Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Cara Memasang LNB Parabola

3 min read

Cara Memasang LNB Parabola
Advertisements

Cara Memasang LNB Parabola – LNB adalah alat yang berfungsi menerima sinyal dari satelit, yang mana dalam penerimaanya dibantu oleh dish parabola. Dish parabola sendiri berfungsi sebagai reflektor atau penampung sinyal yang masuk dan selanjutnya dipantulkan ke LNB.

Memasang atau merakit LNB parabola merupakan kunci keberhasilan pencarian sinyal menggunakan 2 LNB atau lebih, jadi jika perakitan atau cara memasang LNB salah maka sinyal akan saling tarik menarik antar satelit. Hal tersebut tidak terjadi pada metode cara memasang yang menggunaka satu LNB.

Hal utama yang harus diperhatikan dalam memasang LNB adalah jenis LNB dan juga parabola yang akan dipasang. Sebab terkadang ada beberapa orang salah kaprah dalam memasang parabola, semisal untuk parabola jaring berjenis C Band, LNB yang digunakan LNB jenis KU Band. Sebenarnya hal tersebut bisa saja, namun harus paham mengenai tata letaknya, sebab jenis parabola C Band berrbeda dengan KU Band.

Advertisements

Untuk itu pada kesempatan kali ini teknisitv akan memberikan informasi tentang hal tersebut, yaitu cara memasang LNB parabola. Jadi bagi yang sedang mencari informasi mengenai cara memasang LNB, baik itu memasang satu LNB maupun lebih dari satu LNB, bisa simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Cara Memasang LNB Parabola

Cara Memasang LNB Parabola.

Pertama yang harus diperhatikan dalam memasang LNB yaitu posisi atau letak LNB pada titik fokus di dish parabola. Menempatkan LNB pada titik fokus gampang – gampang susah untuk dilakukan, susahnya yaitu jika LNB telah dipasang namun sinyal satelit diterima tidak makasimal atau bahkan tidak ada sama sekali sinyal masuk.

Memasang LNB Parabola Memakai 2 LNB

Biasanya memasang 2 LNB pada parabola dimaksudkan untuk menangkap 2 satelit yaitu palapa dan telkom. cara memasang 2 LNB yaitu sebagai berikut :

1. Pertama posisi garis angka 0 (bisa dilihat pada bagian atas LNB) harus berada pada garis lurus (sejajar) antara LNB 1 dan LNB 2. Posisi LNB 1 digunakan untuk satelit palapa, dimana LNB yang digunakan menakai 2 konektor ditempatkan disebelah barat, sedangkan posisi LNB 2 dipakai untuk satelit Telkom memakai LNB satu konektor ditempatkan disebelah timur.

posisi garis angka 0 bisa dilihat pada bagian atas LNB harus berada pada garis lurus sejajar antara LNB 1 dan LNB 2

2. Beberapa hal perlu diperhatikan dalam memasang LNB parabola, diantaranya seperti perlu disesuaikanya jarak antara LNB 1 dengan LNB 2 (rapat dan renggangnya). Jarak antara keduanya bisa disesuaikan dengan besarnya lingkaran dish. Misal pada dish unkuran 6 feet, bisa diatur lebih rapat jarak antara LNB 1 dan LNB 2, kemudian pada dish ukuran 8 feet bisa diatur lebih renggang jaraknya. Jadi sesuaikan jaraknya agar mendapat hasil sinyal maksimal, jika diukurnya dari ujung posisi titik penampung LNB pada ukuran dish 6 feet kira – kira jaraknya antara 0,5 – 1,5 cm dan untuk dish ukuran 8 feet antara 1,5 – 2,5 cm.

jarak antara LNB 1 dengan LNB 2
Advertisements

3. Selanjutnya sesuaikan juga posisi tinggi rendahnya LNB, atur pada posisi 38-40.

tinggi rendahnya LNB

Berikutnya setelah dish dan juga LNB selesai dirakit, selanjutnya pasang ke tiang untuk selanjutnya dilakukan tracking. Kemudian setelah terpasang, kencangkan baut namun jangan terlalu kencang dulu karena untuk keperluan tracking.

Memasang LNB Parabola Memakai 1 LNB (KU Band)

Cara memasang LNB Parabola yang memakai 1 LNB pada titik fokus, gunakan bracket LNB. Bracket ini nantinya akan dipasang pada tiang penyangga supaya berada ditengah (posisi titik fokus). Setiap LNB terdapat petunjuk arah pemasangan pada bagian atas LNB, dimana berguna untuk mengarahkan LNB yaitu titik 0 (untuk arah barat / timur).

Sedangkan pada bagian bawah terdapat petunjuk untuk kedalaman pemasangan LNB di bracket, berguna untuk menyesuaikan titik fokus pantulan dari dish parabola. Kedalaman pemasangan LNB dapat diatur, disesuaikan dengan besarnya sinyal yang masuk.

Namun pada LNB KU Band keterangan tersebut diatas tidak berlaku, khususnya untuk arah timur/baratnya. Dimana posisi yang tepat adalah dengan mengarahkan konektor kabel ke arah utara.

Kemudian selanjutnya adalah memasang kabel coax, kabel ini perlu perhatian khusus dalam pemasanganya. Terutama dalam memasang konektor untuk disambungkan ke LNB ataupun ke receiver. Pastikan tidak terjadi hubungan antara serabut dengan kabel inti, tidak ada kontak kabel inti dengan konektor dalam pemasangan konektor ke kabel coax.

Nah itulah cara memasang LNB Parabola, baik pada parabola yang memakai 2 LNB maupun 1 LNB. Kemudian setelah semua perangkat terpasang, langkah selanjutnya yaitu tracking satelit. Untuk tracking satelit pertama atur receiver di salah satu channel yang terkuat sinyalnya, kemudian tekan tombol info di remot atau cari layanan menu info. Untuk lebih jelasnya, simak ulasannya dibawah ini.

Langkah dan Cara Tracking Satelit

Langkah dan Cara Tracking Satelit

Berikut langkah – langkah tracking satelit :

  1. Atus posisi dish tegak lurus keatas, lalu miringkan sedikit kearah selatan (untuk mencari satelit palapa dulu), tetapkan channel info direceiver pada saluran satelit palapa, misalkan saluran MNC.
  2. Kemudian geser perlahan/sedikit demi sedikit posisi jalur timur dan barat sambil perhatikan kualitas sinyal yang didapat dilayar TV. Atur sedikit demi sedikit mounting (jangan sekaligus) arah kemiringan keposisi utara, atur pula kemiringan antara alur timur ke barat (posisi tepatnya satelit palapa agak condong ketimur). Ini merupakan tahap awal pencarian sinyal dipalapa dulu, untuk fokusnya dengan telkom, nanti setelah berada pada sinyal terkuat. Lakukan juga pergeseran menyamping putaran mounting serta tinggi rendahnya LNB.
  3. Selanjutnya setelah mendapat sinyal bagus, lanjutkan tracking ke satelit telkom. Disini kita tidak perlu lagi menggeser geser lagi, cuma tinggal ngepasin sedikit saja. Jika keseimbangan titik fokus antara satelit palapa dan telkom susah, cek settingan 22K receiver. Setel settingan 22K Palapa pada posisi mati (off) dan satelit Telkom 22K hidup (on).
  4. Kemudian setelah semua selesai dan kualitas sinyal sudah maksimal serta gambar tidak macet – macet, kencangkan semua baut aman dan kokoh tidak bergeser jika terkena angin.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai cara memasang LNB Parabola yang bisa teknisitv bagikan, semoga bisa bermanfaat dan membantu serta bisa dijadikan referensi bagi yang sedang atau akan memasang parabola. Serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel cara memasang LNB Parabola ini.

Advertisements
Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Menu Service TV Sanyo

Budi
3 min read

Nusantara HD Tidak Ada Siaran

Budi
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *