Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Cara Mencari Channel Digital TV Samsung

1 min read

Cara Mencari Channel Digital TV Samsung

Cara Mencari Channel Digital TV Samsung – Saat ini Indonesia sedang ada pada masa peralihan sistem penyiaran dari analog/UHF ke digital. Dibandingkan dengan siran analog, digital memiliki kualitas yang jauh lebih baik dan gambar serta suara yang dihasilkan jernih dan juga tajam, sehingga aktivitas menonton menjadi lebih menyenangkan.

Cara mencari channel digital TV Samsung sebenarnya tidak jauh berbeda dengan mencari channel UHF atau analog. Seperti kita ketahui bersama bahwa migrasi dari siaran analog sudah sering disosialisasikan oleh pemerintah, namun sayangnya masih banyak masyarakat belum paham atau mengetahui cara mencari channel (khususnya dalam hal ini adalah TV Samsung).

TV LED keluaran sekarang ini kebanyakan sudah mendukung siaran dari channel TV digital atau sudah tertanam DVB T2, termasuk TV Samsung. Siaran digital terestrial atau DVB T2 ini sama dengan siaran analog yaitu menggunakan transmisi satu arah melalui jaringan berbasis darat sehingga bisa diterima antena biasa.

Untuk mengetahui cara mencari channel TV Samsung, baik pada TV yang sudah tertanam DVB T2 maupun televisi keluaran lama, bisa simak ulasan lengkapnya dari teknisitv dibawah ini.

Cara Mencari Channel Digital TV Samsung

Cara Mencari Channel Digital TV Samsung.

Untuk TV Samsung keluaran lama atau yang belum tertanam DVB T2 solusi terbaik yaitu dengan memakai perangkat tambahan bernama Set Top Box. Adapun beberapa merk Set Top Box yang ada dipasaran seperti Skybox, Venus, Xtreamer, Polytron dan lain sebagainya. Untuk mengetahui tentan STB terbaik bisa dilihat pada artikel dari teknisitv dengan judul SET TOP BOX TV DIGITAL TERBAIK, disitu dijelaskan mengenai spesifikasi serta keunggulan masing-masing.

Sedangkan untuk TV tabung yang hanya suport RCA (belum HDMI) pilihlah STB yang masih menggunakan RCA juga. Pada TV Samsung yang sudah tertanam DVB T2 akan lebih mudah dalam proses cara mencari channek digital. Berikut ini langkah-langkahnya :

1. Cara Mencari Channel Digital Memakai STB Pada TV Samsung

Cara mencari channel digital menggunakan STB, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

1.1 Pertama pasang antena diluar ruangan, pasang memakai tiang yang tinggi supaya kualitas sinyal lebih bagus dan arahkan ke kota terdekat dimana transmisi berada.

pasang antena diluar ruangan pasang memakai tiang yang tinggi

2.1 Kemudian pasangkan kabel antena Set Top Box.

pasangkan kabel antena Set Top Box

3.1 Lalu pasang kabel HDMI atau kabel RCA dati Set Top Box ke televisi.

pasang kabel HDMI

4.1 Selanjutnya nyalakan televisi dan STB, lalu pindahkan siaran dari Mode TV ke AV memakai remot TV dan setelah itu masuk ke Instalasi kemudian Pencarian Channel.

masuk ke Instalasi kemudian Pencarian Channel

5.1 Kemudian pilih Digital.

pilih Digital

6.1 Tunggu beberapa saat sampai pencarian selesai.

Tunggu beberapa saat sampai pencarian selesai

2. Cara Mencari Channel Digital TV Samsung Yang Sudah Tertanam DVB T2

Sedangkan untuk cara mencari channel digital pada televisi yang sudah tertanam DVB T2, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

1.2 Pertama pasang antena diluar ruangan dan usahakan memakai tiang yang tinggi agar kualitas sinya lebih baik.

pasang antena diluar ruangan

2.2 Kemudian pasang kabel dari antena langsung ke TV Samsung.

pasang kabel dari antena langsung ke TV Samsung

3.2 Setelah itu nyalakan televisi lalu masuk ke Menu, selanjutnya pilih opsi Program, lalu pilih opsi Pencarian Channel.

masuk ke Menu selanjutnya pilih opsi Program lalu pilih opsi Pencarian Channel

6.2 Kemudian pilih opsi Digital.

pilih opsi Digital

7.2 Maka proses pencarian Channel dimulai, tunggu beberapa saat hingga proses pencarian channel selesai.

Maka proses pencarian Channel dimulai

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai cara mencari channel digital TV Samsung yang bisa teknisitv bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu bagi yang sedang mencari informasi atau kebingungan mengenai cara mencari channel digital pada televisi Samsung serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini.

Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *