancang agar tahan terhadap air dan panas matahari.

10. Zehn Antena OUT GT 8850

Zehn Antena OUT GT 8850

Kemudian ada merk Zehn Antena OUT GT 8850 sebagai antena TV digital terbaik selanjutnya. Antena ini sudah dibekali filter 4G, jadi penerimaan sinyal akan stabil atau tidak terganggu. Kemudian soal ketahanan juga tidak perlu diragukan, sebab Zehn Antena Out GT 8855 memiliki sertifikasi IPX3 yang berarti mampu melindungi antena dari air hujan serta tahan terhadap sinar UV dan korosi.

11. PX Digital TV Antenna DA 1201 NP

PX Digital TV Antenna DA 1201 NP

Merk antena ini merupakan jenis antena TV digital terbaik yang cukup laris dipasaran sebab selain menghasilkan kualitas gambar yang bagus dan sinyalnya luas, harganya pun terjangkau.

12. Intra Antenna Digital INT002

Intra Antenna Digital INT002

Adalah antena TV digital indoor terbaik, dimana mampu memberikan hasil gambar HDTV lokal serta memiliki fitur lipatan lingkaran UHF yang berguna untuk menyesuaikan penerimaan sinyal serta filter kebisingan suara.

13. Sanex WA 950TG

Sanex WA 950TG

Sanex WA 950TG adalah salah satu jenis antena digital terbaik yang dapat mendukung kualitas gambar terbaik untuk segala jenis TV. Antena ini juga dilengkapi dengan sebuah remot kontrol untuk mengubah arah antena, sehingga tidak perlu repot keluar rumah untuk memutar antena.

14. Toyosaki AIO 200

Toyosaki AIO 200

Merk antena TV digital terbaik selanjutnya yaitu Toyosaki AIO 200. Antena ini sangat cocok digunakan pada TV LCD maupun LED, selain itu Toyosaki juga memiliki tingkat frekuensi luas.

15. PF HDU 19

PF HDU 19

PF HDU 19 adalah antena digital terbaik yang dirancang untuk TV analog maupun TV digital dengan kualitas gambar terbaik. Selain itu PF HDU 19 dirancang untuk diluar ruangan (outdoor).

16. PF HD 14

PF HD 14

Bisa dibilang PF HD 14 sama saja dengan PF HDU 19, yang membedakan hanyalah bentuk dan penempatan antena saja. Jika PF HDU 19 untuk outdoor, antena PF HD 14 adalah untuk indoor.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai antena TV digital terbaik yang bisa teknisitv bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini.

Advertisements
Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Menu Service TV Sanyo

Budi
3 min read

Nusantara HD Tidak Ada Siaran

Budi
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *