Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Apa Itu Set Top Box

5 min read

Apa Itu Set Top Box

Apa Itu Set Top Box – Pemerintah Indonesia lewat Kominfo telah menyatakan akan menghentikan sistem penyiaran analog dan menggantinya dengan siaran digital. Sesuai dengan rencana aturan teknis Lembaga Penyiaran Publik (LPP), Lembaga Penyiaran Swasta (LPS) serta Lembaga Penyiaran Komunitas jasa penyiaran TV wajib menghentikan siaran televisi analog.

Kominfo melalui mentrinya pada saat itu Johny G Plate menyebutkan kalau kebijakan atau aturan tersebut harus dipatuhi oleh lembaga-lembaga terkait sebelum tanggal 2 November 2022 pukul 24.00. Pihak Kemenkominfo RI melaui Direktur Penyiaran Ditjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika menyebutkan kalau rencana itu membutuhkan ekosistem yang stabil.

Migrasi sistem penyiaran dari TV analog ke TV digital itu juga memerlukan penggunaan alat atau perangkat bernama Set Top Box, dimana merupakan titik vital dalam penerapan televisi digital. Lalu apa itu Set Top Box sebenarnya? Dekoder merupakan perangkat informasi yang biasanya atau umumnya berisi TV tuner input dan juga output, artinya dekoder bisa mengubah sinyal sumber kekonten dalam bentuk untuk selanjutnya bisa ditampilkan ke layar televisi.

Menyoal mengenai harga pihak Kemenkominfo RI menyebutkan bahwa nantinya masyarakat akan mengeluarkan uang setidaknya Rp 150.000,- untuk sebuah perangkat Set Top Box, tetapi dengan adanya kebijakan dari pemerintah tersebut nantinya para vendor akan menurunkan harga dari perangkat dekoder itu. Sesuai judul artikel diatas, di kesempatan kali ini teknisitv akan memberika informasi tentang apa itu Set Top Box, agar lebih jelas simak pembahasan lengkapnya dibawah ini.

Apa Itu Set Top Box

Apa Itu Set Top Box.

Set Top Box atau sering disebut juga STB adalah alat berisikan perangkat dekoder, dimana berguna mengatur saluran TV yang akan diterima untuk selanjutnya dipilih sesuai kebutuhan serta memeriksa hak akses pengguna atas saluran tersebut lalu selanjutnya akan menghasilkan keluaran berupa gambar, suara dan layanan lainnya. Dekoder bisa dikatakan sebagai salah satu perangkat teknologi informasi, sebab jika dilihat dari cara kerjanya Dekoder bekerja satu arah serta dapat juga bekerja tanpa campur tangan manusia.

Cara Kerja Set Top Box

Cara Kerja Set Top Box

Untuk cara kerja dari Set Top Box terbagi menjadi dua, yaitu cara kerja pada perangkat keras dan juga pada prangkat lunak. Berikut ini penjelasan masing-masingnya.

1. Perangkat Keras

Sebenarnya prinsip kerja STB mirip dengan penerima sinyal televisi biasa pada TV analog. Dilihat prinsip kerjanya, Dekoder berfungsi juga untuk mengubah sinyal digital dari satelit, kabel, maupun internet kedalam format analog supaya bisa ditampilkan pada layar TV analog maupun perangkat analog lainnya. Dekoder biasanya digunakan pada sistem kabel, satelit, IPTV serta TV digital terestrial.

Dalam penggunaanya, umumnya dekoder membutuhkan kartu akses dari penyedia layanan TV digital yang bersangkutan. Kartu akses ini fungsinya adalah untuk menyaring saluran televisi yang diterima lalu selanjutnya disesuaikan dengan tayangan yang dibayar penonton. Untuk saluran atau channel biasanya berbeda-beda, tergantung kebijakan dari penyedia layanan televisi berbayar.

Selain itu sebuah STB juga dilengkapi dengan prosesor mikro, memori RAM, chip dekoder MPEG 2 dan MPEG 4 serta beberapa chip lain untuk pemrosesan data visual maupun data audio. Keluaran Standar Definition (SD) dari dekoder untuk menghubungkannya dengan televisi biasanya memakai kabel video SCART atau kabel S Video, dimana bisa juga digunakan sebagai UHF sinyal. Sedangkan untuk dekoder jenis High Definition (HD) untuk menghubungkan ke televisi bisa menggunakan satu kabel HDMI untuk suara + video. Namun jika televisi belum support HDMI bisa memakai kabel SCART atau S Video.

2. Perangkat Lunak

Pada sebuah perangkat Set Top Box juga terdapat perangkat lunak, dimana berfungsi atau berperan untuk mengatur setelan, seperti pengaturan bahasa, pengaturan penerimaan sinyal, pengaturan gambar dan lain sebagainya.

Jenis-Jenis Set Top Box

Jenis Jenis Set Top Box

Dengan berkembangnya teknologi televisi digital serta minat masyarakat di Indonesia tentang siaran dari channel-channel luar negri, menjadikan masyarakat untuk mulai menggunakan Set Top Box sebagai alat tambahan agar dapat menikmati siaran dari saluran televisi digital dan juga saluran luar negri. Dibawah ini merupakan beberapa jenis dekoder di Indonesia.

1. Set Top Box Satelit

Set Top Box Satelit

Apa itu dekoder Satelit? Jenis Set Top Box satu ini merupakan jenis paling banyak digunakan di Indonesia, sebab hanya membutuhkan parabola penerima sinyal lalu langsung dihubungkan dengan dekoder Sinyal diterima pada STB satelit yaitu jenis Digital Video Broadcast-Satelite (DVB S). STB satelit dapat menyalurkan saluran televisi dari SD hingga HD serta dapat juga menyalurkan saluran TV siaran gratis, siaran radio baik dari lokal maupun manca. Cara kerjanya hampir mirip dengan televisi analog biasa, yang membedakan hanyalah dubutuhkanya parabola luar dan LNB untuk menerima sinyal lalu kemudian diubah menjadi frekuensi yang disesuaikan dengan dekoder. STB jenis ini banyak digunakan oleh penyedian layanan TV berlangganan, apa saja itu? diantaranya adalah Aora, Indovision, Okevision, Transvision, Top TV, K Vision, Orange TV dan lain-lain.

2. Set Top Box TV Kabel

Set Top Box TV Kabel

Apa itu dekoder Kabel? Set Top Box ini populer karena sifatnya lebih stabil dari gangguan cuaca, sebab memakai kabel fiber optik yang ditanam dalam tanah. Namun di Indonesia dekoder jenis ini masih belum banyak digunakan, dikarenakan saluran kabel untuk STB jenis ini belum banyak tersedia. Dekoder TV kabel menggunakan sistem Digital Video Broadcast-Cable (DVB C). STB TV kabel dapat menerima saluran televisi sama dengan jenis satelit, namun karena jenis ini memakai kanal saluran sangat cepat tersedia juga pilihan tayangan 3 dimensi (3D). Penyedia layanan TV berlangganan pemakai dekoder TV kabel, apa saja itu? diantaranya seperti Biznet, MNC Play, MyRepublic dan HomeCable dari First Media.

3. Set Top Box Internet

Set Top Box Internet

Apa itu dekoder Internet? Dalam menayangkan siaran televisi, Set Top Box ini mengandalkan saluran internet. Untuk sistem saluran televisi menggunakan Digital Video Broadcast-Internet Protocol Television (DVB IPTV). Karena menggunakan internet dekoder jenis ini memberikan tayangan lebih kaya dibandingkan dekoder jenis lain, selain itu karena pada STB jenis ini memungkinkan adanya interaksi dalam menonton TV. Misalnya saja dengan adanya fitur Video on demand dimana memungkinkan penonton dapat memilih tayangan sesuai keinginan serta bisa juga melihat tayangan yang sudah berlalu.

4. Set Top Box Terestrial

Set Top Box Terestrial

Apa itu dekoder Terestrial? Set Top Box Terestrial menggunakan sistem saluran Digital Video Broadcast-Terestrial (DVB T), artinya dekoder jenis ini tidak memerlukan parabola khusus dalam menerima sinyal digital, cukup memakai antena televisi biasa (UHF/VHF). STB dipakai sebagai standar TV digital di Indonesia, sebab sesuai dengan program pemerintah dimana memutuskan untuk menggunakan teknologi DVB T2.

5. Integrated Digital Television

Integrated Digital Television

Apa itu Integrated Digital Television? Perlu diketahui bahwa selain Set Top Box terpisah atau diluar televisi, ada jg jenis STB tertanam sebagai perangkat keras pada sebuah perangkat televisi, biasa dikenal sebagai televisi digital dimana terintegrasi (Integrated Digital Television/iDTV). Seperti STB jenis terestrial, jenis ini juga menerima langsung sinyal televisi digital dari antena televisi biasa.

Menu Pengaturan Dalam Sebuah Set Top Box

1. Pengaturan Bahasa Set Top Box

Pada menu pengaturan ini pengguna bisa memilih berbagai bahasa tatap muka apa yang digunakan, bahasa dalam subjudul dan bahasa dalam suara acara.

2. Pengaturan Keluaran Video

Pada menu ini kita dapat mengatur video yang dikeluarkan Set Top Box sesuai dengan rasio TV. Misalnya TV memiliki rasio 16.9, namun siaran diterima STB 4.3 maka kita atur siaran 4.3 itu menjadi seolah olah 16.9 memakai pengaturan Pillar box atau bisa juga dipotong sesuai rasio. Begitu juga sebaliknya dari rasio 16.9 menjadi 4.3 dengan pengaturan letter box/pan scan.

3. Pengaturan Penerimaan Satelit Pada STB Satelit

Pada menu pengaturan ini memungkinkan untuk mengatur pengaturan LNB serta berapa frekuensi yang bisa diterima LNB.

4. Pengaturan Entry Point Satelit Pada STB Satelit

Di menu pengaturan ini memungkinkan dapat memilih transponder mana untuk menerima sinyal, termasuk pengaturan frekuensi, polaritas serta simbol rate.

5. Pengunci Sinyal

Di menu ini memungkinkan dapat melihat seberapa kuat sinyal maupun kualitas sinyal diterima LNB, khususnya pada Set Top Boc terestrial dan satelit.

6. Pengaturan Alamat IP Pada STB Internet

Disini kita dapat mengatur alamat IP, sebab saluran penerimaan siaran menggunakan koneksi internet. Khusus untuk STB Internet.

7. Diagnosa

Menu atau halaman ini dibuat khusus untuk memberikan informasi tentang nomor ID kartu akses, versi perangkat lunak, model, nomor ID perangkat serta informasi lainnya tentang perangkat.

Fitur Umum Set Top Box

Beberapa fitur tambahan pada televisi jika menggunakan STB untuk penerimaan sinyal, yaitu :

1. Panduan Program Elektronik

Apa itu panduan program elektronik? Panduan program elektronik adalah salah satu fitur yang bisa didapat dalam penggunaan STB dimana merupakan sebuah jadwal siaran interaktif yang diterima STB. Disini jadwal siaran televisi ditampilkan secara realtime untuk jangka waktu tertentu.

2. Sinopsis Acara

Apa itu sinopsis acara? Adalah fitur dimana memberikan penjelasan tentang acara yang sedang ataupun akan ditayangkan.

3. Saluran Favorit

Apa itu saluran favorit? Fitur ini untuk memberi tanda ke beberapa saluran pilihan atau favorit yang ditonton, sehingga memudahkan ketika akan berganti saluran.

4. Multi Bahasa

Apa itu multi bahasa? Merupakan fitur yang memberikan keleluasaan dalam pemilihan bahasa pengantar pada sebuah tayangan.

5. Tombol Kontrol

Apa itu tombol kontrol? Ada beberapa STB yang memiliki tombol kontrol pada unit, ada juga yang menggunaka remot kontrol dalam pengoperasiannya.

6. Kunci Parental

Apa itu kunci parental? Fitur ini berguna untuk mengunci salah satu atau beberapa channel yang dirasa tidak perlu atau tidak pantas untuk ditonton.

7. Pesan Acara

Apa itu pesan acara? Melalui Set Top Box memungkinkan dapat memesan acara yang akan tayang, sehingga kita akan diingatkan ketika acara akan mulai.

8. Subjudul

Apa itu subjudul? Dengan fitur ini memungkinkan dapat menampilkan subjudul tersedia atau disediakan oleh stasiun TV terkait.

9. BMail

Apa itu BMail? BMail merupakan sebuah fitur sebagai sarana komunikasi satu arah dari penyedia layanan untuk memberikan informasi apapun yang ditujukan ke pengguna.

10. Lampu Indikator

Apa itu lampu indikator? Terletak dibagian depan STB, berguna memberikan informasi tentang keadaan STB (mati/hidup) serta notifikasi dari penyedia layanan.

11. Notifikasi dan Pengaturan On Screen

Apa itu notifikasi dan pengaturan on screen? Merupakan fitur yang memberikan notifikasi melalui gambar notifikasi pada layar televisi. Notifikasi itu bisa berupa BMail, peringatan acara yang dipesan dan lain sebagainya.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai apa itu Set Top Box yang bisa teknisitv bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini.

Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *