Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Cara Mendapatkan Siaran TV Digital Dengan Antena Biasa

2 min read

Cara Mendapatkan Siaran TV Digital Dengan Antena Biasa

Cara Mendapatkan Siaran TV Digital Dengan Antena Biasa – Sekarang ini Indonesia sedang memasuki era penyiaran TV Digital teretrial Free To Air, dimana sistem penyiaran televisi digital ini mampu memancarkan sinyal dan suara dengan kualitas penerimaan yang jernih serta lebih tajam dibandingkan dengan sistem penyiaran analog.

Sebenarnya perubahan sistem penyiaran dari sistem penyiaran analog ke penyiaran digital sudah dimulai beberapa tahun lalu. Tepatnya pada akhir tahun 2012 infrastruktur TV digital sudah mulai dibangun serta dioperasikan oleh penyelenggara multipleksing swasta di Jawa dan Kepulauam Riau, sehingga sistem siaran digital sudah bisa dinikmati oleh masyarakat diwilayah tersebut. dan secara bertahap daerah-daerah lain akan menyusul.

Namun meskipun sudah dimulai dan juga gencar disosialisasikan oleh Kominfo, masih banyak masyarakat belum mengetahui mengenai cara mendapatkan siaran TV digital, khususnya menggunakan atau dengan antena biasa. Kualitas gambar pada siaran TV digital tidak kalah dengan siaran TV kabel maupun TV satelit berlangganan dimana tampilan gambarnya jernih dan juga tajam.

Penting untuk diketahui bahwa nantinya siaran digital terestrial juga akan gratis seperti siaran analog, hal inilah yang membuat banyak orang menunggu atau mengidamkanya. Namun sayangnya saat ini sinyal digital masih belum merata, hanya sebagian wilayah saja dapat dijangkau. Sesuai dengan judul artikel diatas, di kesempatan kali ini teknisitv akan membagikan informasi mengenai cara mendapatkan siaran TV digital dengan antena biasa. Baik itu pada TV yang sudah tertanam tuner DVB T2 pada sistemnya (TV keluaran terbaru) maupun TV yang harus menggunakan perangkat bantu bernama Set Top Box DVB T2 seperti Smart TV, TV LED ataupun TV tabung. Untuk mengetahui mengenai SET TOP BOX TV DIGITAL TERBAIK bisa dilihat pada artikel sebelumnya dari teknisitv.

Cara Mendapatkan Siaran TV Digital Dengan Antena Biasa

Cara Mendapatkan Siaran TV Digital Dengan Antena Biasa.

Sebenarnya cara untuk mendapatkan siaran TV Digital dengan antena biasa sama saja dengan cara mendapatkan siaran pada TV analog, artinya tidak ada perbedaan yang mencolok. Poinnya adalah arahkan antena ke posisi yang tepat lalu pasang STB DVB T2 kemudian lakukan proses scan sampai mendapatkan channel televisi. Berikut ini penjelasan detailnya mengenai langkah-langkah cara mendapatkan siaran TV digital dengan antena biasa :

1. Memasang Antena

Memasang Antena

Hal pertama perlu dilakukan tentu saja memasang antena, antena disini berfungsi untuk menangkap sinyal digital dan kemudian diteruskan ke Set Top Box DVB T2 melalui kabel. Kemudian setelah itu sinyal akan diubah menjadi gambar bergerak serta audio pada televisi, Agar mendapatkan kualitas siaran yang bagus, sebaiknya pasang antena diluar ruangan lalu arahkan antena ke pusat transmisi supaya kualitas sinyal ditangkap dapat maksimal.

2. Memasang Kabel

Memasang Kabel

Kemudian setelah antena terpasang, langkah selanjutnya cara mendapatkan sinyal TV digital dengan antena biasa yaitu memasang kabel antena Set Top Box DVB T2. Lalu sambungkan Set Top Box DVB T2 dengan televisi, caranya pasang kabel HDMI dari Set Top Box ke port HDMI pada televisi. Jika televisi belum dilengkapi dengan port HDMI, bisa gunakan kabel RCA dan jika pada televisi sudah tertanam tuner DVB T2 (TV keluaran terbaru sekarang) bisa langsung pasang kabel antena ke televisi.

3. Proses Scan

Proses Scan

Kemudian setelah semua kabel terpasang pada posisinya, selanjutnya cara mendapatkan sinyal TV digital dengan antena biasa yaitu masuk pada proses scan. Cara scannya yaitu pertama nyalakan televisi lalu masuk menu pencarian channel, karena disini mencari siaran digital maka pilih scan digital saja tanpa analog. Masuk menu lalu pilih Program terus pilih Pencarian Channel.

Untuk pengguna yang memakai Set Top Box DVB T2, setelah televisi dinyalakan pindahkan saluran ke mode AV. Kemudian masuk ke Instalasi lalu Pencarian Channel, gunakan remot Set Top Box sebagai navigasinya. Setelah itu tunggu beberapa saat hingga proses scan selesai.

Jika sudah selesai biasanya jumlah channel didapat belumlah banyak, kurang dari 10 channel. Hanya daerah Jabodetabek saja yang bisa mendapatkan channel lebih dari 30 channel, hal ini disebabkan karena masih belum meratanya sinyal siaran digital di Indonesia.

Set Top Box Siaran TV Digital

Set Top Box Siaran TV Digital

Perlu diketahui bahwa siaran digital DVB T2 sama dengan siaran analog yaitu dipancarkan secara terestrial, dimana sistemnya menggunakan transmisi satu arah melalui jaringan transmisi berbasis darat yang dapat diterima antena televisi biasa.

Begitu juga dengan cara mendapatkan sinyalnya, antara siaran digital dengan analog sama saja. Hanya saja pada siaran digital dibutuhkan perangkat tambahan bernama Set Top Box DVB T2, perangkat ini berfungsi untuk mengubah sinyal digital menjadi gambar dan suara. Ada banyak merk STB DVB T2 dipasaran bisa dipilih, seperti venus, xtreamer, skybox, ichiko, polytron dan lain sebagainya.

Bagi pengguna TV tabung dimana belum support HDMI dan hanya support kabel RCA, pastikan memilih SetTop Box yang support RCA. Untuk televisi keluaran baru sekarang ini sudah dilengkapi atau ditanam tuner DVB T2 didalamnya. Jadi tidak perlu repot-repot membeli perangkat STB DVB T2 untuk mendapatkan siaran digital dengan antena biasa.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai cara mendapatkan siaran TV digital dengan antena biasa yang bisa teknisitv bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini.

Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Apa Itu TV Analog

Budi
2 min read

Modif Panel LG ke Polytron

Budi
2 min read

Receiver Tanaka

Budi
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *